Bagus Madu Hutan atau Madu Ternak

” Mensana in Corpore Sano, Di dalam Tubuh yang Sehat terdapat Jiwa yang Kuat. “Bagus Madu Hutan atau Madu Ternak. Situasi dunia kesehatan saat ini sedang diselimuti awan mendung kelabu berkaitan dengan pandemi virus corona. Sejatinya virus adalah benda asing yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Berbagai cara pencegahan dilakukan mulai dari menghindari pergi dari dan ke negara tempat virus ini bermula, membeli alat penutup mulut dan yang paling utama tentu menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit dan bugar.

Daya tahan tubuh dapat kita jaga dengan mengkonsumsi sumber pangan sehat mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Madu adalah salah satu sumber pangan dengan kandungan nutrisi tinggi yang dapat dikonsumsi supaya daya tahan imunitas kuat. Perdebatan terjadi disekelompok orang bahwa lebih bagus mana mengkonsumsi madu hutan atau madu peternakan?

  1. Madu Hutan
  2. Madu Ternak
  3. Cara Lebah Ternak Bekerja
  4. Keunggulan Madu Hutan dan Madu Ternak
  5. Bagaimana Menilai Madu yang Baik

Madu Hutan

Madu hutan dihasilkan dari lebah yang menghisap nektar di tumbuhan dan pepohonan dalam hutan. Nama lebahnya adalah apis dorsata, merupakan lebah terbesar yang mempunyai ukuran sampai 2,5 cm dan merupakan lebah terproduktif menghasilkan madu. Lebah apis dorsata menghisap nektar pada berbagai macam bunga di hutan.

Madu hutan termasuk madu organik karena dipanen langsung dari tanaman di hutan yang tidak tersentuh pestisida dan pupuk kimia. Pepohonan alami yang banyak tumbuh di hutan menjadi rumah  bagi sang lebah untuk menghisap berbagai nektar.

Sarang lebah hutan biasanya ada dipohon tinggi sekitar 35 meter diatas permukaan tanah. Atau ada di sela-sela tebing tinggi atau gua yang sulit dijangkau. Lebah di hutan, memilih sembarang pepohonan atau bunga untuk dihisap nektarnya. Karena lebah menghisap nektar dari berbagai jenis pohon, maka hasilnya disebut madu multiflora.

Bagus Madu Hutan atau Madu Ternak
Sarang Madu Hutan | Doc. Pixabay

Proses pengambilan sarang lebah madu hutan sangat sulit, tak jarang harga madu hutan menjadi mahal dan produksinya cenderung langka. Madu hutan mempunyai tekstur kekentalan yang lebih cair hal ini karena dipengaruhi sifat hutan penghujan yang cenderung basah. Warna dari madu hutan biasanya coklat gelap kehitaman.

Madu Ternak

Madu Ternak adalah madu yang dihasilkan dari lebah yang diternakan. Jenis lebah ternak bernama; trigona, apis cerana dan apis melifera. Kedua jenis lebah terakhir ini bukan lebah asli Indonesia melainkan di impor dari luar negeri.

Kotak Lebah Ternak | Doc. Pribadi

Lebah dari peternakan akan menghisap nektar dari satu pohon utama. Pepohonan yang ada di peternakan lebah biasanya hanya terdiri dari beberapa jenis pohon dengan periode berbunga yang diatur bergantian. Misalkan pohon kapas mempunyai periode berbunga bulan Januari maka untuk pohon rambutan akan mengalami periode berbunga bulan Maret dan sebagainya. Dengan demikian hasil madu yang dihasilkan dapat teridentifikasi berasal dari nektar jenis pohon tertentu.

Lebah Pekerja | Doc. Pribadi

Cara Lebah Ternak Bekerja

Jenis lebah ternak yang umum  adalah apis melifera. Lebah ini tergolong unggul dilihat dari postur ukurannya yang lebih besar, dan sengatannya tidak membahayakan  apabila diternakan dekat pemukiman penduduk.

Pada dasarnya manusia memanfaatkan cara kerja lebah untuk mendapatkan madu. Madu adalah makanan si lebah. Lebah terbang ke bunga mengambil nektar. Di dalam tubuh si lebah,  nektar akan di olah menggunakan cairan protein lebah kemudian dikeluarkan dari mulutnya dan  disimpan pada  sarang lebah.

