Ini Cara Menaikkan Domain Authority Anti Gagal dan Cepat

Ini Cara Menaikkan Domain Authority Anti Gagal dan Cepat. Tujuannya membuat blog mempunyai nilai dimata mesin pencari google. Bagi blogger mempunyai blog dengan nilai domain authority tinggi menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi jika mempunyai blog dengan tujuan monetisasi.

Apa itu Domain Authority

Domain Authority adalah acuan dari mesin pencari untuk memberikan ranking dari situs blog yang kita miliki. Beberapa kriteria umum dari google dalam memberikan peringkat dilihat dari usia domain, popularitas domain dan berapa banyak backlink yang menuju ke domain tersebut.

Cara Menaikkan DA
Cara Menaikkan DA

Semakin lama usia domain maka semakin dipercaya domain tersebut. Semakin banyak backlink yang masuk ke domain maka semakin baik domain tersebut dimata mesin pencarian google. Selanjutnya jika blogger berkomentar di blog orang lain atau dikenal dengan istilah blogwalking maka domain yang kita miliki terlihat aktif dimata mesin pencari google.

Pengalaman Ikut Kelas Menaikkan Domain Authority

Jika cara diatas sudah dilakukan namun domain authority belum naik juga, maka masih ada cara lain. Awal bulan Mei saya mendapat kesempatan untuk mengikuti Free kelas 30 Hari DA Naik dipandu coach masirwin.com dan pe-we.com.

Sebagai blogger newbie, saya banyak mendapat pengetahuan baru berkaitan dengan optimasi blog terutama cara menaikkan domain authority. Dimulai dari SEO On Page, SEO Off Page dan mengenal tools google untuk membaca traffik blog  mulai dari Google Search Console sampai dengan Google Analytic. Selanjutnya dikenalkan dengan audit blog menggunakan MOZ PRO.

Dari sekian banyak langkah yang dikenalkan dua coach mastah SEO ini saya masih berkutat dengan SEO On Page dan SEO Off Page. Dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran membenahi artikel yang ada di blog saya karena banyak yang tidak mengikuti kaidah SEO On Page dan SEO Off Page.

Sekilas Mengenai SEO On Page

SEO On Page adalah teknik optimalisasi  dengan tujuan supaya mesin pencari mengetahui apakah situs atau blog sudah sesuai dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna. Penilaian selanjutnya apakah pengguna atau pembaca yang mampir ke situs atau blog mempunyai keinginan untuk kembali lagi atau betah berlama-lama ada situs atau blog. Alasan pembaca kembali lagi mengunjungi blog kita karena mendapatkan manfaat dari kontent yang dibaca.

Langkah SEO On Page seperti diterangkan grafis sebagai berikut;

cara menaikkan domain authority
SEO On Page | masirwin.com

Langkah akhir jika artikel sudah lengkap jangan lupa share ke sosial media. Setelah selesai melakukan SEO On Page maka inspect url artikel ke Google Search Console. Tujuannya supaya artikel yang kita buat dapat terindeks google dengan cepat.

Sekilas Mengenai SEO Off Page

SEO Off Page adalah proses optimalisasi situs atau blog yang dilakukan dari luar dengan cara mencari backlink dan mendaftarkan blog kita pada situs berkualitas. Cara lain bisa dengan guest post atau menjadi penulis tamu. Artinya menulis artikel di situs atau blog orang lain dengan menyisipkan link blog kita dalam artikel tersebut. Pada dasarnya membuat SEO Off Page harus tekun dan telaten karena ada istilah tanam menanam backlink secara berjenjang dan berkelanjutan.

MOZ Pro

Ini adalah suatu tools untuk mengecek apakah link building yang kita miliki berkualitas. Kita bisa membuka bagian Link Explorer dan melihat kualitas dari link building yang kita buat. Semakin berkualitas link building maka domain authority semakin tinggi nilainya. Tools MOZ Pro juga akan memberikan nilai Domain Authority, Page Authority dan Spam Score dari blog kita.

Dari sekian banyak item di MOZ Pro kita bisa mendeteksi apakah artikel kita sudah sesuai dengan kaidah SEO On Page pada metadata issues. Contohnya kita bisa melihat karakter url atau karakter judul artikel  yang terlalu panjang. Dari hasil Moz Pro ini maka artikel dapat kita perbaiki sesuai kaidah SEO On Page.

Memperbaiki Artikel yang tidak sesuai dengan SEO On Page

Sebelum mengetahui SEO On Page banyak artikel dibuat tanpa memenuhi kaidah SEO On Page. Alhasil ketika saya mengikuti kelas ini, 90 % artikel saya tidak sesuai penulisannya. Cara mervisi artikel yang sudah publish dengan menggunakan  “Redirection” . Pada platform wordpress terdapat plugin redirection untuk mengatasi hal ini.

Redirection digunakan hanya jika kita mengubah permalink atau url artikel yang sudah publish. Caranya permalink lama dicopy atau di revert ke draft. Perbaiki artikel dan permalink sesuai kaidah SEO On Page. Setelah permalink berubah dan di publish, gunakan redirection dengan mensubmit url lama menuju url baru. Selanjutnya url baru disubmit ke Google Search Console dan url lama dihapus melalui Google Search Console.

Kesan dan Pesan Mengikuti Free Kelas 30 Hari Naik DA

Genap hampir 30 hari saya mengikuti Free Kelas 30 Hari Naik DA. Banyak ilmu yang saya dapatkan untuk segera diimplementasikan. Kelebihan mengikuti kelas ini karena dibimbing coach yang super sabar. Teman-teman yang kompak dan saling membantu satu sama lain juga menambah semangat saya untuk selalu tekun mengikuti arahan dari coach.

Untuk kekurangan kelas ini bisa dimaklumi karena jumlah peserta yang banyak terkadang tidak semua pertanyaan dapat dijawab dengan tuntas. Saran saya mungkin bisa ditambah asisten coachnya. Semoga kedepannya dapat lebih baik lagi.

Hasil akhir berbuah manis ketika di akhir kelas DA saya naik satu peringkat. Ini semakin meyakinkan untuk senantiasa menjalankan apa yang sudah diajarkan untuk diterapkan pada blog saya. Demikian review yang dapat saya berikan selama mengikuti kelas ini.  Terima Kasih untuk kedua coach Mas Irwin dan Mas Pewe. Sukses terus  dan semoga ilmu yang kalian berikan secara free bisa menjadi ladang pahala.

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.