Cara Bijak Menggunakan Pinjaman Online

Pinjaman online menjadi solusi bagi yang membutuhkan dana cepat. Mudahnya persyaratan pengajuan pinjaman menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini sejalan dengan semakin tinggi kemampuan masyarakat menggunakan aplikasi digital produk keuangan pada perangkat elektronik pintar.

Berbagai jenis jasa pinjaman online saat ini dapat dipilih. Aneka kemudahan dan keuntungan ditawarkan perusahaan pemberi pinjaman kepada nasabah. Mulai dari pilihan rentang jumlah pinjaman, bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan sampai dengan jangka waktu serta bunga pinjaman yang kompetitif.

Pinjaman online
Cara bijak menggunakan pinjaman online | desain Bayu Fitri ilustrasi canva

Bijak Menggunakan Pinjaman Online

Namun kemudahan yang diberikan pihak pemberi dana pinjaman sebaiknya tidak membuat peminjam menjadi terlena tanpa perhitungan matang. Saat mengajukan pinjaman dan mendapat dana sebaiknya peminjam mulai berpikir sumber dana untuk mengembalikan pinjaman.

Gunakan pinjaman online untuk solusi kebutuhan bukan keinginan. Seperti dikemukakan Bang Aidil Akbar praktisi keuangan terkemuka. Kebutuhan adalah sesuatu yang harus dipenuhi jika tidak terpenuhi maka yang sakit adalah tubuhnya. Sedangkan keinginan jika tidak terpenuhi maka yang sakit adalah gengsinya.

Pertanyaannya apa saja kebutuhan yang harus terpenuhi? Tentu saja kebutuhan utama yang harus terpenuhi meliputi pangan, sandang dan papan. Sedangkan berkaitan dengan keinginan bisa saja hal ini kita usahakan sepanjang tidak mengganggu keuangan untuk mencukupi kebutuhan. Contoh keinginan seperti; berwisata, membeli perangkat elektronik baru dan sebagainya.

Pinjaman Online untuk Kebutuhan

Jika pangan, sandang dan papan terpenuhi maka ada kebutuhan lain yang mungkin membutuhkan dana cepat. Hal ini tidak dapat dihindari mengingat situasi dan kondisi ekonomi berubah setiap saat tanpa dapat diprediksi. Gunakan skala prioritas ketika akan menggunakan pinjaman online sebagai pemenuhan kebutuhan. Pemenuhan kebutuhan yang memerlukan pinjaman online antara lain;

Modal Usaha
Menurunnya pendapatan pada situasi saat ini membuat banyak orang mencoba berbagai cara untuk mendapatkan sumber pemasukan baru. Salah satunya dengan membuka usaha rumahan sederhana yang dipasarkan secara online. Ada yang berjualan makanan matang, bahan pangan segar, perlengkapan ibu dan anak, minuman herbal dan masih banyak lagi.

Apapun jenis usaha yang dijalankan tentu membutuhkan permodalan. Pinjaman online dapat menjadi solusi cepat bagi pelaku usaha supaya usaha berjalan. Satu hal yang harus diingat ketika sudah mendapatkan pinjaman online gunakan dana hanya untuk mengembangkan usaha. Kemudian pisahkan keuangan untuk usaha dan keuangan pribadi. Tujuannya supaya omset dari hasil usaha terlihat dan bisa digunakan untuk mengembalikan pinjaman online.

Biaya Pendidikan
Pendidikan adalah kunci masa depan seorang anak. Maka bagi orang tua menyekolahkan anak sampai tingkat pendidikan tetinggi adalah suatu keharusan. Namun terkadang alokasi biaya pendidikan yang sudah disiapkan terpakai untuk pemenuhan kebutuhan lain. Sedangkan biaya sekolah tidak dapat menunggu. Maka solusi paling cepat dengan memanfaatkan pinjaman online untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Renovasi Rumah
Papan atau tempat tinggal menjadi kebutuhan dasar manusia. Terkadang karena usia dan pergantian cuaca, kondisi rumah mengalami penurunanan kekuatan. Misalnya atap rumah yang bocor, tembok yang rembes, kayu penyangga atap yang sudah lapuk dan sebagainya. Hal ini jika dibiarkan tentu menganggu kenyamanan dan keselamatan penghuni rumah.

