Cara Mencegah Kulit Wajah Kering Saat WFH

Masalah kulit wajah kering banyak dikeluhkan semua orang. Hal ini karena menimbulkan berbagai macam masalah yang membuat tidak nyaman. Mulai dari wajah gatal, jerawat, bruntusan,kulit wajah kaku sampai memerah.

Situasi pandemi yang belum berakhir menyebabkan banyak kegiatan dilakukan dari rumah saja atau dikenal dengan work from home (WFH). Sebagian besar orang menghabiskan waktu di depan layar piranti elektronik seperti gawai atau laptop. Posisi duduk yang menatap layar terus menerus mengakibatkan radiasi dari sinar layar piranti lunak mengenai kulit wajah.

Belum lagi saking sibuk dan konsentrasi terkadang lupa untuk makan minum dan mengistirahatkan pandangan dari layar piranti lunak. Akibatnya tubuh kurang gerak, kurang cairan dan berdampak pada kulit wajah kering.

Kulit wajah kering
Yang boleh dan tidak boleh dilakukan supaya kulit wajah tidak kering | ilustrasi bayufitri desain canva

Menghindari Kulit Wajah Kering

Tidak adanya nutrisi dan perlindungan dan asupan nutrisi sesuai serta perilaku atau kebiasaan tidak sehat turut andil membuat kulit wajah kering. Berikut cara yang harus dilakukan dan dihindari supaya kulit wajah tetap lembap.

Gunakan pelembap dan tabir surya
Menghadapkan wajah ke layar piranti lunak seperti laptop dan gawai akan terkena paparan cahaya biru atau high-energy visible (HEV). Dampak yang terjadi akibat seringnya wajah terpapar cahaya biru menimbulkan bercak coklat pada kulit wajah, warna menggelap dan beresiko kulit menjadi kering dan kasar.

Sesudah membersihkan wajah gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan wajah. Setelah itu gunakan tabir surya atau sunscreen. Penggunaan tabir surya dalam ruangan untuk melindungi dari paparan sinar ultraviolet yang masuk lewat kaca jendela rumah. Sinar ultraviolet yang masuk dalam kulit menimbulkan noda hitam dan kerut pada wajah.

Istirahatkan pandangan sejenak
Wajah berikut mata yang diarahkan pada layar piranti lunak terus menerus akan membuat otot seputar wajah kaku dan tegang. Pada kulit area mata biasanya akan kering, menghitam dan ada kerut halus.

Untuk mencegahnya istirahatkan pandangan selama satu jam sekali dari layar monitor atau gawai. Jika pada  pekarangan rumah ada tanaman hijau maka arahkan pandangan ke tanaman hijau. Menurut penelitian warna hijau membuat otot wajah menjadi lentur kembali.

Minum air putih lebih sering
Kegiatan yang terpaku di depan layar monitor sering kali tidak terasa sudah berlangsung sekian jam tanpa jeda. Rasa haus yang menyerang terkadang tidak terasa karena sering diabaikan. Alasannya “sedang tanggung” mengerjakan pekerjaan.

Akibat yang terjadi tubuh mengalami dehidrasi tanpa kita sadari. Otot akan menarik masa air tersisa sedangkan kita juga mengeluarkan keringat. Namun tidak diimbangi dengan masuknya cairan melalui air minum.

Untuk kulit wajah biasanya terasa kering dan kasar. Beberapa kasus banyak yang merasa gatal dan terasa sangat perih. Hal ini tentu membuat tidak nyaman. Solusinya sediakan botol minum berisi air putih di dekat layar monitor. Tujuannya supaya kita ingat untuk selalu minum air setiap beberapa menit sekali. Walaupun efeknya akan lebih sering berkemih namun itu lebih baik karena tubuh tidak kekurangan cairan. Sehingga kulit wajah terutama terjaga kelembapannya.

