Printer Multifungsi Bikin Usaha Online Semakin Keren

Printer Multifungsi Bikin Usaha Online Semakin Keren saat pandemi. Usaha online saat ini menjadi pilihan untuk mendapatkan pemasukan. Situasi pandemi yang belum berakhir berimbas pada semua bidang. Banyak orang berkurang atau terhenti pendapatan tetapnya akibat dirumahkan dari tempat bekerja. Meskipun demikian pemenuhan kebutuhan harian tetap harus berjalan.

Usaha online yang dilirik dan mempunyai pangsa pasar luas adalah produksi makanan rumahan. Setiap orang butuh makan. Namun di tengah situasi pandemi dengan ruang gerak terbatas, sebagian orang memilih membeli makanan produksi rumahan. Selain lebih praktis dan rasanya dapat dikondisikan sesuai permintaan konsumen , harga yang ditawarkan terjangkau.

Pemasaran Usaha Online

Untuk dapat sukses menjalankan bisnis makanan rumahan dibutuhkan kemauan, kerja keras dan mampu melakukan pendekatan kepada calon pembeli. Termasuk dalam hal ini adalah pemasaran produk makanan rumahan menggunakan sosial media dengan memperhatikan syarat berikut;

1. Foto produk harus jelas
Untuk memastikan produk kita menarik di mata calon pembeli maka salah satu cara dengan menampilkan foto menarik. Terlebih jika pemasaran produk menggunakan sosial media. Sudut pengambilan foto akan mempengaruhi penilaian untuk keputusan pembelian produk.

2. Tampilan produk menarik
Presentasi atau penyajian produk ketika di foto harus menarik. Jika diperlukan dapat menggunakan properti atau piranti sebagai dekorasi pelengkap. Tampilan produk yang estetik dan indah dipandang bisa mengantarkan pesan yang ingin disampaikan produk itu sendiri.

Sebagai contoh, produk pakaian jika dikenakan pada model maka pembeli yang melihat foto dapat membayangkan kenyamanan menggunakan pakaian tersebut.

Sedangkan untuk tampilan produk makanan, akan memberikan imajinasi organoleptik berupa aroma, tekstur, rasa dan warna. Sebagian besar calon pembeli dapat membayangkan rasa makanan hanya dari tampilan produk menarik ketika difoto.

3. Kemasan produk aman.
Memasarkan produk secara online berarti menggunakan packaging atau pengemasan. Membuat kemasan yang aman, mutlak dilakukan penjual supaya produk tetap utuh sampai ke tangan konsumen.

Beberapa properti tambahan untuk keamanan kemasan diberikan penjual supaya barang terlindung dari benturan ketika proses pengantaran. Contohnya penggunaan bubble wrap, kotak karton keras, plastik tahan air, es kering untuk makanan beku, tali pengikat, dan kertas pembungkus tahan air.

Narasi Produk Online

Keterangan bahan pembuat.
Banyaknya penjual produk yang menggunakan sosial media sebagai sarana promosi tentu menghasilkan banyak pesaing. Salah satu cara supaya produk dilirik calon pembeli dengan menulis deskripsi produk. Beberapa produk makanan dilengkapi tutorial memasak bahan baku.  Sedangkan untuk  produk non makanan dilengkapi dengan cara mengoperasionalkan atau tutorial pemasangan.

Harga jual produk
Promosi produk melalui sosial media secara umum menjual dan memperkenalkan informasi produk supaya calon pembeli tertarik membeli. Untuk itu pencantuman harga jual harus jelas. Beberapa produk dijual dengan berbagai jenis varian. Supaya calon pembeli tidak bingung maka cantumkan saja keterangan harga pada masing-masing  varian produk tersebut.

Wujud produk relevan
Jika produk sudah dipesan pembeli maka pastikan wujud tampilan produk yang dikirim relevan dengan foto produk pada sosial media. Wujud produk yang tidak relevan antara foto dengan produk yang sampai ke tangan pembeli berakibat kekecewaan. Ujungnya pembeli tidak percaya lagi pada penjual.  Hal ini harus dihindari jika penjual ingin usaha onlinenya terus berjalan.

Merek Produk

Beberapa orang ketika memulai usaha belum serius memikirkan merek produk. Akibatnya ketika usaha sudah berkembang, mengalami kesulitan memberi merek.

