Pulau Kanawa di Labuan Bajo Surga Pencinta Kesunyian

Pulau Kanawa di Labuan Bajo Surga Pencinta Kesunyian. Tempat ini sesuai bagi traveler yang ingin mencari inspirasi sambil menyendiri. Labuan Bajo terkenal dengan banyaknya gugusan pulau di perairan lautnya. Salah satu gugusan tersebut bernama Pulau Kanawa.

Pulau ini berjarak 15 km dari daratan Labuan Bajo. Waktu yang dibutuhkan untuk sampai tempat ini sekitar dua jam perjalanan dari Dermaga Ujung Labuan Bajo. Pulau Kanawa berada terdepan sebelum Pulau Komodo. Jadi Pulau Kanawa merupakan pintu gerbang bagi traveler yang ingin berlayar mengelilingi pulau-pulau di sekitar Labuan Bajo.

Pulau Kanawa di Labuan Bajo
Dermaga P. Kanawa | Pribadi

Sailing Komodo

Maret 2019 saya mengikuti trip Sailing Komodo. Kapal berlayar dari Dermaga Ujung labuan Bajo sekitar jam 10.00 wita. Cuaca cerah dan matahari bersinar sangat terik. Estimasi waktu kedatangan di Pulau kanawa sekitar pukul 12.00 wita. Siapkan perlengkapan vitamin sea seperti menggunakan tabir surya dan pelindung mata atau kacamata hitam. Tak lupa menggunakan pelindung kepala atau topi pantai dan siapkan peralatan snorkling atau diving jika ingin eksplor perairan di Pulau Kanawa.

Pulau Kanawa di Labuan Bajo
Vegetasi P. Kanawa | Pribadi

Berhenti di Tengah Laut

Untuk peralatan snorkling dan diving bisa disewa sebelumnya di Dermaga Ujung, jadi setiba ditempat tujuan dapat langsung digunakan. Kapal layar yang saya naiki berhenti di tengah laut untuk membuang jangkar. Selanjutnya traveler pindah ke kapal motor kecil atau speedboat untuk sampai ke bibir Pantai Kanawa. Demi keamanan disediakan baju pelampung dari kapal layar yang harus dipakai traveler ketika pindah naik ke kapal speedboat.

Bibir Pantai P. Kanawa | Pribadi

Transfer dari Kapal Layar ke Speedboat

Menurut juru mudi kapal layar, ada peraturan yang tidak memperbolehkan kapal layar dengan bobot besar merapat di pinggir pantai semua pulau yang ada di gugusan Labuan Bajo. Hal ini untuk menjaga terumbu karang yang ada supaya tidak rusak terkena jangkar kapal.

Sudut P. Kanawa | Pribadi

Bergantian Naik Speedboat

Speedboat yang saya naiki berkapasitas 4 orang, maka semua penumpang kapal bergantian menaiki speedboat untuk dapat sampai ke bibir pantai Pulau Kanawa. Sesampai di pinggir pantai terdapat dermaga panjang dari titian kayu untuk sampai ke daratan pantai Pulau Kanawa.

Ikan Hias dan Terumbu Karang

Ada pemandangan menarik. Persis di bawah dermaga kayu bertaburan ikan hias yang berenang kesana kemari disela – sela terumbu karang. Traveler diperkenankan memberi makan ikan – ikan hias warna warni menggunakan remahan roti tawar yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Bungalow Pulau Kanawa

Pulau Kanawa mempunyai luas kurang lebih 32 ha. Pulau ini sedikit penghuninya. Terdapat warga yang membuka fasilitas penginapan berupa bungalow untuk disewa. Jika traveler hanya ingin bermain dan menikmati suasana pulau juga diperbolehkan. Kegiatan yang bisa dilakukan di pulau ini adalah snorkling dan diving. Di bibir pantai kedalaman perairannya sangat dangkal. Menggunakan mata telanjang, traveler dapat melihat aneka terumbu karang dan ikan hias kecil warna warni.

Pulau Kanawa di Labuan Bajo Surga Pencinta Kesunyian
Spot Foto P. Kanawa | Pribadi

Bukit Kanawa

Jika traveler hanya ingin bermain di bibir pantai, bisa berswafoto dengan banyak spot foto instagramable seperti ayunan kayu, pohon dengan ranting unik atau hanya duduk dan bermain pasir. Di Pulau Kanawa terdapat bukit yang bisa  dicapai dengan treking. Bukit Kananwa ini tidak terlalu tinggi. Dari atas bukit traveler dapat melihat birunya langit dan hamparan laut lepas di bawah sana.

Tempat yang Hening

Pulau Kanawa yang indah dan sepi ini cocok sekali bagi traveler yang sedang mencari inspirasi atau sedang ingin menyendiri. Tempat ini sangat hening dan jauh dari keramaian. Jadi jika sudah sampai Labuan Bajo jangan lupa singgah ke Pulau Kanawa.

Nah itulah pengalaman traveling alam saya ketika mengunjungi Pulau Kanawa di Labuan Bajo Surga Pencinta Kesunyian. Bagaimana dengan teman semua ? Apakah pernah mengunjungi pulau – pulau yang ada di perairan dekat tempat tinggal kalian? Boleh share ya di kolom komentar. Terima Kasih.

Salam

 

Baca Juga : Wisata Kota Bogor dari Bangunan Eropa sampai Kebun Raya

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.