Rapid Test Jakarta melalui Halodoc Hilangkan Cemas Seketika

Rapid Test Jakarta via Halodoc Hilangkan Cemas Seketika. Hasil Rapid Test dibutuhkan untuk memantau pergerakan orang lintas daerah saat ini. Kala kurva pandemi Covid-19 belum melandai, kita semua dituntut untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Anjuran menggunakan masker, jaga jarak serta menghindari kerumunan adalah usaha untuk menekan angka penyebaran Covid-19.

Saat ini pemerintah mewacanakan new normal dimana ada kelonggaran aturan untuk daerah yang sudah mengalami penurunan kasus penyebaran Covid-19. Daerah tersebut diperbolehkan membuka layanan publik dan kegiatan perekonomian dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Rapid Test Jakarta via Halodoc Hilangkan Cemas Seketika
Fitur Tes Covid-19 Halodoc | halodoc.com

Pengalaman Rapid Test

Kakak saya seorang karyawan swasta yang sedang ada pelatihan tugas sementara di Semarang, Jawa Tengah. Sudah tiga bulan tidak bisa pulang berkumpul dengan keluarga di Jakarta karena aturan PSBB. Di rumah ada ibu yang sudah sepuh dan dua anak balita. Setelah pelonggaran PSBB Jakarta, kakak saya bergegas kembali ke Jakarta. Kepulangan kali ini berbeda dari biasanya karena harus membekali diri dengan surat hasil rapid test Covid-19.

Hasil rapid test di daerah asal negatif, namun setiba di Jakarta kakak ingin mengulang rapid test kembali sebelum pulang ke rumah. Setiba di Jakarta, kakak  memutuskan menginap di mess kantor dan mulai mencari cara untuk melakukan rapid test kembali. Untuk mengatasi kecemasan beliau, saya menyarankan untuk mengikuti Rapid Test Jakarta via Halodoc.

Apa itu Halodoc

Halodoc adalah aplikasi kesehatan yang memberikan solusi lengkap dan terpercaya mengenai masalah kesehatan. Layanan dari aplikasi ini meliputi sajian artikel kesehatan, pembelian obat dan vitamin, konsultasi dokter via online, referensi rumah sakit, referensi laboratorium dan referensi cari dokter.

Rapid Test Jakarta
Aplikasi Halodoc | halodoc.com

Di era digital pada masa pandemi corona saat ini aplikasi Halodoc menjadi penolong untuk masalah kesehatan. Pengguna dapat mencari solusi dan petunjuk sementara melalui aplikasi Halodoc sebelum memutuskan untuk pergi ke fasilitas kesehatan guna mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Keunggulan Aplikasi Halodoc

1. Terpercaya. Aplikasi Halodoc didukung dengan layanan dokter, apotek, rumah sakit serta asuransi terpercaya yang bekerjasama dengan Halodoc. Ini artinya pengguna aplikasi mendapatkan informasi kebutuhan medis seperti layanan dokter, nama dokter,  tempat praktek dokter di rumah sakit, apotek terdekat dan asuransi yang terintegrasi.

2. Mudah, aman dan nyaman. Jika membutuhkan obat, vitamin atau perlengkapan kesehatan yang harus dibeli di toko kesehatan atau apotek, maka melalui aplikasi Halodoc akan ditunjukkan tempat pembelian terdekat. Pembeliannya bisa menggunakan dompet digital. Kebutuhan perlengkapan kesehatan akan di antar sampai ke rumah pembeli.

3. Layanan dimana saja dan kapan saja. Aplikasi Halodoc dapat diakses pada beberapa kota besar di Indonesia. Untuk layanan antar obat, melayani Jabodetabek, Palembang, Pekanbaru, Bandar Lampung, Sukabumi, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar, Mataram, Makassar, Manado, Balikpapan dan Pontianak.

Rapid Test Jakarta via Halodoc

Pengalaman kakak saya menggunakan Rapid Test Jakarta dengan Halodoc sangat mudah dan cepat. Caranya sebagai berikut;

1.Buka aplikasi Halodoc, klik tombol “Covid-19 test” pilih lokasi rapid test untuk membuat janji dengan dokter di rumah sakit tempat rapid test berlangsung.

2. Pilih tanggal dan jam kunjungan pada pilihan yang tersedia.

3. Unggah data diri berupa foto atau scan KTP untuk orang dewasa dan kartu keluarga untuk anak di bawah umur kemudian lakukan pemesanan untuk rapid test.

4. Masuk ke tahap pembayaran, biaya yang harus dibayarkan tergantung jasa tenaga medis dan penyediaan alat yang disediakan pihak rumah sakit. Pembayaran dilakukan menggunakan dompet digital Gopay.

5. Setelah berhasil melakukan pembayaran, akan ada notifikasi berupa SMS jadwal test dan rincian pesanan. Isi SMS ini ditunjukkan kepada petugas kesehatan saat datang melakukan rapid test di tempat pemeriksaan.

Proses Rapid Test

Rapid test adalah mengambil darah dari lengan untuk diperiksa kadar antibodi imunoglobulin terhadap virus dalam tubuh. Imunoglobulin adalah antibodi yang menyimpan memori terkait bakteri dan virus yang pernah masuk ke tubuh.

Ketika menuju tempat rapid test pastikan menggunakan masker sesuai protokol kesehatan. Jangan lupa membawa identitas diri seperti KTP atau KK dan menunjukkan bukti order rapid test di aplikasi Halodoc pada petugas kesehatan. Setelah darah selesai diambil, pasien dianjurkan langsung pulang dan tidak perlu menunggu di tempat. Hasil rapid test akan diinfokan melalui SMS atau notifikasi pada aplikasi Halodoc keesokan harinya.

Hasil Rapid Test Secara Umum

1.Hasil reaktif atau positif. Bila hasil positif maka harus berkonsultasi kembali dengan dokter untuk dilakukan tindakan test selanjutnya seperti test  swab atau PCR . Fungsi tes tersebut untuk mengetahui secara pasti adanya virus Covid-19.

2. Hasil non reaktif atau negatif. Bila hasil negatif sebaiknya melakukan tes ulang 7 – 10 hari sesudahnya untuk memastikan tidak ada virus dalam tubuh. Langkah selanjutnya melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Siapa saja yang Harus Rapid Test

1. Orang dengan resiko tertular virus corona misal (ODP) orang dalam pemantauan yang baru tiba dari luar negeri atau luar daerah. Pasien dalam pengawasan (PDP) atau orang  yang pernah bersinggungan dan pernah merawat pasien positif corona.

2. Orang dengan kegiatan interaksi sosial yang tinggi serta rawan tertular atau (OTG) orang tanpa gejala. Misalkan pedagang, front office atau orang yang sering berhadapan langsung dengan pelanggan.

3. Orang dengan keluhan mengarah ke Covid-19 atas diagnosis dari tenaga kesehatan.

Kesimpulan

Hasil Rapid Test Jakarta kakak saya adalah negatif. Walaupun demikian ia mengulang untuk kedua kalinya setelah 7 hari dan memastikan hasil nya benar – benar negatif. Setelah itu ia mengisolasi diri selama 14 hari di mess sebelum kembali ke rumah untuk berkumpul dengan keluarga.

Demikian pengalaman kesehatan mengenai Rapid Test Jakarta via Halodoc Hilangkan Cemas Seketika. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan sambil tetap mematuhi protokol kesehatan memasuki masa new normal.

Baca Juga : Atasi Cemas Berlebih terhadap Ketidakpastian

 

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.