Atasi Tenggorokan Gatal dan Batuk dengan Bahan Dapur

Atasi Tenggorokan Gatal dan Batuk dengan Bahan Dapur adalah pertolongan pertama. Ini membantu atasi tenggorokan gatal dan batuk sebelum parah. Memasuki musim kemarau ditambah dengan adanya pandemi COVID-19, menjaga kesehatan adalah prioritas utama setiap orang. Penyebab penyakit pada musim peralihan seperti ini dipengaruhi perubahan cuaca dari panas ke dingin atau sebaliknya.

Tenggorokan gatal karena paparan debu dan perubahan udara menyebabkan gejala batuk. Hal ini sering terjadi terutama jika kita berkegiatan diluar rumah. Adapun jenis penyebab batuk dipengaruhi berbagai macam faktor seperti di ceritakan kak Icha pada artikel Penyebab Batuk yang Harus diketahui dan Diwaspadai.

Minuman Teh Kunyit Madu | Canva

Solusi Tenggorokan Gatal dan Batuk

Pada kali ini saya akan berbagi pengalaman meredakan tenggorokan gatal dan batuk menggunakan bahan dapur. Tindakan ini merupakan pertolongan pertama sebelum bertambah parah menjadi radang tenggorokan dan batuk akibat virus atau bakteri. Kalau sudah terlanjur parah jalan satu-satunya ya periksa ke dokter supaya mendapat tinadakan medis yang tepat.

Obat Tradisional dari Bahan Dapur

Obat tradisional yang pernah saya gunakan untuk mengatasi gejala penyakit peralihan musim ini ada pada bahan dapur. Cara menggunakannya sangat mudah dan dapat dibuat sendiri.

1.Beras kencur. Minuman ini ampuh meredakan kedua penyakit akibat peralihan musim. Kencur mempunyai zat sitotoksis dan antibakteri yang dapat mengatasi tenggorokan gatal. Selain itu dapat meredakan sensasi nyeri dan panas dalam. Bagi yang serak suaranya akibat tenggorokan gatal maka memakan kencur segar dapat menjadi solusi supaya suara tidak terasa serak.

Cara membuat beras kencur

Satu sendok makan beras putih direndam selama satu jam. 1/2 kg. kencur tua, cuci dan kupas hingga bersih. Parut atau blender kencur dan campurkan dengan beras yang sudah ditumbuk halus. Beri air satu liter dan gula merah yang sudah disisir secukupnya.

Rebus hingga mendidih. Angkat dan beri air asam jawa setengah gelas. Setelah dingin saring kedalam kain dan peras hingga saripati kencur keluar. Masukkan ke dalam botol untuk disimpan dalam kulkas. Minum sehari dua kali.

2. Jahe dan madu. Minuman jahe dan madu ampuh mengatasi kedua gejala penyakit ini. Cara membuat, ambil 1 ruas jahe cuci bersih. Tusukan jahe ke tusuk sate atau lidi kemudian bakar diatas api kompor sampai kulit jahe coklat secara merata. Kupas kulit jahe, geprek jahe tambahkan air satu gelas dan rebus hingga mendidih. Angkat rebusan air jahe, saring dan tambahkan madu secukupnya. Minum jahe dan madu sehari dua kali selagi hangat.

Jahe Obati Tenggorokan Gatal dan Batuk

Jahe termasuk empon-empon bumbu dapur yang mempunyai analgesik alami. Fungsinya meredakan sakit dan gatal pada tenggorokan. Panas dari jahe dapat membantu mengencerkan dahak penyebab batuk disaluran pernapasan. Kandungan zat pada jahe dapat melemaskan otot tenggorokan yang menegang ketika batuk terjadi. Sehingga tenggorokan tidak perih dan sakit.

Madu selain sebagai pemanis alami mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Cairan madu dapat melapisi bagian tenggorokan yang perih karena gatal dan batuk. Rasa manis madu dapat mengurangi dahak penyebab batuk.

3. Jeruk nipis dan madu. Minuman yang terdiri dari jeruk nipis dan madu dapat meredakan rasa tidak enak akibat tenggorokan gatal dan batuk. Caranya pilihlah satu buah jeruk nipis tua yang banyak airnya. Cuci bersih, potong dan peras ke dalam gelas. Tambahkan satu gelas air hangat dan satu sendok makan madu sebagai pemanis alami. Beberapa orang yang tahan asam jeruk nipis, dapat meminum perasan jeruk nipis asli dengan campuran setengah sendok makan madu. Minumlah sehari dua kali.

Jeruk nipis selain mengandung vitamin C juga mempunyai kandungan minyak atsiri. Ini berguna untuk melemaskan otot-otot di saluran pernafasan sehingga meredakan tenggorokan gatal. Jeruk nipis dan madu dapat memicu produksi air ludah sehingga kelembaban tenggorokan terjaga.

4. Kunyit dicampur susu hangat atau teh hangat plus madu. Kunyit mengandung zat anti bakteri dan anti radang. Konsumsi kunyit dapat meredakan tenggorokan gatal dan batuk. Caranya ambil dua ruas kunyit segar, cuci bersih dan kupas. Iris tipis dan rebus dengan dua gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring kemudian tambahkan ke susu cair atau susu bubuk yang sudah dilarutkan. Alternatif lain campurkan dengan teh hangat. Tambahkan madu secukupnya sebagai pemanis alami.

5. Air dan Garam. Garam bersifat mengikat air sehingga tenggorokan yang mengalami gatal dan radang akan berkurang bengkaknya. Rasa nyeri akan mereda karena garam menarik air disekitar jaringan tenggorokan.

Mengurangi Dahak di Tenggorokan

Cara membuat larutan air garam, ambil 1/2 sendok teh garam dapur masukkan ke 250 ml air hangat. Aduk garam hingga larut dan kumurkan ke dalam mulut hingga tenggorokan. Air garam ini tidak ditelan hanya untuk berkumur saja. Berkumur dengan air garam mengurangi kelebihan dahak dan meredakan gatal di tenggorokan.

Demikian pengalaman saya dalam tips Atasi Tenggorokan Gatal dan Batuk dengan Bahan Dapur. Bagaimana dengan pengalaman temans semua, apakah ada cara lain untuk mengatasi kedua gejala penyakit ini menggunakan bahan dapur yang lain? Boleh share ya dikolom komentar. Terima Kasih.

 

Baca Juga : Perbadaan Flu dan Pilek serta Cara Pencegahannya

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.