5 Manfaat Hosting WordPress untuk Website Berbasis WordPress

Per data statistik yang terekam dalam database WordPress, lebih dari 74 juta pemilik blog dan website di dunia mempercayakan WordPress. Utamanya sebagai platform blogging dan berbisnis mereka. Meskipun begitu, tidak semua pengguna blog/website berbasis WordPress mengetahui dengan pasti tentang manfaat hosting WordPress untuk website berbasis WordPress.

Tentu, sekarang muncul beraneka ragam penyedia layanan hosting dengan penawaran dan harga yang menarik. Namun, timbul pertanyaan yang cukup meresahkan, khususnya bagi para pemilik website atau blogger pemula: jenis hosting mana yang sebaiknya dipilih, apakah shared hosting lebih baik daripada hosting WordPress; atau justru sebaliknya?

Perlu diketahui, bahwa hosting WordPress merupakan layanan hosting yang dibuat secara khusus untuk para pengguna CMS WordPress .Sedangkan shared hosting adalah jenis hosting yang mana para penggunanya diwajibkan untuk saling berbagi resource antara satu sama lain. Website yang di daftarkan dalam satu shared hosting akan dipublikasikan pada server yang sama.

Jika dibandingkan dengan hosting WordPress, biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan layanan shared hosting jauh lebih terjangkau. Anda dapat patungan dengan pengguna lain untuk menekan pengeluaran.

Namun, Anda juga harus bersiap-siap menghadapi risiko kurang mengenakkan yang berpotensi muncul sekali-kali, seperti kinerja yang melambat dan waktu loading yang lebih lama daripada biasanya ketika website Anda mengalami peningkatan trafik, dsb.

Jadi, jika Anda tergolong tipe pengguna yang mengutamakan performa blog/website Anda, maka hosting WordPress adalah alternatif yang sesuai buat Anda. Lima poin berikut akan menjabarkan secara terperinci manfaat hosting WordPress untuk website berbasis WordPress, yang mana semestinya Anda pertimbangkan matang-matang sebelum memilih jenis hosting lainnya.

Hosting murah untuk WordPress
Manfaat hosting untuk blog dan situs | canva

Manfaat Hosting WordPress

1. Jaminan keamanan website yang terpercaya
Keamanan adalah aspek utama yang perlu Anda perhatikan baik-baik dari website Anda. Melakukan shared hosting, tingkat keamanan yang Anda peroleh terbatas jumlahnya. Hal ini sebagai konsekuensi dari pembagian server untuk beberapa website sekaligus di saat yang bersamaan.

Namun dengan hosting WordPress, permasalahan tersebut tidak seharusnya menyita perhatian Anda. Hosting WordPress melakukan pemindaian rutin terhadap website/blog Anda dan menerapkan tindakan yang tepat guna memblokir susupan file yang mencurigakan.

Dalam kebanyakan kasus, Anda juga bakal mendapatkan update WordPress, plugin, dan tema secara otomatis. Bukan cuma itu, Anda juga akan menerima sertifikat dan penyiapan Secure Socket Layers (SSL) gratis. SSL sangat diperlukan terutama untuk mengenkripsi data pengguna website Anda dan menjauhkannya dari tangan-tangan jahil hacker.

Terakhir, backup otomatis yang rutin dilakukan dari waktu ke waktu sebagai bagian dari layanan hosting WordPress akan mengamankan website Anda dari hal-hal di luar kendali Anda. Begitu Anda memilih layanan hosting WordPress untuk situs web Anda, website Anda akan secara otomatis dicadangkan setiap hari, di mana opsi ini mungkin tidak disediakan oleh kebanyakan layanan paket shared hosting.

2. Waktu loading yang lebih cepat
Tahukah Anda bahwa popularitas website Anda sangat bergantung pada kecepatan loading-nya? Jelas, jika website Anda membutuhkan waktu lama untuk diunggah di sistem pengguna, bukan hal yang mengejutkan jika pengunjung website Anda akan berbondong-bondong meninggalkan situs Anda.

Yang lebih parahnya lagi, jika hal ini terjadi berulang kali, tentunya masalah tersebut akan mengurangi lalu lintas website Anda secara drastis.

Pada shared hosting, situs web Anda mungkin memerlukan waktu yang lebih lama daripada biasanya untuk dimuat. Hal ini disebabkan karena tidak adanya ketentuan untuk memuat seluruh website yang terdaftar di dalam payung server yang sama dalam kecepatan yang sama pula.

