Tips Jitu Mengatur Pengeluaran Rumah Tangga Anti Boros

Tips Jitu Mengatur Pengeluaran Rumah Tangga Anti Boros. Masa pandemi yang belum berakhir berdampak pada pengeluaran ekonomi rumah tangga. Banyak pendapatan rumah tangga berkurang bahkan tidak mendapatkan pemasukan sama sekali. Situasi perekonomian lesu akibat pandemi yang belum bisa diprediksi kapan selesainya. Banyak cara untuk mensiasati hal ini seperti di ceritakan Sista Citra pada artikel Tips Memotong Anggaran Gaya Hidup

Sementara itu kebutuhan sehari-hari terus berjalan dan wajib dipenuhi. Di tengah ketidakpastian situasi, pelaku rumah tangga harus bersiasat supaya tetap survive menghadapi kondisi saat ini. Salah satu cara dengan mengatur pengeluaran rumah tangga secara cermat.

Pengeluaran Rumah Tangga
Save Money | freepik.com

Pengeluaran Rutin untuk Kebutuhan Utama

1. Biaya Listrik dan Air

Listrik dan air bersih adalah kebutuhan utama setiap rumah tangga. Sebagian besar rumah tangga berlangganan listrik secara pasca bayar atau pra bayar menggunakan token. Sebagian besar rumah tangga juga berlangganan air bersih disamping ada yang menggunakan sumber air tanah sendiri.

2. Biaya Internet

Saat pandemi, semua kegiatan dan aktifitas dikerjakan di rumah. Internet dan listrik menjadi konsumsi terbesar untuk melancarkan kegiatan yang dilakukan dari rumah. Pekerjaan kantor, kegiatan sekolah dan kegiatan lain yang membutuhkan tatap muka secara online termasuk didalamnya. Otomatis penggunaan listrik dan jaringan internet akan terforsir terus-menerus.

3. Biaya Asisten Rumah Tangga

Beberapa rumah tangga mempekerjakan asisten rumah tangga terutama yang mempunyai anak bayi atau balita. Tidak murah membayar jasa asisten rumah tangga ini. Walaupun demikian keberadaan asisten rumah tangga penting untuk meringankan ibu bekerja atau yang mempunyai anak lebih dari satu.

4. Biaya Konsumsi Makan Minum serta Pendukungnya

Selama pandemi konsumsi makan dan minum serta pendukungnya meningkat pesat. Karena kegiatan berpusat dari rumah, otomatis kebutuhan makan minum terbanyak berasal dari anggota keluarga tersebut. Mungkin lebih banyak membeli air isi ulang, membeli makanan cepat saji, membeli bahan bakar gas untuk memasak dan sebagainya. Hal ini membuat biaya konsumsi makan minum meningkat pesat.

5. Biaya Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL)

Sebagian besar rumah tangga tinggal di lingkungan dengan pengelolaan lingkungan yang dikoordinir pejabat lingkungan setempat yaitu RT / RW. Petugas pengangkut sampah, petugas keamanan, petugas kebersihan adalah bagian dari pengelolaan lingkungan yang membutuhkan biaya. Biaya IPL wajib dibayarkan setiap bulannya.

6. Biaya Transportasi

Situasi pandemi yang masih berlangsung, membuat kegiatan masyarakat dibatasi. Himbauan untuk tidak berpergian jika tidak ada kepentingan mendesak kerap digaungkan. Sebelum pandemi biaya transportasi untuk setiap anggota keluarga menjadi kebutuhan rutin untuk menunjang kegiatan.

7. Biaya Anak Sekolah

Bagi yang mempunyai anak dan masih menempuh pendidikan formal, membayar biaya pendidikan adalah kewajiban utama. Walaupun kegiatan belajar mengajar dilakukan dari rumah tetap saja biaya pendidikan ini tetap harus dibayarkan. Beberapa institusi pendidikan mempunyai kebijakan pengurangan biaya pendidikan. Tentu ini atas dasar kesepakatan bersama.