Lebah apis melifera | Doc. Pribadi

Sarang lebah berbentuk lubang-lubang kecil yang berfungsi sebagai tempat madu dan anak lebah. Satu lubang sarang hanya boleh diisi madu atau satu anak lebah saja. Setelah satu lubang terisi madu maka lubang akan disegel oleh lebah. Tujuannya supaya tidak terjadi pencurian madu oleh lebah lain.

Dalam satu sarang terdapat 1 lebah ratu, lebah pekerja (lebah betina) dan lebah jantan. 1 lebah ratu akan bertelur setelah berusia 21 hari. Lebah jantan akan membuahi ratu . Satu ratu hanya akan kawin 1 kali dengan banyak lebah jantan. Lebah ratu sekali bertelur menghasilkan 1500 telur selama 3 thn usia produktif.  Lebah pekerja sendiri memberi makanan atau nektar kepada lebah ratu. Usia lebah ratu adalah 5 tahun dan usia lebah pekerja dan lebah jantan hanya 3-4 bulan. Masa panen lebah ternak setiap 15 hari sekali.

Lebah trigona | Doc. Pribadi

Untuk sarang madu dapat diambil jika lubang-lubang sarang terisi madu. Sarang madu terbuat dari lilin yang dihasilkan tubuh lebah. Oleh karenanya jika ingin mengkonsumsi madu dari sarangnya cukup dihisap saja madunya, Karena sarang lebah yang terbuat dari lilin tidak tercerna oleh tubuh manusia.

Keunggulan Madu Hutan dan Madu Ternak

Madu hutan dan madu ternak mempunyai kelebihan dan kekurangan. Jika madu hutan alamiah berasal dari pepohonan hutan yang belum tersentuh pestisida maka madu ternak kemungkinan berasal dari nektar pepohonan yang terkena pestisida. Dari segi harga tentu madu hutan lebih mahal dibandingkan madu ternak.

Sarang madu | Doc. Pribadi

Dari segi aroma, madu yang dihasilkan lebah hutan cenderung beragam karena berasal dari multiflora, rasanya pun perpaduan manis, asam dan sedikit pahit. Sedangkan madu dari lebah ternak mempunyai rasa dan aroma yang lebih teridentifikasi. Untuk warna, madu hutan cenderung lebih gelap dan pekat karena kandungan bee poolen, royal jelly dan propolis terlarut. Sedangkan madu hasil lebah ternak lebih terang karena kandungannya dipisahkan berdasar keinginan si peternak.

Bagaimana Menilai Madu yang Baik

Bagaimana menilai keaslian madu. Bagus Madu Hutan atau Madu Ternak? Selama ini masyarakat cenderung disuguhi info yang membingungkan. Beberapa pendapat mengatakan madu berwarna terang adalah madu asli atau sebaliknya, madu yang bila diberi api dan bisa terbakar adalah asli, madu yang jika mengkristal adalah palsu, madu yang terlalu manis adalah palsu dan sebagainya. Madu yang asli tentu tidak ditambahkan zat pengental, tidak ada tambahan pemanis, perasa, dan bahan  lain. Kategori madu yang asli tidak bisa dilihat secara kasat mata dan dengan melakukan uji coba sederhana kecuali melakukan uji tes laboratorium.

Karena madu berasal dari nektar jenis pohon berbeda tentu akan menghasilkan berbagai kandungan dan manfaat yang berbeda pula. Misalkan madu bunga kapuk cenderung sesuai untuk pengobatan asam lambung. Atau madu bunga rambutan yang sesuai untuk panas dalam dan sebagainya. Pada dasarnya apapun jenis nektarnya khasiat madu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Madu Kapuk | Doc. Pribadi

Untuk masyarkat awam jika ingin mengkonsumsi madu asli, belilah di toko yang mempunyai peternakan lebah madu. Selain bisa melihat budidaya lebah madu dan jenis nektar dari pohonnya, madu yang kita beli terjamin keasliannya. Demikian info mengenai madu hutan dan madu ternak. Jika teman-teman mempunyai pendapat lain tentang  madu, boleh di share dikolom komentar ya..Terima Kasih

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.