Kebiasaan Saat WFH

Mengerjakan pekerjaan saat wfh, selain butuh konsentrasi akan menyenangkan jika dibarengi kegiatan yang membuat hati gembira. Mendengar musik, makan dan minum yang disukai serta melakukan kegiatan lain sebagai pengusir rasa kantuk.

Camilan tinggi garam
Bekerja di depan layar piranti lunak sering membuat jenuh, capek dan letih. Supaya semangat bekerja di depan layar piranti lunak biasanya beberapa orang menyediakan camilan ringan instan. Umumnya yang mengandung rasa gurih, pedas, manis dan asin.

Konsumsi makanan tinggi garam menyebabkan perubahan warna pada kelopak mata dan kantung mata. Kandungan sodium pada garam di makanan camilan ringan instan dapat membuat lapisan bawah kulit menyerap banyak air. Akibatnya kulit wajah menjadi kering. Untuk itu batasi konsumsi camilan instan tinggi garam.

Sebagai gantinya pilih camilan berserat seperti buah-buahan dan sayuran. Bisa dimakan begitu saja dengan cara dipotong kecil – kecil atau di blender sebagai minuman tanpa pemanis buatan. Untuk sayuran bisa direbus begitu saja untuk dijadikan camilan atau dikonsumsi sebagai smoothie.

Saya pribadi senang merebus wortel yang sudah dipotong sepanjang ruas jari kelingking. Rasanya yang manis dan segar membuat saya senang dengan wortel rebus sebagai camilan sehat. Untuk mengatasi bau langu wortel bisa dicocol saus mayonese jika suka.

Merokok
Bekerja sembari merokok adalah kegiatan menyenangkan untuk sebagian orang. Kandungan nikotin pada rokok membuat pikiran dan mata terjaga sehingga tidak gampang mengantuk. Namun asap rokok yang terhirup kembali tentu tidak sehat untuk paru-paru. Selain itu asap rokok yang mengenai kulit wajah dapat menyebabkan kulit kering.

Nikotin yang terdapat pada rokok membuat aliran darah tidak lancar. Sehingga kulit menjadi kering, kusam, pucat dan bernoda. Selanjutnya akan timbul garis halus sebagai tanda keriput pada wajah.

Ambil Jeda

Melakukan pekerjaan secara terus menerus membuat kita lupa waktu. Biasanya saking terlalu sibuk dan asiknya kita lupa untuk sekadar makan, minum tidur dan olah raga. Hal ini akan mengganggu proses alami tubuh untuk meregenerasi sel organ tubuh.

Olah raga dan berjemur
Kulit wajah yang sehat membutuhkan asupan udara segar dan sinar matahari pagi. Untuk itu luangkan waktu sebelum asik berkegiatan di depan laptop dengan melakukan peregangan tubuh dan berjemur di bawah jam 10 pagi. Jangan lupa gunakan tabir surya pelindung wajah supaya terlindung dari sinar ultra violet.

Tidur yang cukup
Kurang tidur dapat membuat tubuh cepat letih dan lesu. Akibatnya kulit wajah kurang fresh dan sering timbul mata panda atau kantung mata hitam di bawah mata. Mengistirahatkan tubuh terutama kulit wajah dengan tidur yang cukup adalah suatu keharusan.

Sel kulit wajah akan mengalami regenerasi atau pengelupasan kulit secara alami ketika tubuh beristirahat. Untuk itu hindari paparan cahaya biru dari piranti lunak dalam waktu lama. Salah satu cara sederhana tindakan untuk perlindungan kulit dengan tidur yang cukup.

Demikian Cara Mencegah Kulit Wajah Kering Saat WFH. Jadi dengan melihat beberapa penyebab kulit wajah kering kita bisa menghindari berbagai penyebabnya. Bagaimana dengan teman semua? mempunyai pengalaman berkaitan dengan mengatasi kulit wajah kering saat WFH? Boleh share ya dikolom komentar.

Terima Kasih

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.