Cara Merawat Kulit Kering dan Kusam dengan Bahan Alami

Cara Merawat Kulit Kering dan Kusam dengan Bahan Alami. Kulit sehat, lembab, lembut dan bersinar alami dambaan semua orang baik laki-laki maupun perempuan. Di tengah situasi yang mengharuskan #dirumahaja bagaimana kalau kita merawat kulit tubuh dengan membuat masker dari bahan alami.

Penyebab Kulit Kering dan Kusam

  • Menggosok kulit terlalu keras menggunakan spons mandi
  • Iritasi produk kecantikan kulit karena tidak cocok dengan kandungan bahan pembuatnya
  • Berkurangnya hormon akibat pertambahan usia
  • Perubahan cuaca misalkan cuaca dingin yang berakibat kelembaban udara rendah
  • Kondisi kesehatan tertentu misal gangguan hormon
  • Mandi dengan air bersuhu tinggi atau mandi uap

 

Cara Merawat Kulit Kering dan Kusam dengan Bahan Alami
Cara Merawat Kulit Kering dan Kusam dengan Bahan Alami

Definisi Kulit Sehat

Kulit sehat apakah itu kulit tubuh ataupun kulit wajah mempunyai syarat harus lembab dan terhidrasi dengan baik. Terhidrasi artinya tidak kekurangan cairan sehingga kulit terasa kenyal, lembut dan bersinar.

Fungsi Kulit

Kulit tubuh mempunyai fungsi membentengi kita dari paparan zat mikroorganisme dan pengaruh polutan lingkungan. Fungsi kulit lainnya sebagai indera perasa (bisa merasakan panas dan dingin suhu udara), penyerap air, sumber kelenjar minyak dan hormon, serta pembuangan racun melalui keringat.

Cara Merawat Kulit Kering dan Kusam dengan Bahan Alami

Kulit tubuh yang baik tentu dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya. Kulit yang sehat tidak mempunyai penyakit bawaan atau ada kelainan kulit. Jika kulit bermasalah apakah eksim, abses, berjerawat, bisul, bernanah atau gatal-gatal tentu anda harus berobat ke dokter kulit untuk dapat tindakan terbaik.

Bahan Alami

Jika masalah kulit sudah teratasi dengan pengobatan medis, maka saatnya anda merawat kulit agar senantiasa sehat dan terhidrasi dengan baikJika kulit anda sehat, maka jangan sia-siakan kesempatan untuk merawat kulit secara mandiri. Ini bisa dilakukan menggunakan bahan alami untuk dibuat masker. Berikut cara merawat kulit kering dan kusam dengan bahan alami yang sudah pernah saya coba.

1. Susu Murni. Kandungan dari susu murni yang berasal dari sapi adalah, fosfor, kalsium, kasein, protein, mineral serta vitamin. Susu mampu menghilangkan kandungan minyak berlebih di kulit dengan enzim lipasenya dan mengangkat sel kulit mati dengan asam laktatnya. Selain itu kandungan dari susu murni ini dapat sebagai anti penuaan dini, mencerahkan dan mengecilkan pori-pori.

Cara Merawat Kulit menggunakan Susu Murni

Basahi dengan kapas dengan mencelupkan ke susu murni kemudian tepuk-tepuk di wajah atau permukaan kulit tangan dan badan  yang sudah dibersihkan dengan air. Diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air mengalir dan jangan diberikan sabun lagi.

Setelah berpakainan, diamkan kulit yang sudah dibersihkan semalaman. Esok pagi ketika anda bangun, bilas kulit seperti biasa menggunakan sabun mandi. Hasilnya anda akan mendapatkan kulit lembut dan kenyal.

Susu Sapi | Freepik

2. Alpukat. Mengandung lemak dan serat serta lebih dari 20 jenis vitamin dan mineral.Buah ini mempunyai kandungan vitami E, asam oleat dan minyak zaitun. Kegunaannya untuk mengatasi flek hitam, kerutan serta mengembalikan kekenyalan kulit.

