Coban Talun Wisata Alam dengan Tema Unik

Coban Talun Wisata Alam Sejuk dengan Tema Unik. Mulai dari Goa Jepang sampai rumah terbalik menarik dijelajahi seraya berswafoto. Ini adalah kawasan hutan wisata Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji Kota Batu Jawa Timur. Menuju lokasi Coban Talun Wisata Alam hanya berjarak 15 km dari kota Malang dengan waktu tempuh satu jam perjalanan berkendara. Bisa menggunakan angkutan umum dengan tiga kali ganti angkot atau menggunakan taksi online.

Destinasi Wisata sejuk ini ada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno, berada diketinggian 950 m di atas permukaan laut. Suhu udara sejuk berkisar 18 – 23 derajat celcius. Vegetasi alami pegunungan menghiasi tempat ini. Ada pohon Pinus, Akasia, Suren, Trengguli dan hamparan bunga Hortensia.

Sesampai di gerbang kawasan wisata, pengunjung dikenakan tarif masuk sebesar Rp.10.000 per orang. Dari gerbang masuk ada dua destinasi yang bisa kita kunjungi yaitu air terjun Coban Talun dan wahana wisata unik. Dengan luas mencakup 45 hektare lebih, jika ingin mengeksplor kedua tempat tersebut pengunjung disarankan datang pada pagi hari.

Baca Juga : Wisata Alam Sehari di Daratan Labuan Bajo

Saya dan teman – teman sampai ke lokasi tepat jam 12.00 wib. Karena waktu sudah menuju tengah hari kami memutuskan mengeksplor wahana wisata dengan tema unik. Menyusuri wahana unik sepanjang satu kilometer dapat ditempuh dengan jalan kaki atau naik becak sewa.

Wahana Tema Unik

Wahana dengan tema unik terletak disepanjang di kiri kanan jalan. Sebelum masuk ke dalam pengunjung akan melihat papan petunjuk jalan berisi keterangan wahana apa saja yang tersedia. Adapun wahana yang ada diberikan nama sesuai tema. Nama tersebut adalah; Pagupon Camp, Goa Jepang, Apache Camp, Alas Pinus, Taman Bunga dan Rumah Terbalik.

Coban Talun Wisata Alam dengan Tema Unik
Petunjuk Tema | Pribadi

1. Goa Jepang. Kami memutuskan menuju wahana paling ujung yaitu Goa Jepang berjarak 800 m, dari pintu masuk tempat papan tema. Menurut cerita penduduk setempat, Goa ini pernah dijadikan persembunyian tentara Jepang untuk berlindung dari tentara sekutu jaman perang dunia dua.

Goa Jepang | Pribadi

Gapura Batu Berdiri

Sehubungan suasana gelap adan tidak ada pemandu berjaga, maka kami hanya berani berfoto di depan Goa Jepang saja. Sebelum menuju ke pintu Goa, pengunjung akan disambut gapura batu berdiri. Spot batu ini terlihat unik karena batu membentuk gapura secara alami tanpa campur tangan manusia.

Batu Gapura Berdiri | Pribadi

Hortensia

2. Taman Bunga Hortensia. Setelah dari Goa Jepang, pengunjung akan melihat hamparan pertanian tanaman bunga Hortensia. Bunga yang hanya tumbuh di iklim sejuk ini berbunga sepanjang tahun. Nampak petani bunga sedang serius merawat tanaman bunga cantik ini. Pengunjung disarankan tidak memetik bunga Hortensia secara sembarangan, Namun diperkenankan jika ingin mengambil foto.

Bunga Hortensia | Pribadi

Rumah Terbalik

3. Rumah Terbalik. Selanjutnya pengunjung akan melihat wahana rumah terbalik. Dikatakan terbalik karena semua properti didesain dengan layout terbalik. Seperti atap rumah terbalik, pintu rumah terbalik, jendela rumah terbalik dan sebagainya. Untuk masuk ke wahana ini pengunjung dikenakan tiket masuk tersendiri sebesar Rp.5000 per orang. Tema unik ini menarik untuk dijadikan spot foto.

Rumah Terbalik | Pribadi

4. Alas Pinus. Wahana ini rimbun dengan pohon pinus yang rapat menjulang tinggi. Suasana sejuk dan aroma pinus terasa ketika berhembus angin semilir pegunungan. Di area ini pengunjung dapat menyewa hammock untuk sekedar bersantai atau mau mengisi perut dengan aneka makanan yang tersedia di cafe pinus. Soal rasa berikut harga sangat enak dan terjangkau. Terdapat juga beberapa rumah pohon diketinggian tertentu yang bisa digunakan untuk flying fox atau sekedar menjadi spot foto.

Wahana Serba Camp

Kawasan Coban Talun dikenal sebagai tempat berkemah dan tempat outbond berbagai komunitas. Didukung dengan udara sejuk pegunungan disediakan tempat penginapan atau rumah kecil yang bisa disewa. Harga sewa sudah termasuk makan dan minum yang semalam berkisar Rp.500.000 per rumah. Ada dua jenis penginapan yang disewakan dengan tema  sebagai berikut.

5. Pagupon Camp. Arti dari pagupon adalah sangkar burung merpati. Berukuran kurang lebih 3 x 4 meter, tampak luar desain pagupon ini sangat unik sekali. Pada halaman luar dilengkapi taman indah dan  aneka ornamen properti sepeda raksasa serta bangku taman. Pengunjung yang tidak menginap  boleh berswafoto di halaman depan pagupon sepanjang tidak mengganggu tamu yang sedang menginap didalamnya.

Coban Talun Wisata Alam dengan Tema Unik
Rumah Pagupon | Pribadi

6. Apache Camp. Area ini didesain sebagai perkampungan suku Apache Indian Kuno. Beberapa bangunan dengan desain ala perkemahan suku Apache disewakan ke pengunjung dengan tarif semalam Rp.500.000. Bangunan yang disewakan berukuran 4 x 4 meter. Selain itu banyak pernak pernik ornamen suku Apache yang bisa dijadikan latar untuk berswafoto.

Apache Camp | Pribadi

Tak terasa hari menjelang senja, suasana dingin hawa pegunungan semakin menusuk tulang. Kami bergegas keluar area Coban Talun untuk pulang menuju penginapan. Sebagai informasi tambahan,  area wisata ini jauh dari tempat keramaian umum. Sebaiknya jika pengunjung menggunakan angkutan umum atau transportasi online tidak sampai menjelang senja. Berdasarkan pengalaman kami, angkutan umum beroperasi sampai jam 16.00 dan untuk transportasi online jarang ada yang bersedia menjemput pengunjung jika hari sudah senja.

Nah itulah pengalaman saya ketika traveling  ke Coban Talun Wisata Alam dengan Tema Unik. Bagaimana dengan teman semua? Apakah pernah traveling dengan tema unik lainnya? Boleh share ya dikolom komentar. Terima Kasih.

Baca Juga : Kebun Raya Bogor Salah Satu Tempat Wisata Alam Tertua di Dunia

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.