Tips Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Kekinian

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Kekinian. Mempunyai berat badan yang seimbang adalah dambaan setiap orang. Karena memiliki berat badan yang ideal bisa membuat lebih percaya diri dalam beberapa hal, seperti pekerjaan, rasa nyaman, bahkan sampai percintaan.

Tidak mengherankan, banyak bermunculan berbagai cara untuk menurunkan berat badan atau diet, baik secara medis maupun secara alami atau olahraga. Namun kita juga harus berhati-hati, tidak semua pola diet bisa berhasil menurunkan berat badan. Terkadang pola diet yang salah dan asal – asalan bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Alternatif cara lain selain diet untuk menurunkan berat badan, yaitu olahraga. Beberapa olahraga dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif. Hal itu terbukti mampu mempercepat proses metabolisme dengan cara membakar kalori dalam tubuh. Sehingga penurunan berat badan akan lebih cepat. Selain itu perlu memperhatikan berbagai rekomendasi makanan rendah kalori untuk diet yang bisa dikonsumsi setiap hari.

Namun kita harus berhati-hati ketika berolahraga.  Diusahakan sebelum olahraga sebaiknya kita melakukan pemanasan terlebih dahulu agar terhindar dari cedera.  Setelah olahraga juga jangan lupa melakukan pendinginan.

Olahraga Jogging | thinkstock

Olahraga Menurunkan Berat Badan

Berikut macam-macam olahraga yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat.

1. Jogging

Jogging merupakan salah satu olahraga yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Setidaknya dalam durasi 30 menit bisa membakar kurang lebih 300 kalori. Melakukan jogging secara rutin dan berkesinambungan akan mendapatkan hasil maksimal. Jangan lupa perhatikan keselamatan dengan melakukan peregangan terlebih dahulu.

2. Lari

Olahraga selanjutnya adalah lari. Meskipun sekilas terlihat sama, jogging dan lari sebenarnya berbeda. Perbedaannya terletak pada tingkat kecepatan. Jogging lebih pelan daripada lari. Jika orang jogging rata-rata memiliki kecepatan sekitar 6 sampai 10 km/jam, maka orang yang berlari memiliki kecepatan lebih dari 10 km/jam.

Sebagai permulaan target lari harus dibuat lebih dulu. Sebagai contoh targetkan 15 sampai 20 menit sekitar 3 kali dalam seminggu. Tetapi ingat tetap jangan lupa melakukan peregangan sebelum berolahraga.

3. Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang sedang populer akhir-akhir ini pada masa pandemi covid 19. Saat diberlakukan era kenormalan baru, bersepeda jadi olahraga favorit. Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama masa pandemi. Banyak orang berbondong – bondong membeli sepeda baru supaya bisa bersepeda.

Ternyata bersepeda juga dapat menurunkan berat badan. Kegiatan bersepeda tidak hanya dilakukan di luar ruangan. Bersepeda juga bisa dilakukan di dalam ruangan. Pada tempat gym biasa disebut bersepeda statis.

Menurut studi harvard health, orang bersepeda mampu membakar 260 sampai 300 kalori per 30 menit dengan kecepatan sedang. Hal ini berlaku baik bersepeda di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Lakukan bersepeda dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

4. Berenang

Berenang bisa menjadi alternatif olahraga pilihan untuk membantu menurunkan berat badan. Apabila kita berenang selama 30 menit mampu membakar sekitar 250-300 kalori dalam tubuh. Berenang juga bermanfaat bagi tubuh seperti memperbaiki masalah persendian, meningkatkan kekuatan otot, menjaga kesehatan paru-paru dan juga jantung.

5. Lompat Tali atau Skipping

Olahraga yang satu ini cukup sederhana. Kita hanya membutuhkan tali atau bisa membeli alat lompat tali. Melakukan lompat tali mampu membakar kalori sekitar 250 sampai 300 kalori jika dilakukan dalam durasi 30 menit. Selain itu lompat tali juga bisa meninggikan badan kita. Tetap perhatikan tempo dalam melakukan olahraga ini agar terhindar dari cedera dan lakukan dengan rutin agar hasil maksimal.

6. Senam

Dari sekian banyak olahraga untuk menurunkan berat badan, senam bisa menjadi salah satu alternatif. Senam merupakan olahraga yang paling menyenangkan karena ada iringan musik, dan gerakannya mudah untuk diikuti.

Ada beberapa jenis senam, seperti zumba, senam kesehatan jasmani, senam aerobik dan lain sebagainya. Sebagai contoh melakukan senam zumba selama 1 jam dapat membakar 500 – 700 kalori. Jangan lupa memperhatikan kemampuan fisik. Sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melakukan senam  terlalu lama. Hal ini supaya tidak menimbulkan bahaya bagi tubuh kita sendiri.

7. Yoga

Di samping melakukan beberapa aktivitas fisik, mengolah pikiran melalui Yoga juga bisa dilakukan untuk membantu menurunkan berat badan. Mungkin kalian mengira bahwa Yoga hanya duduk diam saja. Nyatanya pada Yoga, ada gerakan-gerakan khusus yang dapat membakar kalori secara efektif sehingga mampu menurunkan berat badan.

Demikian Tips Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga Kekinian. Jangan lupa, imbangi dengan gaya hidup yang sehat seperti konsumsi makanan rendah kalori untuk diet. Selanjutnya hindari merokok dan tidak mengkonsumsi minum-minuman beralkohol.

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.