Alpukat | Freepik

Caranya cuci bersih, belah dan keruk daging alpukat kemudian lumatkan hingga lembut menggunakan sendok makan. Campurkan lumatan alpukat dengan satu sendok makan madu supaya menempel dikulit. Baluri tubuh dan wajah dengan lumatan alpukat plus madu.

Diamkan 5 Menit

Diamkan selama 5 menit atau setengah kering. Kemudian bilas tubuh dengan air mengalir dan jangan dibasuh dengan sabun mandi. Setelahnya berpakaian seperti biasa, diamkan semalaman. Rasa licin pasti ada namun abaikan saja. Esok pagi baru mandi dan bilas dengan sabun. Setelahnya anda akan mendapat kulit lembut dan halus.

3. Madu. Sebagai makanan lebah madu mengandung berbagai vitamin, mineral, protein dan pollen. Khasiat madu untuk kulit wajah dapat melembabkan dan melembutkan. Dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan noda bekas jerawat . Sebagai masker untuk kulit kering dan bisa melembutkan telapak kaki yang pecah-pecah.

Cara Merawat Kulit Kering dan Kusam dengan Bahan Alami
Madu Hutan | Sumber : Pixabay

Cara menggunakannya, untuk kulit wajah tuangkan madu satu sendok teh oleskan dengan kapas atau kuas ke seluruh wajah. Diamkan hingga mengering kurang lebih 30 menit. Setelah itu dibilas dengan air hangat. Diamkan tubuh atau wajah yang telah dibilas air semalaman. Esok pagi cuci muka dan mandi dengan sabun seperti biasa. Kulit wajah dan kulit tubuh  akan teras lembut dan kenyal.

Madu sebagai Campuran Masker

Madu dapat digunakan sebagai campuran masker pada buah alpukat atau pisang ambon. Caranya satu sendok makan madu dicampurkan ke dalam lumatan salah satu dari kedua buah tersebut. Gunakan sebagai masker kulit wajah atau tubuh.

4. Air Cucian Beras. Mengandung asam ferulat, allantonin, anti oksidan serta anti  inflamasi. Kandungan vitamin yang ada di air beras bisa untuk mengatasi kulit yang mengalami radang karena bakteri atau jerawat, sebagai pembersih wajah, sebagai toner wajah guna mengecilkan pori-pori. Menyembuhkan eksim serta menyembuhkan kulit yang teriritasi.

Air Cucian Beras | Pixabay

Caranya, jika anda mencuci beras, air cucian pertama dan kedua masih banyak mengandung sari pati beras. Setelah air cucian beras didiamkan maka pati beras akan mengendap didasar. Nah pati air cucian beras ini yang digunakan untuk dioleskan dengan kapas atau secara langsung ke kulit wajah dan kulit tubuh. Diamkan sampai mengering sebelum dibilas dengan air mengalir.

5. Masker Buah Bengkuang. Saat ini dipasaran sudah banyak tersedia masker bengkuang pabrikan instant siap pakai. Namun jika ingin membuat sendiri dari buah bengkuang asli tentu tidak ada salahnya.

Kandungan Vitamin Buah Bengkuang

Buah bengkuang mengandung zat yang berfungsi menyehatkan kulit. Kandungan vitamin B dan C dapat menghindarkan kulit dari penuaan dini sekaligus sebagai anti oksidan. Sehingga wajah menjadi cerah.

Bengkuang | Pixabay

Cara membuat masker bengkuang; pilih 1 buah bengkuang yang tua, kupas dan cuci bersih kemudian di parut hingga habis. Peras airnya diamkan hingga ada endapan pati bengkuang. Ambil pati bengkuang campurkan dengan madu secukupnya aduk rata maka masker bengkuang segar siap digunakan. Dapat dioleskan di wajah atau kulit tubuh sesuai yang anda inginkan. Diamkan hingga kering kemudian bilas dengan air mengalir. Kulit akan terasa kencang dan cerah.

