Manfaat Tanaman Daun Sirih Hijau dan Khasiatnya

Tanaman daun sirih hijau mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Daun sirih sendiri digunakan sebagai bahan pengobatan herbal. Kandungan zat yang ada pada daun sirih terbukti dapat meredakan keluhan baik di area luar maupun dalam tubuh manusia.

Pengalaman Menggunakan Daun Sirih Hijau

Tanaman sirih adalah jenis tanaman merambat. Halaman rumah saya ditanami daun sirih yang dirambatkan pada batang pohon mangga. Daunnya besar-besar dan rimbun. Bahkan tetangga sering meminta daun sirih untuk obat sariawan.

Saya sendiri terbiasa dengan daun sirih sejak kecil. Dulu, sepupu yang tinggal bersama saya sering mimisan. Untuk menyumbat keluar darah dari mimisan maka disumpalkan daun sirih pada lubang hidung. Itu kenapa saya sudah sangat familiar dengan keberadaan daun sirih.

Tanaman Daun Sirih Hijau dan Khasiatnya

Daun sirih mempunyai zat tanin, saponin dan eugenol. Ketiga zat ini dapat diekstrak menjadi minyak essensial. Manfaat zat daun sirih sangat berguna untuk mengatasi beberapa keluhan ringan sebagai berikut.

Tanaman Daun Sirih
Penggunaan daun sirih untuk pengobatan sederhana | desain grafis BayuFitri dengan canva

Penggunaan Daun Sirih Hijau

Daun sirih hijau banyak digunakan sebagai pengobatan ala tradisional atau herbal untuk keluhan yang terdapat di tubuh manusia. Walaupun demikian tetap perhatikan cara dan aturan penggunaan daun sirih. Tujuannya supaya keluhan teratasi dan tidak ada efek samping berlebih.

Keputihan
Keadaan ini biasanya dialami sebagian besar perempuan. Ciri-cirinya ada cairan keluar berlebih dari area kewanitaan dan terkadang disertai gatal dan bau tak sedap. Penyebabnya ada pertumbuhan bakteri berlebih akibat cara berpakaian terlalu ketat. Bisa juga karena adanya penyakit penyerta.

Seperti diketahui, pada area kewanitaan yang lembap rawan menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman. Akibatnya gejala keputihan kerap melanda wanita. Perubahan hormon ketika menjelang datang bulan juga menjadi salah satu penyebabnya.

Daun sirih dapat mengatasi keputihan. Caranya ambil dan rebus 10 lembar daun sirih. Tambahkan air 4 gelas, rebus sampai mendidih. Saat air sudah berkurang setengahnya matikan kompor dan tunggu hingga dingin. Air rebusan daun sirih, bisa digunakan untuk membasuh area kewanitaan setiap selesai berkemih.

Seputar Mulut, Hidung dan Mata

Area mulut, hidung dan mata adalah organ vital pada wajah terkadang mengalami keluhan akibat perlakuan internal maupun kondisi eksternal. Musim pancaroba yang mendatangkan cuaca ekstrim kerap mendatangkan virus, kuman dan bakteri. Akibatnya tubuh menjadi terganggu daya tahannya. Terlalu keras menggosok gigi sehingga melukai gusi dan lidah juga menjadi salah satu penyebab keluhan pada mulut ketika terjadi sariawan.

Sariawan dan panas dalam
Siapa yang tidak pernah sariawan? Saya pribadi sering mengalami sariawan ketika sedang mengunyah makanan ketika lidah tak sengaja tergigit. Begitu juga ketika menyikat gigi terlalu keras dan mengenai langit-langit mulut atau gusi. Akibatnya timbul lesi dan berujung pada sariawan.

Cara mengatasi sariawan yang ada pada mulut, ambil 5 – 7 lembar daun sirih hijau. Siapkan dua gelas air dalam panci untuk merebus daun sirih. Ketika air sudah menyusut menjadi satu gelas matikan api dan tunggu sampai dingin.

Kumurkan pada mulut air rebusan daun sirih. Jika sedang panas dalam cuci tenggorokan dengan cara gargle. Artinya mengocok  air daun sirih pada pangkal ujung tenggorokan dengan kepala tengadah 45 derajat kebelakang .

Sebaiknya air daun sirih ini jangan sampai tertelan. Cukup dikumur-kumur selama 1 menit dan buang setelahnya. Air rebusan daun sirih mengandung antiseptik. Semakin banyak lembar daun sirih yang direbus, semakin banyak antiseptik pada rebusan airnya. Itu kenapa tidak disarankan untuk ditelan.

Mimisan
Pecahnya pembuluh darah halus dalam hidung adalah penyebab mimisan. Penyebab mimisan bisa terjadi dari kebiasaan berulang seperti terlalu keras mengorek lubang hidung atau karena ada penyakit tertentu.

