Vacuum Blender Modena VB 1530 V Hasilkan Nutrisi Alami

Vacuum Blender Modena VB 1530 V Hasilkan Nutrisi Alami. Fungsi blender untuk menghaluskan bahan makanan dan minuman. Asapan nutrisi hasil makanan dan minuman yang diblender umumnya mengalami perubahan.Hal ini wajar karena terjadi perubahan bentuk dari benda padat menjadi benda bertekstur lembut seperti bubur.

Masalah terjadi karena perubahan bentuk ini dapat mengakibatkan hilangnya sebagian besar kandungan nutrisi . Kandungan nutrisi yang hilang disebabkan oksidasi serta gesekan benda tajam atau pisau pemotong ketika proses penghancuran terjadi.

Nutrisi Alami dan Daya Tahan Tubuh

Situasi saat ini dimana pandemi masih belum berakhir, menyebabkan kita semua harus siaga menjaga daya tubuh. Selain mematuhi protokol kesehatan, stamina tubuh yang tinggi menjadi syarat mutlak supaya terhindar dari virus covid-19.

Konsumsi makanan dan minuman sehat yang terdiri dari buah, sayur, ikan, daging, rempah-rempah dan bahan alami lain menjadi prioritas ketimbang membeli makanan berpengawet buatan. Proses mengolah makanan menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian besar ibu rumah tangga. Penyajian makanan sehat, bergizi dengan nutrisi alami menjadi keharusan demi menjaga daya tahan tubuh anggota keluarga.

Pengalaman Memilih Buah dan Sayur untuk di Blender

Buah dan sayur yang diblender umumnya masih mempunyai kandungan nutrisi. Hal ini terjadi karena ampas dari buah dan sayur yang diblender ikut dikonsumsi. Memilih buah dan sayur untuk diblender sebaiknya yang masih segar. Buah yang cocok untuk diblender seperti; kiwi, apel, pear, mangga, alpukat, semangka, nanas dan melon. Sedangkan sayur yang diblender seperti seledri, sawi, kale, bayam merah, bit, tomat dan timun suri

Cara Memilih Buah dan Sayur Segar

1. Jika buah/ sayur  tersebut bertangkai pilih yang masih hijau tangkainya. Hal ini menjadi pertanda bahwa buah tersebut belum terlalu lama dipetik.

2. Buah tidak penyok, tidak ada bekas luka akibat benda tajam atau jatuh.

3. Kulit buah mulus, tidak berhama dan berpenyakit.

4. Untuk sayur usahakan berwarna hijau, sedikit bolong karena gigitan ulat lebih baik. Hal ini menandakan sayuran tersebut tidak disiram pestisida berlebih.

Baca Juga : Atasi Tenggorokan Gatal dan Batuk dengan Bahan Dapur

Cara Memblender Buah dan Sayur

Cuci bersih buah dan sayur tersebut. Potong – potong dan masukan ke dalam blender. Tambahkan air secukupnya karena dari tekstur buah dan sayur tersebut sudah mengandung air. Jangan menambahkan pemanis buatan karena akan merusak cita rasa asli buah dan sayur. Selain itu menambah pemanis buatan tidak baik untuk kesehatan tubuh. Perhatikan waktu memblender, jangan terlalu lama secukupnya saja.

Hasil akhir buah dan sayur yang diblender dapat berupa jus atau smoothie. Kandungan nutrisi di smoothie lebih tinggi dibandingkan dengan jus. Hal ini terjadi karena smoothie terbuat dari campuran buah dan sayuran berbagai varian yang disatukan. Smoothie lebih sehat karena tanpa tambahan pemanis dan topping. Tekstur smoothie lebih kasar dan terasa seratnya.

Aneka Juice dan Smoothie | Canva

Sedangkan untuk buah yang diblender tekstur lebih halus dan lembut. Hanya terdiri dari satu jenis buah sesuai selera. Biasanya ditambahkan pemanis atau topping seperti susu kental manis atau gula cair. Rasa buah yang diblender lebih cair dan ringan. Konsumsi buah dan sayur yang diblender sangat praktis. Minimal konsumsi buah dan sayur yang diblender satu hari sekali. Hal ini bermanfaat untuk menambah daya tahan tubuh.