6. Tomat dan Timun. Tomat berfunsi seperti tabir surya jika digunakan sebagai masker.  Kandungan antioksidan pada tomat akan melindungi kulit dari ultraviolet sinar matahari. Penggunaan masker tomat dapat mengecilkan pori-pori dan memberikan rasa sejuk dikulit.

Sehingga membuat kulit kusam menjadi bercahaya.  Timun berfungsi sebagai antioksidan alami yang efektif mencerahkan pigmen kulit, mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan flek hitam di wajah serta lingkaran hitam di sekitar mata.

Cara membuat masker tomat dan timun. Untuk tomat , ambil satu buah tomat segar tumbuk hingga keluar airnya sampai menyerupai bubur jangan ditambahkan air. Untuk timun , ambil separuh saja dan parut hingga masih bertekstur.

Campurkan bubur tomat dan parutan timun aduk rata. Setelah itu oleskan dengan kuas ke wajah atau kulit tubuh anda. Diamkan selama 30 menit. Setelah kering bilas dengan air hangat. Maka wajah dan kulit tubuh akan segar dan bersih.

Produk Berpelembab

7. Produk Sabun Mandi Berpelembab. Sabun mandi dengan pelembab atau moisturizer dapat membantu menghidrasi kulit tubuh supaya tetap lembab, lembut berseri dan alami.

8. Lidah Buaya Segar. Memiliki semua kandungan vitamin kecuali vitamin D. Lidah buaya juga mempunyai asam amino, mineral, serta komponen lain untuk kesehatan kulit. Berkhasiat sebagai anti radang, anti bakteri dan dapat membantu regenerasi sel kulit serta membantu menghilangkan jerawat.

Cara membuat masker lidah buaya. Ambil daun lidah buaya yang mempunyai daging tebal. Setelah dicuci bersih, belah dua memanjang  dan keruk daging lidah buaya yang berwarna putih bening seperti jelly atau gel.

Tempelkan ke kulit wajah dan atau kulit tubuh diamkan selama 10 menit agar kandungan vitamin pada daging lidah buaya meresap di kulit. Bilas dengan air matang maka wajah akan terasa halus dan dingin.

9. Pisang Ambon. Pemilihan pisang ambon karena kandungan airnya tinggi sehingga sesuai dijadikan masker. Kadar zat kalium dalam pisang terbukti bisa melembabkan kulit kering. Karena penyebab kulit kering akibat kurangnya asupan zat kalium. Penggunaan masker pisang pada kulit tubuh dan wajah akan melembabkan dan membuat kulit tidak kering.

Pisang Ambon | Pixabay

Caranya, ambil satu buah pisang ambon yang matang cuci bersih, keruk dan lumatkan. Setelah menjadi bubur pisang tambahkan satu sendok makan madu sebagai campuran. Kuaskan ke bagian wajah atau kulit tubuh. Diamkan hingga kering atau 10 menit.

Bilas wajah dan tubuh dengan air mengalir dan jangan menggunakan sabun. Untuk sementara tubuh dan wajah akan lengket namun diamkan semalaman maka esok pagi ketika mandi dan sudah dibilas dengan sabun anda akan mendapatkan tubuh menjadi lembut, lembab dan halus.

Demikian tips dan pengalaman pribadi saya mengenai Cara Merawat Kulit Kering dan Kusam dengan Bahan Alami. Jika ada teman-teman yang punya pengalaman lain silahkan share di kolom komentar ya. Terima Kasih, semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi :

  • Penyebab Kulit Kering  https://www.alodokter.com/ada-delapan-penyebab-kulit- kering
  • Kulit Wajah Kering Merusak Kepercayaan Dirihttps://www.alodokter.com/kulit-wajah-kering-merusak-kepercayaan-diri

Baca Juga : Mandi Parfum dengan Vitalis

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.