Baca Juga : Cara Sederhana Hidup Sehat Jaman Now

Solusi Anti Boros

1. Atur Pemakaian Listrik dan Jaringan Internet

Pemakaian jaringan internet yang terus menerus tentu akan memakan sumber daya listrik dan kuota. Solusinya, pakailah kuota internet hanya untuk kegiatan penting. Seperti pekerjaan kantor dan sekolah atau kampus. Jika ingin menonton hiburan melalui kanal You Tube atau bermain game online usahakan ada waktu tertentu misalkan setiap akhir pekan.

Pemakaian Sumber Daya yang Dikondisikan

Untuk menghemat penerangan kerjakan pekerjaan yang menggunakan jaringan internet pada siang hari. Karena untuk penerangannya bisa terbantu dengan sinar matahari sebagai pengganti sinar lampu. Penerangan lampu dan pendingin udara pada siang hari dapat dimatikan diganti dengan jendela yang terbuka supaya cahaya dan udara dapat masuk leluasa. Antisipasi seperti ini dapat menghemat pemakaian daya listrik untuk penerangan.

Jaringan Internet Berbayar

Untuk yang mempunyai kemampuan berlebih bisa memasang jaringan internet berbayar. Namun tetap perhatikan cara melakukan kegiatan supaya sumber daya dapat dihemat. Dengan demikian penghematan untuk biaya listrik dan internet dapat terlaksana.

2. Gotong Royong Mengerjakan Pekerjaan Rumah Tangga

Jika dirasa memberatkan, mengistirahatkan asisten rumah tangga adalah jalan keluar terbaik. Walaupun berat namun jika kondisi keuangan tidak memungkinkan sepertinya tidak ada pilihan. Selanjutnya berdayakan semua anggota keluarga untuk gotong-royong mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Awal mula terasa berat namun akan terbiasa. Kelebihan dari kegiatan gotong royong ini akan mengeratkan hubungan antar anggota keluarga.

3. Membuat Makan dan Minuman Olahan Sendiri

Konsumsi makanan dan minuman yang besar akan terasa memberatkan pengeluaran jika  membeli dalam keadaan siap saji. Solusinya adalah membuat makanan dan minuman sendiri. Selisih biaya pembelian makanan siap saji dibandingkan mengolah sendiri cukup besar dan sangat berarti. Jadi tidak ada salahnya mengolah makanan dan minuman dari dapur sendiri untuk keluarga tercinta.

4. Mengatur Perjalanan Transportasi

Masa pandemi saat ini dianjurkan untuk berkegiatan dari rumah saja. Namun terkadang ada keperluan yang mengharuskan untuk keluar rumah. Misalkan membeli bahan baku pangan, ke rumah sakit atau ke tempat kerja. Untuk menghemat biaya transportasi atur itinerary untuk satu kali perjalanan. Sehingga biaya transportasi dapat dihemat.

Gunakan Ragam Aplikasi Pembelian Online

Cara lain menghemat biaya transportasi, menggunakan aneka ragam pilihan aplikasi pembelian supaya tidak perlu ke luar rumah untuk membeli bahan pangan. Selain aman dari segi kesehatan cara ini lebih hemat waktu dan biaya.

5. Menunda Pembelian Benda Tak Penting

Menjelang akhir tahun banyak produk dan toko obral diskon. Saat ini iming-iming diskon banyak bertebaran di sosial media dan aplikasi market place. Sekiranya tidak begitu penting dan dibutuhkan, hindari membeli benda-benda yang diskon hanya karena dijual di bawah harga normal. Sebaiknya peganglah uang tunai saat pandemi dimana ekonomi sedang tak menentu. Dahulukan kebutuhan utama dibandingkan keinginan sesaat.

Demikian Tips Jitu Mengatur Pengeluaran Rumah Tangga Anti Boros. Bagaimana dengan teman semua? Adakah tips mengatur keuangan supaya tidak boros berdasarkan pengalaman pribadi? Boleh share ya dikolom komentar. Terima Kasih.

Salam

Baca Juga : Tips menabung Kreatif Selain setor Tunai

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.