Begini Cara Hasilkan Cuan Via Pendanaan UMKM

Berbagai cara dilakukan orang supaya mendapatkan manfaat ekonomi di masa depan. Salah satunya mengambil bagian dalam pendanaan UMKM. Usaha Kecil Mikro Menengah adalah salah satu penopang perekonomian negara. Dikatakan demikian karena UMKM turut andil membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

UMKM adalah kegiatan produktif atas prakarsa individu atau kelompok yang berdiri sendiri. Omset maksimal UMKM menurut UU tentang Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Nomor 20 tahun 2008 terentang dari Rp.300 juta sampai Rp.50 miliar per tahun.

Rincian aset di luar tanah dan bangunan serta omset usaha dapat dijelaskan sebagai berikut; Usaha Mikro dengan aset maksimal Rp.50 juta diperkirakan memperoleh omset maksimal Rp.300 juta per tahun. Usaha Kecil dengan aset lebih dari Rp.50 juta setidaknya memperoleh omset maksimal Rp.2,5 miliar per tahun. Usaha Menengah dengan aset lebih dari Rp.500 juta dapat menghasilkan omset sampai dengan Rp.50 miliar per tahun.

Pendanaan UMKM via Akseleran

Peer-to-peer-lending adalah layanan jasa keuangan yang mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman. Layanan ini disebut P2P Lending di mana menggunakan sistem jaringan internet berbasis teknologi informasi.

Akseleran adalah salah satu P2P Lending yang memiliki legalitas karena secara resmi sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga semua kegiatan Akseleran sudah mengikuti kode etik dan kebijakan yang diberlakukan oleh OJK. Tidak hanya itu, Akseleran sudah tersertifikasi ISO27001 Full Scope sehingga dalam operasionalnya fokus pada perlindungan konsumen.

Pendanaan UMKM
Web Akseleran | akseleran.co.id

Bagaimana Pendanaan UMKM di Akseleran Bekerja?

Akseleran menjadi penghubung permodalan dari pemberi pinjaman (lender) kepada pelaku usaha UMKM (borrower) dengan suku bunga kompetitif dan jangka waktu pinjaman yang fleksibel. Setiap kegiatan menyangkut pendanaan selalu satu paket dengan resiko yang harus ditanggung.

Untuk itu perlu adanya mitigasi resiko. Akseleran menyarankan lender untuk menyebar Pendanaan UMKM pada beberapa peminjam dana. Pinjaman dana yang didapatkan borrower sendiri bervariasi mulai dari Rp.200 juta sampai dengan Rp.2 miliar.

Sebelum memberikan pinjaman dana, lender dapat melihat informasi usaha dari calon peminjam yang diulas dalam kampanye pinjaman. Ini dikelompokkan menjadi lebih dari 100 kategori. Mulai dari advertising, food distribution, food processing sampai transportation. Selanjutnya lender dapat melihat info keuangan  berupa jenis pinjaman seperti business loan sampai portofolio financing.

Kemudian ada jangka waktu pinjaman mulai dari 1 bulan atau hingga 12 bulan. Tersedia juga  tingkat suku bunga efektif yang diterapkan untuk dana yang dipinjamkan. Fokus penyaluran pinjaman usaha oleh Akseleran berbasiskan agunan invoice financing dan pre – invoice financing. Informasi agunan ini juga tertera dalam keterangan kampanye calon peminjam dana.

Cara Memberikan Pinjaman Dana

Mendapatkan cuan hasil dari pemberian pinjaman di Akseleran melalui proses yang sangat mudah dan sederhana. Setelah membuat akun, maka lengkapi data pribadi. Jika sudah, pilih jenis usaha yang akan lender berikan pinjaman pendanaan. Bagi hasil yang didapat lender hingga 21% per tahun. Transaksi aman karena dilindungi asuransi kredit. Selain itu, nominal pemberian pinjaman terjangkau mulai dari Rp.100.000.

Setelah proses pemberian pinjaman dana selesai, maka akan ada konfirmasi dari Akseleran berupa ringkasan pemberian pinjaman. Isinya berupa jumlah pinjaman yang tersalurkan dari lender ke borrower, besarnya bunga pinjaman serta nominal jumlah target pengembalian pinjaman dana.

