UKT UI Melalui Kampus Impian Meraih Masa Depan Gemilang

UKT UI Melalui Kampus Impian Meraih Masa Depan Gemilang. Masuk perguruan tinggi negeri ternama adalah impian semua calon mahasiswa. Karena dari sini awal mula perjuangan untuk mencapai jenjang sukses di dunia kerja.

Keberhasilan lolos seleksi masuk kampus idaman tentu menjadi sebuah prestasi dan kebanggaan tersendiri. Selanjutnya calon mahasiswa harus mencari informasi berkaitan dengan biaya yang harus dipersiapkan sebelum awal perkuliahan dimulai.

UKT UI Melalui Kampus Impian
Pendidikan Tinggi | Freepik

Universitas Indonesia (UI)

Sebagai kampus tertua di Indonesia, UI menjadi perguruan tinggi negeri favorit bagi calon mahasiswa. Kampus terbesar ada di Depok Jawa Barat dengan beberapa fakultas ilmu teknik, ilmu sosial serta vokasi. Sedangkan untuk fakultas kedokteran ada di Salemba Jakarta Pusat.

Cara Mendaftar di UI

Penerimaan mahasiswa UI ada beberapa kelompok.

1. Seleksi Masuk

SIMAK-UI adalah seleksi masuk terpadu bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di UI. Kegiatan ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. Seleksi masuk untuk semua program pendidikan mulai dari Sarjana Reguler, Sarjana Kelas Paralel, Profesi, Magister, Doktor dan Program Vokasi (D3). Syarat mengikuti SIMAK-UI mempunyai ijasah kelulusan ujian nasional, ijasah Paket C, sertifikat A level dan IB Diploma.

2. SNMPTN

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) diselenggarakan Panitia Pelaksana dibawah Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Program ini ditujukan untuk siswa – siswi berprestasi dari sekolah yang terdaftar pada SNMPTN. Penerimaan calon mahasiswa menggunakan prestasi akademik atau nilai raport.

3. Jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar

Penerimaan mahasiswa pada jalur ini ditujukan untuk siswa – siswi berprestasi akademik. Berlaku untuk program S1 Paralel, Vokasi dan S1 Kelas Internasional. Prestasi akademik dilihat berdasarkan nilai raport dari sekolah asal untuk program S1 Paralel dan Vokasi. Sedangkan untuk S1 Kelas Internasional berdasarkan Talent Scouting.

4. Kelas Internasional

UI membuka kelas internasional dimana saat kelulusan, mahasiswa mendapatkan gelar ganda atau dual degree. Hal ini terjadi karena terdapat kerjasama dengan perguruan tinggi ternama luar negeri yang ada di Asia dan Eropa. Lulusan kelas internasional UI, akan mendapat pengalaman pendidikan luar negeri pada tahun terakhir kuliah dan pengakuan internasional pada gelar sarjananya.

UKT UI Program S1

Uang Kuliah Tunggal Universitas Indonesia disingkat UKT UI adalah keseluruhan biaya operasional mahasiswa per semester pada program studi. Biaya kuliah tunggal ini sebagian ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.

Biaya Pendidikan Mahasiswa S1 Reguler UI

Program pendidikan jenjang sarjana S1 ditujukan untuk calon mahasiswa yang mempunyai ijasah kelulusan SMA/ SMK/ MA/ sederajat maksimal 3 tahun pada saat pendaftaran. Contoh jika pendaftaran kuliah tahun 2020, maka berlaku untuk lulusan SMA/ SMK/ MA pada tahun 2020,2019 dan 2018.

UI menetapkan dua mekanisme tarif UKT  untuk S1 Reguler yang terdiri dari dua jenis biaya kuliah. Pertama Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan kedua Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P). Penjelasannya sebagai berikut.

1. Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B)

Penetapan UKT BOP-B, disesuaikan dengan kemampuan penanggung biaya pendidikan. Ada berkas pendukung yang harus disertakan untuk memberi gambaran kondisi finansial penanggung biaya. Pihak kampus UI akan melakukan verifikasi dan penilaian kondisi finansial penanggung biaya calon mahasiswa dari berkas yang diajukan.

