Cara Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami dan Sederhana

Cara Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami dan Sederhana. Bahan alami dan sederhana digunakan mengatasi bau badan karena minim efek samping. Bau badan terjadi karena ada produksi keringat berlebih yang dihasilkan kelenjar tertentu seperti di ceritakan Mbak Enny pada artikel Mengatasi Keringat Berlebih.

Pengalaman Mengatasi Bau Badan

Pada kali ini saya akan berbagi pengalaman mengatasi bau badan dari keponakan berusia anak baru gede yang mempunyai aroma keringat aduhai baunya. Sudah mencoba beberapa kali berobat ke dokter kulit tetapi jika obatnya habis ya bau lagi keringat dan ketiaknya.

Sayangnya jika menggunakan produk deodorant, kulit anak ini tergolong kering dan sensitiv. Hasilnya malah menghasilkan aroma bau badan yang tidak keruan. Suatu ketika ada saran dari bude di kampung untuk mencoba bahan alami dan sederhana yang biasa digunakan untuk mengatasi bau badan. Saya sudah praktikkan semua cara tersebut ke anak ini dan berhasil. Duh senangnya sekarang si ABG ini sudah tidak bau badan lagi dan tidak perlu pakai deodorant.

Bau Badan : pixabay .com

Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami dan Sederhana

1.Daun Sirih. Mempunyai aroma khas dengan kandungan zat saponin, sodium dan vitamin A, daun sirih dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Ada dua cara. Pertama ambil 5 lembar daun sirih, cuci bersih rebus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas.Setelah dingin minum rebusan daun sirih satu kali sehari.

Cara kedua ambil dua lembar daun sirih tumbuk halus usapkan pada ketiak. Diamkan hingga kering. Setelah itu bilas ketiak dengan air hangat. Gunakan olesan daun sirih 2 kali sehari.

2.Kunyit Asam. Kunyit mempunyai kandungan kurkuminoid dan minyak atsiri. Jika kurkuminoid untuk mengatasi masalah pencernaan, maka minyak atsiri dapat menangkal bakteri penyebab bau badan. Untuk asam jawa mempunyai kandungan vitamin c yang baik untuk kulit. Selain itu asam jawa mempunyai zat anti bakteri.

Cara Membuat

Ambil 2 -3 ruas kunyit, kupas dan cuci bersih. Rajang kunyit dan masukan dalam panci. Tuangkan 2 gelas air, rebus hingga mendidih dan air berkurang menjadi satu gelas. Ambil satu jempol asam jawa, rendam dengan 5 sendok makan air matang. Tekan-tekan asam jawa dengan sendok agar sarinya keluar. Setelah rebusan kunyit dingin tambahkan air asam jawa. Saring kunyit asam dalam gelas  dan tambahkan madu atau gula merah. Minum sehari dua kali.

Catatan : Sebaiknya tidak merebus asam jawa bersamaan dengan potongan kunyit karena akan mengurangi kadar vitamin C yang ada.

3. Air Kapur Sirih dan Jeruk Nipis. Kapur sirih terbuat dari cangkang kerang kepah yang dibakar dengan kayu selama 10 jam. Hasil akhir terdapat bubuk seperti kapur kemudian diberi air. Terdapat kandungan kalsium hidroksida dalam kapur sirih. Jeruk nipis mengandung vitamin c tinggi yang dapat mematikan bakteri penyebab bau badan.

Orang di pedesaan biasa menggunakan air kapur sirih untuk membuat penganan gorengan supaya crispy. Pada pemakaian untuk menghilangkan bau badan, air kapur sirih di campur dengan perasan jeruk nipis dan dioleskan ke dalam ketiak hingga kering, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakan satu kali sehari saja.

Catatan

Penggunaan air kapur sirih dan jeruk nipis  sebaiknya memperhatikan sensitivitas kulit ketiak karena beberapa jenis kulit dapat terjadi iritasi.

4. Baking Soda dan Jeruk Nipis. Baking soda sebagai bahan pembuat kue, mengandung bikarbonat yang mampu mencegah dan menghilangkan bakteri penyebab bau badan. Caranya, masukkan satu sendok teh baking soda ke dalam air perasan satu buah jeruk nipis. Aduk hingga rata oleskan pada ketiak biarkan hingga kering dan bilas hingga bersih. Terapkan satu hari sekali.

Cara Atasi Bau Badan
Jeruk Nipis | pixabay.com

5. Daun Bluntas. Daun bergerigi pinggirnya ini biasa ditanam sebagai tanaman perdu pagar pekarangan rumah tangga. Bau daun bluntas yang khas dapat menghilangkan bau badan tidak sedap. Caranya, petik pucuk -pucuk daun bluntas, cuci bersih dan dapat dimakan mentah sebagai lalapan . Cara lain rebus beberapa lembar daun bluntas dari dua gelas air menjadi satu gelas air. Minum  rebusan daun bluntas sehari dua kali.

6. Daun Kemangi. Mengandung minyak atsiri, daun kemangi dapat menghilangkan bau badan. Caranya bisa dijadikan lalapan mentah atau dibuat teh kemangi. Cara membuat teh kemangi, petik daun kemangi segar dari batangnya. Keringkan daun kemangi dengan dijemur sampai benar-benar kering. Tumbuk daun kemangi kering sampai halus dan seduh dengan air panas. Saring ampasnya minum sehari dua kali.

7. Jahe. Kandungan zingiberol, gingerol, filandrena dan minyak atsiri mampu menghilangkan bakteri penyebab bau badan. Cara konsumsi jahe bisa dibuat wedang jahe. Satu ruas jahe cuci bersih kemudian  dibakar dengan kulitnya sampai kecoklatan. Dinginkan jahe lalu kupas kulitnya. Geprek jahe, masukan ke dalam gelas dan seduh dengan air panas. Jika suka dapat ditambah madu atau gula merah. Minum rutin sehari dua kali.

8. Daun Jambu Biji. Kandungan flavanoid, anti oksidan dan minyak atsiri sebagai zat anti bakteri, mampu menghilangkan bau badan. Caranya, ambil 7 lembar daun jambu biji tumbuk halus dan oleskan pada ketiak. Diamkan hingga kering, bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu selama 2 – 3 kali.

Nah itulah tips dan Cara Atasi Bau Badan dengan Bahan Alami dan Sederhana. Apabila ada temans yang mempunyai pengalaman mengatasi bau badan dengan bahan alami, boleh share ya di kolom komentar. Terima Kasih.

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.