Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Cara Sederhana

Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Cara Sederhana. Mempunyai mata sehat adalah impian semua individu. Fungsi mata sebagai alat penglihatan memudahkan berlangsungnya kegiatan individu. Namun seperti organ tubuh lainnya menjaga dan merawat mata adalah keharusan mutlak.

Situasi kondisi pandemi saat ini berakibat semua kegiatan dilakukan secara terbatas. Saat ini banyak individu melakukan kegiatan dari rumah saja menggunakan perangkat elektronik. Alat bantu elektronik seperti smartphone dan laptop menjadi perangkat wajib bagi setiap individu untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Kesehatan Mata
Mata Lelah

Kesehatan Mata

Keterpakuan individu yang menatap layar smartphone atau laptop dalam durasi cukup lama membuat kelelahan mata tak dapat dihindarkan. Jika hal ini tidak mendapat perhatian, tidak tertutup kemungkinan fungsi mata akan mengalami penurunan.

Penurunan fungsi mata seperti, pandangan mulai buram, tidak tahan sinar matahari, rentan dengan cahaya, penglihatan berbayang dan sebagainya. Untuk itu menjaga kesehatan mata harus diupayakan sedini mungkin

Cara Sederhana

Berikut cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

1.Menggunakan kaca mata pelindung. Mata mempunyai kekuatan untuk menangkap objek benda dibantu puluhan syaraf dan otot mata. Oeh karena itu kekuatan mata harus kita jaga. Caranya dengan tidak membiarkan mata menangkap langsung cahaya matahari dan sinar radiasi layar smartphone atau laptop.

Untuk menangkal paparan sinar matahari sebaiknya menggunakan kacamata hitam atau kacamata penangkal sinar ultra violet. Sedangkan untuk menangkal paparan sinar radiasi layar smartphone dan laptop dapat menggunakan kacamata anti radiasi.

2. Menjaga jarak pandang. Penting untuk selalu memberi jarak pandang pada objek yang individu lihat melalui perangkat elektronik. Menurut tenaga kesehatan, perlu membuat jarak pandang antara mata dengan monitor layar laptop atau smartphone kurang lebih 50 cm. Jarak pandang mata dengan objek yang terlalu dekat mengakibatkan mata gampang lelah dan tegang pada syaraf dan otot matanya.

Jika menonton televisi jarang pandang mata dengan layar tergantung besaran diameter televisi. Jarak yang dianjurkan 2 – 5 meter. Selanjutnya aturlah posisi tubuh ketika duduk. Sebaiknya posisi duduk yang baik menyerupai siku tegak lurus. Boleh bersandar namun tidak sambil rabahan.

3. Mengatur intensitas cahaya. Kecukupan cahaya dibutuhkan mata supaya syaraf dan otot mata tidak tegang akibat terlalu fokus mendeskripsikan objek. Namun Cahaya yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Pada perangkat elektronik seperti smartphone dan laptop terdapat fitur pengaturan intensitas cahaya. Membaca atau menatap layar monitor dengan cahaya ruangan yang temaram sebaiknya dihindari. Sumber cahaya luar ketika menatap layar monitor tetap dibutuhkan supaya syaraf mata tidak tegang.

4. Mengalihkan pandangan mata. Fokus menatap layar monitor secara terus menerus mengakibatkan leher kaku dan tegang, mata menjadi lelah dan sulit melihat dengan jelas objek berjarak jauh.

Solusinya sesekali alihkan pandangan mata dari layar monitor terhadap benda yang berjarak jauh selama 20 menit. Lebih baik lagi jika berdiri dan melakukan peregangan sambil berjalan melihat ke arah taman atau tanaman hijau. Warna hijau pada tanaman dipercaya mampu menurunkan ketegangan syaraf mata.

5. Mengedipkan mata. Kedipan berfungsi membasahi kornea dengan cairan alami supaya permukaan mata tidak kering. Mata kering membuat perih dan gatal. Untuk itu jika fokus menatap layar monitor jangan lupa untuk senantiasa mengedipkan mata.

6. Mengompres mata. Ketegangan mata akibat fokus menatap objek terkadang menyebabkan syaraf pada kelopak mata terasa nyeri. Untuk meredakannya bisa dikompres dengan potongan timun atau tomat. Selain itu kantung teh celup yang sudah digunakan dalam keadaan dingin juga bisa digunakan untuk kompres mata. Mata yang dikompres selain syaraf dan otot menjadi rileks, kulit seputar mata menjadi lebih lembab dan tidak kering

7. Istirahat. Tetapkan batasan waktu untuk memberi kesempatan mata beristirahat. Jika sekiranya mata digunakan untuk menatap objek sudah melebihi waktu yang ditentukan sebaiknya mengistirahatkan mata dengan cara tidur.

8. Makan Sayur dan Buah serta vitamin. Mata membutuhkan asupan nutrisi untuk memperbaharui sel. Asupan nutrisi untuk mata dapat diperoleh dengan mengkonsumsi sayur, buah dan suplemen serta vitamin jika diperlukan. Mengkonsumsi sayur dan buah berarti menerapkan pola hidup sehat.

9. Periksa kesehatan mata. Semakin bertambah usia fungsi organ tubuh mengalami penurunan. Memeriksa kesehatan mata pada tenaga kesehatan secara rutin diperlukan.Hal ini supaya tindakan pencegahan dapat dilakukan sehingga dapat mencegah kerusakan fungsi mata secara luas.

Sebagai contoh, pada individu usia 40 tahun biasanya terjadi penurunan fungsi mata untuk melihat objek jarak jauh. Solusinya dibutuhkan kaca mata plus untuk membantu melihat objek jarak jauh.

Demikian Tips Menjaga Kesehatan Mata dengan Cara Sederhana. Bagaimana dengan teman semua apakah mempunyai cara lain sehubungan dengan menjaga kesehatan mata dengan cara sederhana? Boleh share ya di kolom komentar. Terima Kasih.

Salam

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.