Begini Cara Pakai eNofa Pajak untuk Keperluan Perpajakan

Penggalakan eNofa Pajak merupakan bagian dari modernisasi oleh DJP yang dianggap cukup efisien dalam meminimalkan kerugian yang mungkin diderita negara. Dalam pembuatan suatu faktur pajak, PKP atau Pengusaha Kena Pajak wajib untuk memenuhi syarat menggunakan eNofa pajak, sehingga nantinya dapat memperoleh nomor seri faktur pajak yang bisa dipakai untuk pembuatan faktur elektronik. Direktorat Jenderal Pajak sendiri sudah memberlakukan penggunaan aplikasi eNofa sejak tanggal 1 Juni 2013.

Bisa dibilang, pembuatan faktur pajak uang nantinya akan menjadi bukti pemungutan PPN hanya bisa dianggap sah apabila menggunakan nomor seri faktur pajak dari aplikasi eNofa. Oleh sebab itu, pihak PKP wajib memahami dengan benar bagaimana penggunaan aplikasi ini.

Cara Pakai Enofa Pajak
Pajak | Freepik

Apa Itu eNofa Pajak

Pengertian dan cara menggunakan eNofa pajak sebenarnya cukup mudah. eNofa atau Elektronik Nomor Faktur merupakan sebuah aplikasi online yang ditujukan kepada PKP agar bisa mendapatkan NSFP atau Nomor Seri Faktur Pajak. Adapun pemanfaatan dari NSFP ini adalah untuk menomori faktur pajak yang akan dibuat oleh PKP.

Sebelum aplikasi enofa diadakan, PKP bisa dengan bebas menomori faktur pajaknya sendiri. Akan tetapi, hal itu sudah tidak lagi bisa dilakukan. Pasalnya, NSFP harus didapatkan dengan persetujuan dari DJP.

Pengadaan Nomor Seri Faktur Pajak oleh DJP yang diberikan lewat aplikasi eNofa dianggap lebih efisien karena dapat meminimalkan adanya penerbitan faktur fiktif. Selain itu, DJP juga akan lebih mudah dalam hal pengawasannya, sehingga kemungkinan adanya kerugian negara pun bisa dicegah.

Baca Juga : Tips Cara Menabung yang Kreatif Selain Setor Tunai

Cara Meminta Nomer Seri Faktur Pajak

Perlu dicatat, meskipun kamu sudah memiliki kode aktivasi dan password untuk login, kamu belum bisa mendapatkan Nomor Seri Faktur Pajak. Karena kamu diharuskan untuk menginstall Sertifikat Elektronik terlebih dahulu. Baru setelah itu PKP dapat mengajukan Nomor Seri Faktur Pajak. Lalu bagaimanakah prosedur yang harus dilewati untuk bisa memperoleh NSFP?

  1. Pertama, lakukan login pada akun enofa melalui laman efaktur.pajak.go.id/login
  2. Buka menu permintaan NSFP. Kemudian akan muncul pop-up terkait dengan Sertifikat Elektronik yang bisa dipilih untuk selanjutnya di install.
  3. Setelah memilih salah satu Sertifikat Elektronik, tekan OK.
  4. Apabila muncul sebuah notifikasi ‘your connection is not private’, kamu bisa memilih opsi Advanced.
  5. Lalu, pilih link ‘proceed to efaktur.pajak.go.id (unsafe)’.
  6. Pada halaman berikutnya, PKP akan diminta untuk mengisikan sejumlah data terkait NSFP. Seperti misalnya tahun pajak, jabatan PKP, nama PKP, serta jumlah NSFP yang akan diminta.
  7. Kemudian masukkan password akun eNofa pajak Kamu dan klik YA.
  8. Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi Permohonan NSFP telah disetujui. Pada menu ‘Surat akan dicetak!’ Tekan tombol OK.
  9. Dan browser pun akan mengunduh Nomor Seri Faktur Pajak secara otomatis.
Menghitung Pajak | Freepik

Cara Menggunakan eNofa untuk Keperluan Perpajakan

PKP juga dapat membuat faktur elektronik melalui aplikasi e-Faktur. Adapun untuk prosedurnya adalah sebagai berikut.

  1. Akses laman https://efaktur.pajak.go.id/login
  2. Lalu unduh aplikasi e-Faktur yang tersedia di bagian bawah login. Lebih tepatnya di kolom pengumuman.
  3. Pilih salah satu aplikasi yang sesuai dengan Windows bit di komputer. Bila sudah, kamu dapat langsung mendownloadnya.
  4. Buka folder yang tadi sudah diunduh, klik dua kali dan pilih menu extract.
  5. Nah, salah satu dari hasil extract tersebut adalah ETaxInvoice.
  6. Klik dua kali pada hasil ETaxInvoice. Perlu diperhatikan, kamu wajib memastikan komputer telah terhubung ke internet saat prosedur ini dilakukan.
  7. Pilih opsi Lokal Database.
  8. Atur aplikasi tersebut bila perangkat komputer menggunakan proxy.
  9. Klik connect dan masukkan NPWP yang dimiliki.
  10. Kemudian, klik open untuk memasukkan Sertifikat Elektronik yang sudah diperoleh sebelumnya.
  11. Input bagian Passphrase Sertifikat.
  12. Isikan Kode Aktivasi dan klik Register.
  13. Jangan lupa untuk masukkan Captcha dan Password sebelum kamu meng-klik tombol Submit.
  14. Lanjutkan dengan melakukan registrasi.
  15. Langkah terakhir yang tidak kalah penting untuk dilakukan ialah untuk selalu mengingat Nama User beserta Password Super Admin yang didapatkan.

Penerapan eNofa pajak ini merupakan bagian dari modernisasi yang digerakkan oleh DJP. Tentunya, aplikasi elektronik nomor faktur online ini sudah dirancang sedemikian rupa sehingga PKP dapat menggunakannya dengan mudah.

Salam

 

Baca Juga : Tips Jitu Mengatur Pengeluaran Rumah Tangga Anti Boros

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.