Alat Bantu Memproses Makanan dan Minuman Sehat

Menyiapkan makanan dan minuman sehat tentu dibutuhkan alat bantu. Peralatan dapur seperti alat memasak berupa kompor, penggorengan, panci, dan sejenisnya membuat proses menyajikan makanan minuman menjadi cepat.

Alat bantu lain yang tak kalah penting salah satunya adalah blender. Fungsi blender untuk  menghancurkan bahan makanan minuman menjadi lumat, halus dan lembut sesuai keperluan. Sebelum blender populer digunakan terdapat alat bantu menghaluskan bahan makanan yaitu lumpang atau cobek atau ulekan. Karena alasan kepraktisan maka blender saat ini menjadi alat yang paling dibutuhkan ketika menghancurkan bahan makanan dan minuman.

Keunggulan Vacuum Blender Modena VB 1530 V

Modena sebagai produsen penyedia peralatan elektronik rumah tangga berupaya menghadirkan alat bantu memasak yang praktis dan menghasilkan makanan sehat. Salah satu produk Modena adalah Vacuum Blender Modena VB 1530 V. Keunggulan Blender ini terlihat dari fitur dan spesifikasi produk yang sangat spesial.

Vacuum Blender Modena VB 1530 V | modena.co.id

Berbobot seberat 4 kg, dengan dimensi panjang 209 mm, lebar 210 mm, tinggi 457 mm, blender ini sangat ergonomis sebagai piranti dapur. Dibalut paduan warna hitam dan silver, membuat tampilan Vacuum Blender Modena VB 1530 V semakin elegan.

Fitur Utama

Kapasitas tabung blender sebesar 1.5 liter. Blender ini dilengkapi vacuum yang berfungsi menghilangkan udara ketika terdapat percapuran bahan diruang hampa sehingga mengurangi oksidasi untuk hasil blender terbaik. Sedangkan untuk operasional blender menggunakan panel layar sentuh digital.

Pada panel dilengkapi pengaturan waktu dan kecepatan proses memblender. Terdapat empat menu untuk menjalankan blender yaitu; crush, clean, sauce dan vacuum + juice. Menariknya hanya dengan satu sentuhan pada panel digital, blender akan mulai bekerja memproses bahan makanan minuman sampai selesai.

Alat Pendukung dan Sistem Pengaman

Menjalankan proses pencampuran bahan makanan ketika sedang diblender tentu menggunakan alat pendukung. Blender ini dilengkapi enam mata pisau berkualitas untuk membuat hasil blender sempurna. Terdapat sistem pengaman ketika blender digunakan, terdiri dari double safety lock, over heat safety dan auto shut-off. 

Adanya sistem pengaman membuat pengguna merasa aman. Tidak perlu takut terlepas pada pemasangan setiap bagian blender karena ada sistem penguncian ganda. Dilengkapi pula dengan pemantau panas mesin berlebih yang akan mematikan mesin ketika blender bekerja melebihi kapasitas daya.

Hasil Akhir dari Proses Blender

Proses memotong dan bekerjanya vacuum bertujuan mengurangi oksidasi ketika bahan makanan tercampur. Hasil akhir menghasilkan campuran nutrisi 36 % lebih baik dibandingkan blender biasa. Sehingga hasil blender membuat kandungan nutrisi bahan makanan terjaga baik.

Pada blender biasa, hasil akhir proses blender cepat berubah warna. Kemudian kandungan air dan seratnya terpisah dalam hitungan menit. Namun dengan teknologi yang dimiliki Vacuum Blender Modena VB 1530 V  dapat mengurangi oksidasi hasil blender.  Sehingga menghasilkan warna terang serta konsentrat air dan serat tercampur sempurna.

Modena sebagai penyedia peralatan elektronik rumah tangga berkualitas senantiasa mengembangkan produk yang nyaman bagi pengguna. Terbukti kehadiran blender ini mampu merebut hati pengguna di Indonesia. Ingin tetap dapat asupan nutrisi dari buah dan sayur yang di blender ? Yuk miliki Vacuum Blender Modena VB 1530 V.

Salam

 

Note : Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Live Healthy be Happy Blog Competition yang diselenggarakan oleh Modena dan Ibu Ibu Doyan Nulis (IIDN)

 

Baca Juga : Ini Cara Memilih Bahan Pangan Berkualitas dan Sehat

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.