Tabungan Pendidikan Anak Solusi Masa Depan Buah Hati

Tabungan Pendidikan Anak Solusi Masa Depan Buah Hati. Setiap orang tua menginginkan pendidikan terbaik bagi buah hatinya. Segala daya upaya diusahakan orang tua supaya buah hati dapat berdikari di masa depan. Mulai dari pemilihan tempat pendidikan, sampai pembiayaan pendidikan menjadi perhatian utama setiap orang tua.

Biaya pendidikan anak semakin hari semakin meningkat. Hal ini karena adanya faktor inflasi yang mengakibatkan kenaikan harga barang yang berimbas pada naiknya biaya pendidikan. Sebagai orang tua perlu memikirkan persiapan pendidikan anak sejak jauh hari.

Tabungan Pendidikan Anak
Menabung untuk Pendidikan | Pribadi

Persiapan Tabungan Pendidikan Anak

1. Sisihkan Pendapatan untuk di Tabung. Sebagai orang tua yang berencana mempunyai buah hati tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya terutama biaya pendidikan. Kedua orang tua dengan kesepakatan bersama dapat menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung.

Menyisihkan berarti mengalokasikan pendapatan segera setelah diterima. Alat bantu bisa menggunakan auto debet dari rekening penerimaan pendapatan atau secara manual. Hal yang harus diperhatikan ketika memilih menyisihkan sebagian pendapatan secara manual harus mempunyai komitmen yang berkesinambungan.

2. Rencanakan Tempat Pendidikan Anak. Jenjang umum pendidikan formal anak mempunyai jangka waktu selama 2 tahun untuk kanak-kanak. Kemudian 12 tahun untuk pendidikan formal dasar dan menengah serta 4 tahun untuk pendidikan tinggi.

Melakukan survey untuk menentukan tempat pendidikan anak sebaiknya sudah direncanakan jauh hari sebelum anak masuk sekolah. Informasi jarak tempuh, metode pengajaran, sarana prasarana serta fasilitas sekolah dan besaran uang sekolah tentu menjadi pertimbangan dasar pengambilan keputusan.

3. Estimasi Biaya Pendukung Pendidikan Anak. Biaya pendidikan tidak hanya membayar uang sekolah. Ada sejumlah biaya pendukung pendidikan yang harus dikeluarkan orang tua. Jika anak masih tinggal dengan orang tua, ada biaya pendukung seperti; biaya peralatan dan perlengkapan sekolah habis pakai  (alat tulis, seragam), biaya kegiatan di luar sekolah serta biaya transportasi. Sedangkan jika anak tinggal terpisah dengan orang tua akan ada tambahan seperti  biaya kost atau biaya asrama.

4. Libatkan Anak dalam Menabung. Menyisihkan pendapatan adalah tugas orang tua. Namun anak perlu  diberikan pemahaman tentang tujuan dari kegiatan menabung pada tabungan pendidikan. Langkah ini sekaligus mengajarkan anak untuk mengerti nilai uang. Anak dapat ikut berperan serta dengan melakukan tindakan menyisihkan sebagian uang saku ke celengan. Jika sudah terkumpul nominal tertentu maka bisa dimasukkan ke tabungan pendidikan

5. Bedakan Investasi dan Tabungan Pendidikan. Tujuan dari investasi mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu tertentu. Namun harus diingat investasi mempunyai resiko. Semakin tinggi tingkat keuntungan yang diharapkan maka semakin tinggi pula resiko yang akan diterima. Penempatan dana pada produk investasi harus bersedia menanggung resiko seandainya mengalami kerugian.

Tabungan dengan Jangka Waktu

Tabungan pendidikan adalah menyimpan dana ke lembaga keuangan atau bank. Ini akan mendapatkan imbal hasil berupa bunga yang dibayarkan secara berkala mengikuti tingkat suku bunga bank Indonesia. Ada waktu berjangka yang dapat dipilih ketika membuka tabungan pendidikan. Mulai dari 1 tahun hingga 20 tahun dengan besaran setoran yang ditentukan sendiri atau menurut aturan lembaga keuangan bank.

Tabungan dengan Nilai Perlindungan

Tabungan pendidikan bisa diambil sebelum jatuh tempo jika ada keperluan, namun tentu dengan potongan sejumlah biaya administrasi. Keistimewaan lain tabungan pendidikan mempunyai nilai perlindungan yang tinggi. Sehingga jika terjadi sesuatu pada lembaga keuangan atau bank maka uang yang tersimpan di tabungan pendidikan akan dikembalikan kepada penabung secara penuh.

6. Pilih Jenis Tabungan Pendidikan. Banyak lembaga keuangan atau bank yang menawarkan jenis tabungan pendidikan. Jenis tabungan pendidikan ada yang dilengkapi fasilitas asuransi seperti asuransi jiwa atau asuransi kesehatan. Fungsi asuransi jiwa akan digunakan lembaga keuangan atau bank untuk membayar sisa angsuran tabungan pendidikan seandainya penabung meninggal dunia. Selain itu cara menabung di tabungan pendidikan dipermudah dengan fasilitas auto debet dari rekening tabungan utama.

Demikian penjelasan mengenai Tabungan Pendidikan Anak Solusi Masa Depan Buah Hati. Jadi persiapkan sejak dini mempunyai tabungan pendidikan demi masa depan buah hati tercita. Selamat menabung.

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.