Pilihan Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan Saat Pandemi

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Bagi yang ingin menambah pendapatan, tidak ada salahnya mencoba usaha rumahan di bulan Ramadhan. Selama pandemi ruang gerak dibatasi. Sebagian masyarakat dalam memenuhi pembelian kebutuhan sandang dan pangan cenderung menggunakan layanan berbasis online. Peluang ini yang dapat dimanfaatkan jika ingin menambah pendapatan. Berikut usaha rumahan di bulan Ramadhan saat pandemi.

Usaha rumahan di bulan Ramadhan
Berbagai makanan ringan sebagai usaha rumahan

Makanan sebagai Usaha Rumahan di Bulan Ramadhan

Bahan pangan mentah
Menjalankan ibadah Ramadhan salah satunya dengan berpuasa menahan dahaga dan lapar. Untuk itu dibutuhkan stamina dan energi yang prima. Mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi adalah jalan terbaik supaya kita dapat berpuasa tanpa halangan.

Bahan pangan mentah yang segar dibutuhkan ibu rumah tangga untuk memasak.Kesegaran bahan pangan mentah berpengaruh terhadap kandungan nutrisi yang akan dihasilkan.

Ditengah situasi pandemi, penjualan bahan pangan mentah secara online dapat menjadi solusi bagi sebagian besar ibu rumah tangga. Jadi bagi yang berniat membuka usaha penyediaan bahan pangan mentah nan segar ini bisa jadi peluang. Sebagai pembeda bisa sekaligus dengan layanan jasa hantar barang hingga sampai ke tangan pelanggan.

Makanan atau minuman siap masak atau siap saji
Menyiapkan makanan atau minuman saat berbuka dan sahur di bulan Ramadhan membutuhkan energi dan waktu yang sedikit menyita waktu. Terlebih bagi ibu rumah tangga yang masih disibukkan dengan mengasuh anak balita.

Bagi sebagian besar keluarga, membeli makanan rumahan adalah jalan keluar terbaik. Selain rasa makanan bisa sesuai permintaan, lebih hemat waktu dan tenaga. Tidak perlu keluar rumah apalagi situasi pandemi belum usai.

Bagi pelaku usaha yang bergerak di usaha makanan rumahan, ini menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan. Makanan rumahan yang disajikan saat Ramadahan tentu harus memenuhi kandungan nutrisi, dimasak dalam keadaan baru, bersih dan enak ketika disantap.

Jenis makanan rumahan bisa dalam bentuk katering maupun dijual perporsi. Selain makanan utama pelaku usaha rumahan bisa menjual makanan ringan atau minuman berbuka puasa. Mendekati hari raya pelaku usaha makanan rumahan dapat menawarkan aneka hidangan siap saji untuk disajikan pada hari raya. Bisa menjual secara paket ataupun terpisah.

Pemasaran tentu saja dilakukan dalam jaringan atau secara online menggunakan sosial media. Untuk pengantaran bisa bekerjasama dengan aplikasi layanan hantar atau menggunakan sumber daya layanan hantar sendiri. Contoh makanan siap saji seperti; lauk pauk opor ayam, rendang, gulai pakis, ikan goreng, ayam ungkep, semur jengkol dan sebagainya. Sedangkan aneka makanan dan minuman ringan seperti; manisan kolang –  kaling, es cendol, aneka puding, aneka es buah dan sebagainya.

Aneka Jasa Layanan

Membersihkan rumah
Idealnya menjalani Ramadhan dengan banyak beribadah. Namun tidak bisa mengabaikan kebersihan tempat tinggal yang kita huni. Hanya saja terkadang waktu dan tenaga tidak cukup tersedia untuk membersihkan rumah.

Tersedianya layanan jasa membersihkan rumah menjadi solusi bagi sebagian rumah tangga. Namun perlu diingat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Jasa membersihkan rumah ini sebaiknya berpartner karena akan membutuhkan beberapa tenaga operasional dilapangan.

Area rumah yang dibersihkan bisa ditawarkan mulai dari dalam rumah, luar rumah, halaman rumah atau area sekitar rumah.