Setelah verifikasi data selesai pihak UI akan menetapkan kelas UKT untuk calon mahasiswa tersebut. Adapun besaran UKT BOP-B terdiri dari beberapa kelas sesuai rumpunnya. Untuk rumpun IPA mulai dari Rp.500.000 s/d Rp.7.500.000. Sedangkan rumpun IPS mulai dari Rp.500.000 s/d Rp.5.000.000.

2. Biaya Operasional Pendidikan Pilihan (BOP-P)

Penetapan UKT UI jenis BOP-P ditentukan sendiri oleh penanggung biaya pendidikan berdasarkan semangat berpartisipasi dalam pengembangan penyelenggaraan pendidikan UI. Jika calon mahasiswa diterima maka langsung dapat memilih besaran biaya UKT. Besaran BOP-B terdiri dari beberapa kelas sesuai rumpunnya. Untuk rumpun IPA mulai dari Rp.10.000.000 s/d Rp.20.000.000 dan rumpun IPS mulai dari Rp.7.500.000 s/d Rp.17.500.000.

Biaya Pendidikan Mahasiswa S1 Paralel UI

Program S1 Paralel menerima lulusan SMA atau sederajat tanpa batasan usia ijasah. Pendaftar dari berbagai usia dapat mendaftarkan diri. Mahasiswa S1 Paralel menggunakan fasilitas dan kurikulum yang sama dengan program reguler. Biaya yang dibebankan pada mahasiswa S1 Paralel sebagai berikut:

1.Biaya Operasional Pendidikan (BOP)

Biaya ini dibayarkan per semester besarannya mulai dari Rp.10.000.000 s/d Rp.20.000.000. Ditambah Dana Kesejahteraan serta Fasilitas Mahasiswa (DKFM) sebesar Rp.200.000.

2. Uang Pendaftaran (UP)

Uang pendaftaran dibayarkan satu kali saja pada saat pendaftaran, besarannya mulai dari Rp. 14.000.000 s/d Rp.50.000.000. Ditambah Dana Pelengkap Pendidikan (DPP) sebesar Rp.800.000.

Kondisi Kesehatan Mendukung Proses  Belajar

Di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang kuat. Proses belajar membutuhkan energi dan pikiran supaya dapat memahami materi setiap mata kuliah. Untuk mendukung proses belajar yang lancar dibutuhkan stamina prima pada setiap diri mahasiswa.

Konsumsi makan dan minum teratur serta olah raga dan istirahat yang cukup penting dilakukan supaya tubuh tetap bugar. Terkadang mahasiswa terlalu asik dengan kesibukannya sampai lupa memperhatikan kesehatan tubuh. Sehingga terkadang mahasiswa dapat kelelahan sampai jatuh sakit. Jika hal ini terjadi tentu proses belajar menjadi terganggu.

Pentingnya Produk Perlindungan Diri

Usaha menjaga kesehatan tubuh dapat dilakukan dengan banyak cara. Langkah sederhana dengan menjaga daya tahan tubuh melalui asupan gizi dan mengendalikan gaya hidup. Selanjutnya  dapat memiliki produk perlindungan diri.

Manfaat mempunyai produk perlindungan diri sangat penting. Mengingat resiko sebagai mahasiswa dapat mengalami kejadian tak diinginkan. Resiko tidak terduga seperti kecelakaan atau sakit tentu sangat memberatkan mahasiswa. Terlebih bagi yang tinggal jauh dari orang tua atau dalam perantauan.

Produk PFI Megalife adalah produk perlindungan diri berupa asuransi jiwa dengan tambahan perlindungan kesehatan. Beberapa produk perlindungan dari PFI Megalife antara lain; Asuransi Jiwa Kredit, Mega Comforta, Mega Credit Shield Maksima, Mega Hospital Investa, Mega Ultima Shield, Mega Protection Care dan Mega Term Protection.

Produk perlindungan diri ini fokus pada perlindungan jiwa yang dilengkapi dengan perlindungan kesehatan. Mempunyai produk perlindungan diri membuat mahasiswa dapat fokus dan tenang dalam menjalankan proses belajar dan berkegiatan di kampus idaman. Selamat menjadi mahasiswa baru. Melalui kampus impian  meraih masa depan gemilang.

 

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.