Merek adalah identitas produk untuk dikenal dan diingat pembeli. Gunakan nama singkat kekinian dan menggambarkan wujud produk sebenarnya. Supaya merek dikenal orang maka cetak pada selembar kertas dan tempelkan pada kemasan. Metode membuat serta mencetak merek secara sederhana dapat menggunakan printer multifungsi.

Pengalaman Menggunakan Printer Multifungsi

Ceu Nana adalah sahabat saya. Beliau berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang menekuni usaha pembuatan donat rumahan. Produk donatnya saat ini berhasil mengisi display salah satu coffe shop ternama di kota tempat tinggal kami.

Usaha Ceu Nana yang sudah berkembang berawal dari perjuangan berliku. Awal mula saya dimintakan pendapat mengenai produk donat yang berniat dipasarkan. Setelah mengalami berbagai koreksi akhirnya tercipta donat rumahan ala Ceu Nana.

Pesanan Berdatangan

Ketika mulai memasarkan donat, Ceu Nana menggunakan sosial media sebagai sarana promosi. Dibantu saya dan beberapa teman hampir setiap pekan kami pasarkan donat buatan Ceu Nana melalui laman sosial media masing-masing. Sampai akhirnya pesanan donat berdatangan.

Semakin lama banyak orang bertanya tentang merek donat tersebut. Sebenarnya akun sosial media Ceu Nana sudah mencantumkan merek. Hanya saja kemasan donat yang sampai ke tangan pembeli masih terbilang sederhana dan tanpa merek.

Printer Multifungsi untuk Cetak Merek

Sejak peristiwa tersebut Ceu Nana berkeinginan membuat stiker merek donat yang dicetak pada kertas. Karena keterbatasan dana akhirnya saya sarankan menggunakan printer multifungsi yang ada di rumah untuk mencetak stiker kertas merek donat. Ceu Nana memberi nama “Donat MaNana.”

Stiker merek donat yang dicetak dengan printer multifungsi | pribadi

Kini usaha donat Ceu Nana berkembang dan alhamdulillah dapat mencukupi kebutuhan keluarga. Sebagai sahabat saya sangat senang melihatnya. Semoga usaha “Donat MaNana” semakin berkembang laris manis tanjung kimpul.

Printer HP Deskjet Ink Advantage 2337

Printer HP Deskjet Ink Advantage 2337 All-in-One Printer adalah printer multifungsi yang dapat digunakan pada skala rumah tangga hingga usaha menengah. Printer HP Deskjet A4 Color Designjet Ink Advantage ini mempunyai keunggulan yang mumpuni.

Keunggulan printer ini meliputi; mencetak, memindai  dan menggandakan dokumen. Kecepatan cetaknya termasuk hemat karena bisa mencetak 7,5 ppm untuk cetak tinta hitam dan 5,5 ppm untuk cetak tinta berwarna. Kualitas cetak yang dihasilkan apabila berupa gambar sangat jelas dan natural. Terlebih menggunakan kartrid tinta asli dari HP.

Printer Multifungsi
Printer HP Deskjet Ink Advantage 2337 | store.hp.com

Tersedia port 1 Hi-Speed USB 2.0 untuk menghubungkan kabel data dengan laptop maupun PC. Keunggulan lain, printer multifungsi ini dapat terhubung dengan ponsel pintar untuk mencetak dokumen menggunakan fitur perangkat lunak yang dibeli secara terpisah.

Untuk menjalankan operasional printer terdapat 5 tombol yang terdiri dari tombol cancel, tombol resume, tombol mono copy, tombol color copy dan tombol power. Tutup printer atau flatbed scanner didesain untuk melakukan pemindaian. Adapun bobot dari printer ini seberat 3,42 kg. Dimensi panjang 425,2 mm, lebar 304,1 mm dan tinggi 49,1 mm. Ketersediaan warna printer yang ditawarkan ada 3 yaitu; lavender, white, palm.

Printer serbaguna
Printer HP 2337 | store.hp.com

Menggunakan printer multifungsi HP Deskjet Ink Advantage 2337  sangat membantu sekali terutama usaha bisnis online skala ukm dan umkm. Pekerjaan membuat stiker merek sampai cetak dan memindai dokumen baik berwarna maupun hitam putih mudah dilakukan. Jadi gunakan saja Printer HP Deskjet Ink Advantage 2337 All-in-One Printer untuk kemudahan bisnis online Anda.

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.