Mengapa Pilih Akseleran

Sebagai platform P2P, Akseleran memberi kesempatan bagi pemberi pinjaman (lender) untuk mengembangkan dananya dan memperoleh cuan. Selain sudah berizin dan diawasi OJK, Akseleran mempunyai fasilitas menarik bagi lender sebagai berikut;

1. Proteksi Asuransi
Akseleran memberikan perlindungan berupa asuransi kredit untuk menekan resiko gagal bayar dari peminjam atau borrower sebesar 90 % dari dana pokok tertunggak. Perlindungan dilakukan Akseleran supaya lender merasa terlindungi dari kemungkinan resiko yang terjadi.

2. Pinjaman karyawan
Tersedia pinjaman untuk karyawan perusahaan yang berpartner dengan Akseleran. Para karyawan bisa memperoleh pinjaman sebesar 1 bulan gaji dengan jangka waktu pinjaman yang fleksibel. Jenis perusahaan yang dapat bekerja sama dengan Akseleran dalam memfasilitasi karyawan untuk mendapatkan pinjaman seperti marketplace, institusi lender dan community brand.

3. Ajak teman dapat bonus
Cuan yang diperoleh lender tidak hanya dari pemberian pinjaman kepada borrower, melainkan juga melalui kode referral. Kode referral ini dapat dibagikan pada teman lender dan mereka akan mendapatkan saldo dana awal sebesar Rp100.000. Jika selama 6 bulan teman lender yang menerima kode referral melakukan top up dengan uang pribadinya dan meminjamkan ke kampanye-kampanye pinjaman yang tersedia di platform Akseleran, maka lender yang memberikan kode referral berhak mendapatkan 0,5% dari saldo awal referral. Dananya langsung masuk ke akun Akseleran lender.

4. Fitur Auto Lending
Akseleran mempunyai fitur Auto Lending. Manfaat fitur ini untuk mengatur kriteria peluang pendanaan yang diinginkan lender. Mulai dari skala pinjaman, bunga efektif, lama pinjaman serta ada atau tidaknya agunan dari calon borrower.

Kode Referral Untuk Saldo Awal Gratis Pendanaan

Bagi yang berminat ingin belajar mengembangkan cuan melalui Akseleran, tersedia saldo gratis pendanaan sebesar Rp. 100.000. Syarat mendapatkannya, masukkan kode ASKLBAYU407827 pada kolom referral.

Setelah menerima saldo gratis segera salurkan dana pada calon peminjam atau borrower yang profil usahanya tersedia pada kampanye pinjaman. Masa berlaku saldo gratis ini hanya 7 hari saja. Jika tidak melakukan penyaluran pendanaan maka saldo gratis ini menjadi hangus. Sebagai catatan saldo pendanaan gratis tidak dapat ditarik jika belum disalurkan untuk pendanaan calon borrower di Akseleran.

Tutorial Lender Baru Akseleran

• Download Aplikasi Akseleran di AppStore atau PlayStore
• Buka Aplikasinya, baca info singkatnya klik daftar
• Masukkan Email dan Password, centang persetujuan kebijakan privasi dan selesaikan dua langkah       verifikasi
• Masukkan kode referral ASKLBAYU407827 untuk dapat saldo gratis Rp.100.000, setelahnya ada notifikasi singkat “Selamat Anda Mendapatkan Saldo Promo”
• Verifikasi Akun Anda: Email dan Nomer Hp pastikan yang aktif
• Tunggu kode OTP yang akan dikirimkan melalui Nomer Hp aktif terdaftar
• Pilih preferensi sebagai Lender
• Pilih tipe perorangan

P2P Lending
Cara daftar akun lender Akseleran | desain Bayu Fitri ilustrasi canva

Pada akun profil, isi data diri dengan lengkap sampai proses dinyatakan BERHASIL. Selanjutnya investasikan saldo PROMO 100 RIBU. Caranya pilih kampanye mana yang mau diberikan pinjaman dengan dana promo Rp.100.000 tersebut. Selanjutnya klik BERI PINJAMAN.  Dana pinjaman berikut bagi hasilnya dapat ditarik dan masuk ke akun Akseleran lender setelah jangka waktu pinjaman borrower berakhir.

Demikian review mengenai Cara Hasilkan Cuan Via Pendanaan UMKM di Akseleran. Menarik bukan? Yukk jadi pendana UMKM di Akseleran mumpung ada saldo gratis Rp. 100.000 dengan masukkan kode referral ASKLBAYU407827.

Salam

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.