Perlengkapan ibadah
Perlengkapan ibadah yang bersih dan baru menjadi semangat untuk banyak orang. Mukena, sajadah, peci, baju koko adalah perlengkapan ibadah yang memungkinkan untuk senantiasa diperbaharui. Belum lagi jika dibeli untuk dijadikan hantaran bagi handai taulan.

Bagi pelaku usaha kecil yang ingin menjual perlengkapan ibadah tidak harus membuat sendiri. Bisa dengan cara reseller, dropshipper maupun menjual dengan stok contoh barang. Paling umum, pelaku usaha dapat membeli produk perlengkapan ibadah pada produsen yang menjual dengan harga grosir untuk dijual secara retail. Pemasarannya tentu menggunakan media online.

Perawatan kecantikan
Tubuh yang sehat, bersih dan terawat menjadi sumber semangat dalam menjalankan ibadah. Terlebih mendekati hari raya dimana setiap orang ingin mempunyai penampilan yang segar dan bugar. Selama pandemi sebagian besar orang enggan melakukan perawatan tubuh seperti memotong rambut, menyemir rambut, spa, creambath dan sebagainya.

Layanan jasa potong rambut dan perawatan tubuh lainnya dapat menjadi peluang bagi pelaku usaha. Pengguna jasa layanan ini pastinya merasa terbantu karena tidak perlu ke luar rumah. Tubuh terawat, kesehatan terjaga, waktu dan tenaga pun bisa lebih hemat.

Persiapan Hari Raya

Hantaran Hari Raya
Menjelang hari raya tidak afdol rasanya tanpa ada camilan kue kering pengisi stoples. Walaupun sebagai tuan rumah tidak menerima tamu yang berkunjung karena situasi pandemi, namun setidaknya aneka kue kering disdiakan untuk dinikmati bersama keluarga satu rumah.

Untuk mengobati kerinduan pada handai taulan dan kerabat, sebagai gantinya akan ada hantaran hari raya. Biasanya berupa bingkisan kue kering dan buah yang dikemas dalam parcel. Pembuatan parcel atau bingkisan lebaran ini dapat menjadi peluang bagi pelaku usaha rumahan. Isi hantaran tidak melulu hanya berupa kue kering namun dapat dipesan sesuai permintaan pelanggan.

Peralatan rumah tangga
Peralatan rumah tangga seperti AC perlu dibersihkan dan dijaga daya tahannya. Service kompor atau oven gas juga diperlukan mengingat kompor atau oven akan digunakan lebih sering menjelang hari raya untuk memasak hidangan.

Jika pelaku usaha mempunyai keahlian maka dapat menawarkan jasa maintenance peralatan rumah tangga dengan datang ke rumah pelanggan.

Perawatan perangkat elektronik
Masa pandemi mengakibatkan banyak kegiatan luar ruang berpindah kedalam dunia maya atau dalam jaringan. Piranti lunak adalah alat yang dapat memperlancar semua pekerjaan. Mulai dari kegiatan sekolah, berniaga, bisnis, pekerjaan kantor sampai melakukan webinar. Laptop dan gadget adalah dua alat elektronik yang selalu siaga pada setiap rumah tangga.

Intensitas pemakaian kedua alat tersebut menjadi sangat tinggi. Sehingga kemungkinan terjadi error maupun kerusakan sangat mungkin terjadi. Untuk memperbaiki tentu harus dilakukan ahli teknik handal. Namun untuk pergi ke luar rumah dan melakukan service dirasakan beresiko mengingat situasi masih pandemi.

Bagi pelaku usaha kecil situasi tersebut dapat menjadi peluang yang menarik jika mempunyai keahlian memperbaiki perangkat elektronik. Memberikan layanan perbaikan dan maintenance perangkat elektronik yang dapat datang ke tempat pelanggan adalah nilai lebih. Karena pelanggan tidak perlu pergi ke luar rumah hanya untuk melakukan service perangkat elektronik.

Demikian tips ide Pilihan usaha rumahan di bulan Ramadhan saat pandemi. Bagaimana dengan teman semua? Apakah mempunyai ide peluang usaha lain selama Ramadhan untuk menambah pemasukan? Bisa share ya di kolom komentar. Terima Kasih

Salam

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.