Daun sirih dengan kandungan zat tannin bersifat sebagai pembeku darah. Sehingga daun sirih sering digunakan untuk menghentikan mimisan yang tidak terlalu parah. Daun sirih yang digunakan untuk menghentikan mimisan harus dalam keadaan steril dan bebas bakteri serta debu.

Itu artinya sebelum digunakan cuci bersih satu lembar daun sirih dengan air mengalir dilanjutkan dengan air matang. Potong ujung daun sirih yang runcing. Selanjutnya gulung daun sirih supaya dapat masuk ke lubang hidung. Tekan perlahan dengan tubuh condong kedepan supaya darah tidak masuk ke pernafasan.

Daun sirih untuk mimisan hanya pertolongan pertama. Jika darah tidak berhenti maka segera mencari pertolongan pada tenaga kesehatan.

Mengobati mata merah
Jika berkegiatan di luar ruang rentan terpapar polusi udara seperti debu dan asap kendaraan bermotor. Jika polusi udara tersebut mengenai penglihatan, biasanya akan menimbulkan mata gatal dan memerah. Hindari mengucek mata karena debu yang ada dalam mata dapat menggores kornea mata. Bagaimanapun kesehatan mata harus dijaga.

Cara sederhana mengobatinya dengan merendam mata menggunakan air daun sirih. Ambil 5 lembar daun sirih. Cuci bersih rebus dengan 2 gelas air matang. Setelah menyusut setengahnya matikan api kemudian dinginkan lebih dulu.

Ambil gelas pencuci mata atau piring cekung kecil, isikan rebusan air daun sirih. Benamkan bola mata ke dalam air daun sirih dengan menggerakkan bola mata. Setelah beberapa saat angkat mata dan rasa segar akan terasa kemudian pandangan menjadi terang dan gatal pun hilang.

Penghilang Bau Tak Sedap

Aneka bau tak sedap tanpa kita sadari terkadang keluar dari bagian anggota tubuh. Paling umum adalah bau keringat dan bau nafas tak sedap. Kedua jenis bau ini membuat tampilan seseorang menjadi tidak menarik dan tentu mengganggu orang disekitarnya.

Penghilang Bau badan
Keringat berlebih yang keluar dari pori-pori terkadang menimbulkan bau badan tak sedap. Hal ini dipengaruhi dari jenis makanan, aktifnya gerak tubuh, adanya penyakit dan perubahan hormon. Secara umum keringat yang mengeluarkan bau tak sedap karena ada perkembangbiakan bakteri secara cepat yang menghasilkan rasa masam.

Pengalaman pribadi sewaktu keponakan saya yang abg menginap di rumah. Ketika pulang dari berolahraga bau badannya sangat menyengat dan tajam. Hal ini wajar karena sedang masuk masa pubertas.

Untuk menghilangkan bau badan ambil 2 lembar daun sirih, cuci bersih remas-remas dan beri sedikit kapur sirih. Campuran tersebut dapat dioleskan pada ketiak. Tunggu hingga kering sebelum dibilas air bersih. Lebih efektif jika olesan ini dibiarkan saja sepanjang berkegiatan.

Menghilangkan Nafas Tak sedap
Nafas yang mengeluarkan aroma tak sedap tentu menjadi gangguan ketika sedang berinteraksi. Penyebab bau pada nafas bisa disebabkan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.Bisa juga ada permasalahan pada rongga mulut dan pencernaan.

Nafas tak sedap dapat diatasi dengan mengunyah dua lembar daun sirih yang sudah dicuci bersih. Kunyah daun sirih hingga halus. Air liur yang bercampur kunyahan daun sirih ampuh membunuh bakteri penyebab bau mulut. Tahan selama 5 menit dalam mulut sebelum diludahkan. Melakukan hal ini secara rutin dapat menghilangkan bau mulut tak sedap.

Pemutih gigi
Memperlihatkan senyum dengan deretan gigi yang putih bersih adalah dambaan semua orang. Namun karena mengkonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu terkadang lapisan gigi perlahan berubah warna menjadi kuning.

Menggunakan daun sirih untuk memutihkan gigi adalah cara sederhana. Ambil 3 helai daun sirih. Cuci bersih dan gosokkan secara perlahan pada gigi. Diamkan beberapa saat. Setelahnya dapat berkumur dengan air bersih.

Kesimpulan

Daun sirih yang merupakan tanaman asli Indonesia terbukti  banyak mengandung zat baik untuk mengatasi gangguan pada tubuh. Namun perhatikan cara pemakaian dan dosis yang dianjurkan. Jika setelah menggunakan cara sederhana menggunakan daun sirih gangguan belum mereda, segera kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

Demikian tips Manfaat Tanaman Daun Sirih Hijau dan Khasiatnya. Bagaimana dengan teman semua? Apakah mempunyai pengalaman berkaitan dengan penggunaan daun sirih hijau? Boleh share ya di kolom komentar. Terima Kasih

Salam

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.