Tips Cara Menabung yang Kreatif Selain Setor Tunai

Tips Cara Menabung yang Kreatif Selain Setor Tunai. Cara Menabung Kreatif  dapat memanfaatkan benda disekitar kita untuk menghasilkan uang. Mungkin untuk sebagian orang terlihat tidak biasa. Tapi cara ini mempunyai banyak manfaat yang baik. Simak caranya sebagai berikut.

Menabung yang Kreatif

1.Jual atau sewakan benda yang sudah tidak digunakan lagi. Kita tentu pernah membeli benda dengan brand ternama atau merk tertentu namun seiring berjalannya waktu benda tersebut sudah tidak kita gunakan lagi. Bisa karena sudah tidak muat lagi seperti baju dan celana atau trend nya sudah menurun seperti tas atau karena memang kita sudah bosan menggunakannya. Selain itu kita bisa menjual benda lain seperti alat musik atau barang- barang bernilai antik vintage.

Baju Pre Loved | Sumber:Pixbay

Selama barang tersebut masih berfungsi dengan baik tanpa ada kerusakan maka kita dapat menyewakan atau menjual dengan cara pre loved melalui penjualan online . Dari cara ini kita mendapatkan penghasilan tambahan yang dapat dijadikan uang tabungan. Keuntungan lain ruang simpan seperti lemari pakaian menjadi lega dan dapat digunakan untuk menyimpan benda atau barang baru yang kita beli.

2.Menabung di Bank Sampah. Sampah umumnya kita anggap sebagai benda yang tak berguna lagi. Saat ini sudah banyak komunitas Bank Sampah yang menerima sampah tertentu untuk didaur ulang seperti; kertas koran, botol plastik minuman kemasan, kemasan sachet makanan atau bungkus deterjen, besi bekas dan lain sebagainya.

Sampah dicatat dan dinilai

Sampah yang kita setor ke Bank Sampah  akan dihargai dengan sejumlai tertentu dan dicatat nilai nominal uangnya kedalam buku tabungan. Kita dapat mencairkan nilai nominal dalam bentuk uang setelah terkumpul jumlah tertentu sesuai peraturan dari Bank Sampah tersebut. Dengan cara ini selain mendapatkan tambahan pendapatan kita juga berpartisipasi menjaga lingkungan dari sampah yang tak terurai secara alami.

 

3.Mengumpulkan uang receh atau koin di celengan. Ketika berbelanja kita mungkin akan menerima kembalian dalam bentuk uang receh atau koin. Jika berniat menabung maka uang kembalian tersebut dapat dikumpulkan kedalam celengan. Pengumpulan uang koin yang sedikit demi sedikit tentu lama-lama akan menjadi bukit. Setelah celengan penuh maka kita dapat menukarkan uang koin tersebut dengan nominal uang kertas di bank atau dimasukkan ke tabungan di bank.

Tips Cara Menabung yang Kreatif Selain Setor Tunai
Koin | Sumber:Doc. Pribadi

4.Menabung dengan nominal berdasarkan tanggal tertentu. Jika kita termasuk tipikal orang yang kurang mempunyai komitmen dalam menyisihkan pendapatan tetap untuk ditabung maka dapat mengikuti cara sebagai berikut. Dalam satu bulan kita dapat menentukan tanggal berapa saja mau menabung misalkan kelipatan 10, 20, 30 maka pada tanggal 10, kita sisihkan Rp.10,000 kemudian tanggal 20 kita sisihkan Rp.20.000 dan seterusnya.

Menabung berdasarkan tanggal | Sumber:Pixbay

Cara Menabung yang Kreatif Selain Setor Tunai

Atau kita memilih kelipatan 5, maka pada tanggal 5 kita menyisihkan Rp.5000 kemudian tanggal 10 kita menyisihkan Rp.10.000 dan seterusnya. Pada akhir bulan akan terkumpul nominal uang yang telah kita sisihkan dan menjadi nilai tabungan kita selama satu bulan tersebut. Dari satu bulan uang tersebut ditabung ke bank atau dikumpulkan menjadi satu tahun. Sehingga pada akhir tahun akan diperoleh jumlah uang tabungan selama 12 bulan. Walaupun tetap menyisihkan sebagian pendapatan dengan cara ini  kita” dipaksa” mentaati peraturan yang kita buat sendiri.

5.Membeli Asset Minim Resiko. Asset yang nilainya cenderung naik adalah logam mulia. Pendapatan yang kita sisihkan dapat dibelikan logam mulia sesuai ketersediaan dana. Logam Mulia dapat dibeli dengan berat 1 gram s/d 1 kg. Resikonya ada pada tempat penyimpanan. Tempat aman menyimpan logam mulia adalah di safety box yang dikelola bank. Safety box adalah layanan brankas untuk personal yang dikelola bank. Dikenakan biaya sewa selama satu tahun. Jumlahnya bervariasi untuk setiap bank.

Tips Cara Menabung yang Kreatif Selain Setor Tunai
Logam Mulia | Sumber : Pixbay

6.Menabung Emas. Jika kita ingin mempunyai logam mulia sebagai bentuk tabungan dengan cara mencicil maka solusinya adalah membuka tabungan emas. Tabungan emas biasanya ada di pegadaian. Kita dapat menabung dengan nominal Rp.5000 atau sesuai keinginan. Uang tabungan dapat dicairkan jika jumlah nominalnya setara dengan nilai konversi minimal satu gram berat emas logam mulia.

Demikian Tips Cara Menabung yang kreatif selain setor tunai dapat memanfaatkan dari apa yang kita miliki. Ternyata menabung tidak selalu harus selalu setor tunai.   Semoga dapat menjadi sumber inspirasi. Jika teman-teman mempunyai cara lain boleh share ya di kolom komentar…Terima Kasih.

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.