Melakukan perbaikan bagian rumah yang rusak harus segera dilakukan. Untuk itu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Solusi tercepat dengan mengajukan pinjaman online supaya dapat segera melakukan perbaikan tempat tinggal.

Tunaiku Solusi Keuangan Kekinian

Sebagai produk pinjaman online tanpa agunan berbasis aplikasi dari PT. Bank Amar Indonesia Tbk, Tunaiku bagaikan oase bagi masyarakat yang membutuhkan dana segar. Berbagai keunggulan  ditawarkan Tunaiku antara lain;
1.  Jumlah pinjaman Rp.2 juta – Rp. 20 juta
2. Bunga Pinjaman flat sebesar 3-4% perbulan
3. Jangka waktu pinjaman 2 – 20 bulan
4. Biaya administrasi Rp.54.000 (dimasukkan ke cicilan bunganya)

Untuk persyaratannya antara lain; WNI dengan usia peminjam antara 21 – 55 tahun. Kemudian mempunyai identitas (e-KTP) dan penghasilan tetap setiap bulannya. Sedangkan untuk domisili dan tempat kerja calon peminjam disyaratkan berada di wilayah operasional Tunaiku. Daerah operasional Tunaiku mencakup area kota – kota besar di Pulau Jawa, sebagian Sumatera (Medan, Palembang dan Pekanbaru) serta Makassar dan Denpasar. Istimewanya lagi pinjaman yang diberika Tunaiku tanpa menggunakan agunan.

Syarat pinjaman online
Syarat pengajuan Tunaiku | desain Bayu Fitri Ilustrasi canva

Legalitas dan Program Unggulan

Sebagai produk keuangan, Tunaiku menawarkan keamanan dan kenyamanan bagi nasabah. Satu hal yang pasti Tunaiku terjamin aspek legalitasnya. Selanjutnya mempunyai program unggulan yang dapat memberikan tambahan pendapatan bagi nasabah.

Legalitas
Tunaiku sebagai platform pinjaman online adalah produk perbankan dari Bank Amar. Dari segi legalitas produk Tunaiku sangat aman dan tepercaya. Karena selain merupakan produk bank langsung juga terdaftar dan diawasi OJK.

Program Unggulan
Bank Amar sebagai perusahaan yang mengeluarkan produk Tunaiku, membuat program referensi pinjaman Tunaiku. Pemberi referensi ini disebut agen referral. Keuntungan bagi agen referral yang bisa mengajak orang lain menggunakan Tunaiku maka pemberi refferal akan mendapatkan insentif. Edukasi yang diberikan agen referral antara lain ; menginformasikan cara pembayaran cicilan yang benar dan mengingatkan pembayaran cicilan berdasarkan kesadaran diri sendiri.

Pendapatan dari Program Referral Tunaiku
Setiap nasabah Tunaiku yang mengikuti program referral berhak mendapatkan insentif. Ada dua jenis program referral di Tunaiku yaitu Silver dan Gold.

Perbedaannya jika memilih program Silver maka insentif sebesar Rp.30.000 per aplikasi akan dibayarkan sesuai syarat dan ketentuan peminjaman di Tunaiku. Sedangkan jika memilih program Gold maka ada insentif sebesar Rp.200.000 per aplikasi  yang sudah cair pinjamannya.

Jadi selain mendapatkan pinjaman online di Tunaiku, nasabah juga bisa memperoleh pendapatan melalui program referral. Demikian review mengenai Cara Bijak Menggunakan Pinjaman Online. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.