Namun di sisi lain, hosting WordPress yang didukung oleh SSD menjadikan situs web Anda dimuat lebih cepat. Kecepatan loading yang lebih singkat ini juga berdampak positif bagi peningkatan peringkat website Anda di hasil penelusuran Google. Karenanya, pemasangan hosting WordPress juga berpotensi mendatangkan trafik tinggi ke situs web Anda.

3. Peningkatan performa website
Faktanya, terdapat segudang elemen yang dapat memengaruhi kinerja website Anda. Namun, tanpa Anda sadari, pilihan hosting situs web Anda memainkan peran yang lebih penting ketimbang aspek-aspek lainnya.

Dengan hosting WordPress, situs web Anda akan memperoleh performa yang lebih baik alih-alih ketika Anda sekadar mengandalkan shared hosting.

Peningkatan performa ini sebagian disebabkan oleh adanya infrastruktur yang lebih baik. Tak hanya itu, tetapi juga karena hosting WordPress kerap mengintegrasikan website Anda dengan Content Delivery Network (CDN), mengaplikasikan caching plugin, dan banyak lagi strategi kelas atas lainnya.

Manfaat hosting WordPress ini dapat Anda rasakan bahkan sejak hari pertama sejak pemasangan.

4. Akses dukungan dan customer service yang handal
Bukan rahasia umum lagi jika dukungan pelanggan adalah esensi dari setiap penyedia layanan hosting. Namun, hosting WordPress lazimnya dilengkapi dengan layanan customer service yang handal, berisikan tim ahli WordPress yang dengan cekatan menangani semua permasalahan terkait situs web Anda.

Akses dukungan yang terpercaya seperti ini tidak bisa dengan mudah Anda jumpai pada penyedia hosting biasa. Bahkan, penyedia layanan hosting murah untuk WordPress seperti DomaiNesia saja sudah menyediakan customer service yang handal guna memberikan dukungan kepada para pengguna layanannya secara maksimal. Oleh karena itulah DomaiNesia sering disebut sebagai penyedia layanan hosting WordPress yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.

5. Panel pengguna yang user-friendly
Panel pengguna cenderung sulit dioperasikan, dan kebanyakan pengguna WordPress veteran pun juga mengakui hal yang sama. Bahkan jika jasa hosting yang Anda gunakan saat ini menawarkan cPanel versi standar sekalipun, mempelajari cara menggunakannya secara efektif akan memakan banyak waktu.

Inilah manfaat hosting WordPress untuk website berbasis WordPress lainnya yang mungkin telah Anda cari-cari selama ini. Sebagian besar layanan hosting Worpdress memberi Anda akses ke panel pengguna khusus buatan sendiri. Panel tersebut biasanya lebih mudah dikelola dan memberikan Anda akses cepat ke fitur-fitur yang paling sering Anda gunakan.

Alternatif ini memungkinkan Anda dengan cepat menemukan opsi-opsi penting seperti backup, update WordPress, statistik website Anda, dll.

Kesimpulan

Hosting WordPress menawarkan banyak manfaat untuk website berbasis WordPress yang tidak sanggup diberikan oleh layanan lain, terutama oleh penyedia shared hosting.

Bisa jadi, Anda juga berkesempatan untuk memperoleh akses ke fungsi-fungsi penting dalam sekali klik di panel pengguna Anda dan perlindungan ekstra. Ditambah lagi, customer support yang diberikan juga cenderung lebih mengesankan.

Jadi, jika Anda menginginkan sistem yang cepat dan mudah dikelola serta menawarkan dukungan yang berkualitas, maka hosting WordPress adalah jawabannya.

Pun, apabila Anda sangat mengandalkan presensi online untuk mendongkrak bisnis Anda, maka alternatif untuk merogoh kocek Anda sedikit lebih dalam demi pelayanan luar biasa merupakan jalur yang mesti Anda tempuh.

Singkat kata, Anda sebaiknya bijak dalam memutuskan apakah Anda dapat menolerir biaya yang Anda keluarkan demi nilai dan kualitas dari layanan hosting yang akan Anda pergunakan. Apabila untuk saat ini biaya rendah adalah prioritas terbesar Anda, bukan masalah besar kalau Anda memanfaatkan shared hosting untuk sementara waktu. Demikian review  5 Manfaat Hosting WordPress untuk Website Berbasis WordPress. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.