9 Cara Sederhana untuk Hidup Sehat Jaman Now

Cara Sederhana untuk Hidup Sehat Jaman Now dimana kita harus senantiasa berikhtiar melakukan usaha terus menerus untuk menjaga kesehatan diri.

“Usia manusia adalah rahasia Ilahi “..ungkapan ini benar adanya ketika mendengar salah satu pesohor penggiat seni ternama wafat disuatu pagi. Tak kenal muda atau tua jika sudah waktunya tentu akan menghadap sang Khalik.

Serangkaian analisa penyebab kematian akan menjadi bahan perbincangan mengingat sang pesohor wafat di usia produktif 40 tahun. Terlepas dari “memang sudah waktunya” sebagai manusia tentu kita harus senantiasa berikhtiar melakukan usaha terus menerus untuk menjaga kesehatan diri masing-masing. Berikut 9 Cara Sederhana untuk Hidup Sehat Jaman Now

1.Tidur cukup dan jangan terlalu larut malam. Menurut penelitian ahli kesehatan, tidur berkualitas adalah 8 jam sehari. Berkualitas disini artinya tidur harus nyenyak, tidak terbangun atau terjaga ditengah tidur. Usahakan tidur malam tidak melebihi jam 22.00. Sebelum tidur  sebaiknya hindari melakukan kegiatan berat seperti olahraga serta kondisi perut sudah terisi makan malam 3 jam sebelumnya.

Kualitas Tidur | Sumber : Pixabay

2. Bangun sebelum matahari terbit. Ada mitos bangunlah sepagi mungkin supaya rejeki tidak dipatuk ayam. Mitos itu apabila dihubungkan dengan kesehatan maksudnya supaya oksigen pagi hari dapat kita hirup sebanyak mungkin sebelum matahari terbit. Menurut ahli kesehatan, udara pagi yang bersih bermanfaat untuk membersihkan paru-paru. Jadi tidak ada ruginya jika bangun pagi..

3. Ngulet ,olahraga ringan dan menjemur punggung. Ngulet adalah peregangan kecil sesaat setelah kita membuka mata masih dalam keadaan ditempat tidur. Menurut penelitian ngulet dapat merelaksasikan otot dan persendian sebagai persiapan melakukan kegiatan sepanjang hari . Setelah ngulet dan turun dari tempat tidur kita dapat olahraga ringan seperti menggerakan lengan, leher kepala, merentangkan tangan dan gerakan kecil lainnya.

Sinar Matahari Pagi | Sumber : Pixabay

Jika ada kesempatan sebaiknya usahakan menjemur punggung bagian belakang dengan paparan sinar matahari pagi. Menurut ahli kesehatan ultraviolet pada sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang baik untuk tulang dan kebersihan paru-paru. Waktu yang tepat untuk menjemur punggung dibawah jam 10.00 pagi.

4. Minum air putih yang cukup. Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Oleh sebab itu proses pemuaian sangat cepat,bisa melalui keringat, air seni dan berkurangnya saliva atau air ludah. Supaya sistem tubuh tidak terganggu karena dehidrasi akibat pemuaian maka asupan cairan harus terpenuhi.

Air Mineral | Sumber : Doc. Pribadi

Minum air putih minimal 8 gelas perhari setara dengan 2 liter. Jika asupan air putih terpenuhi boleh ada tambahan konsumsi air berperasa dalam batas secukupnya.  Teh, kopi, susu, juice, minuman ringan diperkenankan walaupun sebaiknya dikurangi karena ada kandungan bahan kimia dan pemanis buatan.

5. Sarapan pagi sebelum aktifitas. Untuk menjalankan aktifitas dibutuhkan energi tubuh. Usahakan mengisi energi dengan asupan sarapan pagi. Bisa dengan roti, ubi, sagu ,sereal atau nasi. Banyak orang tidak terbiasa sarapan pagi dengan alasan tidak sempat. Namun sebuah penelitian kesehatan mengatakan, hal tersebut hanya akan mempercepat kerusakan fungsi organ tubuh secara perlahan tanpa kita sadari.

Beberapa gangguan kesehatan akan muncul kelak dikemudian hari, seperti asam lambung naik, maag, darah rendah dan sebagainya. Ini terjadi karena sejak dini tubuh dipaksa untuk memforsir energi tanpa dibarengi asupan sarapan lebih dulu. Jadi sayangi tubuh sejak dini dengan membiasakan sarapan yukk..

6. Perhatikan jam biologis tubuh . Tubuh manusia mempunyai jam biologis diantaranya: waktu makan, waktu tidur, waktu buang air besar, waktu istirahat dan sebagainya. Usahakan tidak mengacaukan jam biologis tubuh supaya dapat bekerja secara optimal. Jika terbiasa makan siang jam 12 maka jangan tunda ketika waktu makan tiba. Ketika sehabis mandi pagi ingin buang air besar maka segera dilakukan jangan ditunda.

Jika terbiasa tidur malam jam 22.00 maka jangan melewati jam tersebut. Jika kita sudah bekerja tanpa henti selama 7 jam sehari maka istirahatlah jangan memaksa tubuh untuk bekerja lebih atau diforsir.  Dengan mematuhi jam biologis tubuh, setidaknya kita sudah meringankan kerja sistem organ tubuh.

7. Jauhi gaya hidup tak sehat . Di jaman serba hedonis mengikuti gaya hidup “modern” adalah syarat untuk mendapat status sosial di lingkungan pergaulan. Konsumsi junk food, minum alkohol, merokok, menghisap vape, clubbing hingga dini hari adalah gaya hidup yang jika dibiasakan akan mengganggu keseimbangan biologis tubuh.

Mungkin di usia muda produktif,  tubuh masih dapat mentoleir perilaku gaya tak sehat tersebut. Namun sejatinya hanya tinggal menunggu waktu untuk menjadi sederet penyakit yang akan hadir dikemudian hari. Jadi jika tidak ingin di usia tua kita menderita dengan berbagai penyakit, kendalikan gaya hidup sejak dini.

8. Jaga kebersihan tubuh. Ada ungkapan “kebersihan adalah sebagian daripada iman”. Ungkapan ini benar adanya. Tubuh yang rajin dibersihkan akan menjadi tempat yang sangat tidak diminati kuman, bakteri dan virus. Rajin mandi minimal dua kali sehari karena kita tinggal di negara tropis, berganti pakaian luar dalam, mencuci tangan sebelum makan dan memakai pelindung kulit dari sengatan matahari adalah beberapa cara menjaga kebersihan tubuh.

9. Selalu bersyukur. Cara sederhana terakhir untuk hidup sehat jaman now dengan berpikir positif sehingga menghasilkan rasa syukur atas apa yang sudah kita miliki. Rasa syukur membuat kita selalu dapat mengambil hikmah atas setiap kejadian tanpa harus menyesal berkepanjangan. Sekilas klise, namun ini akan menghasilkan energi positif dan meringankan jalan kita selanjutnya.

Demikian 9 Cara Sederhana untuk Hidup Sehat Jaman Now

Usia manusia adalah takdir Illahi. Manusia tak pernah mengetahui sampai kapan ada di dunia. Jadi isi saja jalan kehidupan kita dengan sesuatu yang positif dimulai dengan mempraktikkan cara hidup sehat. Setuju kah teman??

Nah itulah 9 Cara Sederhana untuk Hidup Sehat Jaman Now yang sudah saya praktikkan..Bagaimana dengan pengalaman teman- teman ..silahkan share di komentar ya jika ada pendapat yang lain…Terima Kasih..

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.