Begini Mencegah Dehidrasi Tubuh Dengan Cara Sederhana

Begini Mencegah Dehidrasi Tubuh Dengan Cara Sederhana. Tubuh setiap manusia sebagian besar terdiri dari air. Jika individu kekurangan cairan atau air maka fungsi kerja organ tubuh akan terganggu. Berkurangnya cairan karena ada air yang keluar melalui air seni, keringat dan penguapan secara alami.

Air dibutuhkan tubuh untuk menghantarkan dan menyerap panas. Kemudian menjaga kestabilan suhu tubuh dengan cara pendinginan. Minum air putih adalah salah satu anjuran umum untuk menjaga hidrasi tubuh seperti dikemukakan mbak Elva pada artikel di blognya.

Namun selain minum air putih dengan jumlah cukup, terdapat cara sederhana lainnya yang dapat dilakukan untuk menjaga hidrasi tubuh.

Mencegah Dehidrasi Tubuh
Mencegah Dehidrasi Tubuh

Tanda Dehidrasi dan Cara Mengatasi

Bahasa awam dehidrasi adalah kekurangan cairan. Pengalaman pribadi saya ketika dehidrasi tubuh mudah lelah, gampang mengantuk dan sakit kepala. Menurut info kesehatan, tanda dehidrasi menjadi sinyal awal jika tubuh memerlukan asupan cairan segera. Berikut tanda dehidrasi secara umum

1.Sakit Kepala. Dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala karena ada tarikan otak untuk memberikan cairan pada tubuh. Tarikan antara otak dan tulang tengkorak menyebabkan sakit kepala. Untuk mengatasinya minumlah air satu sampai dua gelas sedikit demi sedikit. Pengalaman pribadi saya, cara ini dapat meredakan rasa sakit kepala setelahnya.

2. Frekuensi buang air kecil dan warna urine. Jika frekuensi buang air kecil sangat jarang dalam kurun waktu 24 jam, maka tanda dehidrasi sudah terlihat. Kategori jarang jika buang air kecil hanya 1-2 kali saja dalam satu hari. Selain itu warna urine yang menggelap menjadi tanda jika asupan cairan ke dalam tubuh masih jauh dari cukup. Cara mengatasinya minumlah air mineral kurang lebih dua liter dalam satu hari.

3. Mudah Lelah. Kondisi tubuh yang sering lemah letih lunglai bahkan ketika sudah istirahat dapat menjadi indikasi dehidrasi. Hal ini terjadi karena tekanan darah sangat rendah akibat kurangnya cairan dalam tubuh. Dampak lain yang terjadi, sering mengantuk, sulit konsentrasi dan “bad mood”.

4. Mulut Kering. Merasa haus terus menerus menjadi mulut kering dan mengeluarkan bau tak sedap. Kurang minum dapat menyebabkan kelenjar saliva diproduksi sangat sedikit. Kondisi mulut yang kering dapat membuat bakteri berlebih tumbuh dalam mulut. Hal ini menyebabkan bau tak sedap.

5. Kulit Tubuh Tidak Elastis. Salah satu tanda dehidrasi dapat dilihat jika kulit tubuh kering. Tandanya jika dicubit kulit langsung berkerut dan membutuhkan waktu lama untuk kembali kebentuk semula. Selain itu kulit nampak bersisik, kering dan kusam.

Mencegah Dehidrasi Tubuh

Dehidrasi dapat terjadi karena kurangnya asupan makanan minuman yang mengandung cairan. Selain minum air putih atau air mineral, konsumsi makanan dan minuman yang mengandung air juga bisa dilakukan.

1.Minum air kelapa. Terdapat zat elektrolit dalam air kelapa yang dapat mencegah dehidrasi. Kandungan zat elektrolit seperti sodium, potasium, kalsium dan magnesium lebih tinggi dibandingkan air putih. Kekurangan zat elektrolit dapat menyebabkan rasa pusing. Air kelapa bermanfaat mengganti cairan tubuh yang hilang karena mengeluarkan keringat sehabis berolahraga.

2. Minum susu. Kandungan nutrisi dan elektrolit yang terdapat pada susu segar atau pasteurisasi dapat menggantikan hilangnya cairan atau dehidrasi. Minum susu sehabis berkeringat karena berkegiatan dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

3. Makanan yang mengandung air. Buah apel, semangka, metimun, melon, pear, strawberry dan tomat mempunyai kadar air yang mendekati 90%. Mengkonsumsi buah-buahan tersebut secara bergantian dapat menggantikan kurangnya asupan cairan dalam tubuh.

4. Gunakan pelembab tubuh. Kulit kering adalah tanda dehidrasi tampak luar. Menggunakan pelembab dapat mengatasi kekeringan yang terjadi pada kulit. Tentunya tidak melupakan untuk konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung air.

5. Tidak konsumsi alkohol. Kandungan zat tertentu pada minuman alkohol dapat menyebabkan seringnya pengeluaran air seni atau urine. Minuman alkohol bersifat diuretik yaitu membuang kelebihan air danĀ  garam dalam tubuh.

6. Minum Isotonik. Kandungan isotonik berupa karbohidrat, elektrolit dan mineral. Selain itu minuman isotonik memiliki kandungan kepekatan gula dan garam seperti yang terdapat dalam tubuh. Oleh sebab itu bagi olahragawan atau orang yang baru melakukan kegiatan berolahraga dianjurkan minum isotonik untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

7. Menggunakan alat pelindung tubuh. Ketika berkegiatan di tempat yang bersuhu terik dan panas, gunakan alat pelindung tubuh. Seperti topi, payung kaca mata dan tabir surya. Paparan sinar matahari langsung dapat mempercepat penguapan air dari dalam tubuh melalui kelenjar keringat. Selain itu tubuh membutuhkan tenaga ekstra untuk melakukan pendinginan suhu. Untuk itu usahakan membawa botol air mineral atau buah-buahan dengan kadar air tinggi untuk dikonsumsi.

Kesimpulan

Dehidrasi dapat dialami siapa saja. Untuk itu mencegah supaya tubuh tidak dehidrasi adalah jalan keluar terbaik. Satu yang harus selalu kita ingat minumlah air putih atau air mineral untuk cukupi hidrasi tubuh. Kemudian usahakan mengasup makanan yang banyak mengandung air. Demikian uraian artikel Begini Mencegah Dehidrasi Tubuh Dengan Cara Sederhana. Bagaimana dengan teman semua? Apakah ada cara lain mengatasi dehidrasi? Boleh di share ya dikolom komentar. Terima Kasih.

Salam

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.