Ini Cara Blogging Kekinian yang Asyik dan Solutif

Ini Cara Blogging Kekinian yang Asyik dan Solutif. Dunia blogging telah menarik banyak minat lintas generasi. Baik generasi zaman old maupun zaman now. Media blog adalah salah satu platform untuk setiap individu yang ingin menuangkan buah pikiran melalui tulisan.

Tanggal 27 Oktober 2020, diperingati sebagai “Hari Blogger Nasional”. Growthing mengadakan Webinar dengan tema ” Marathon Coaching” sebuah acara diskusi santai tentang Blog dan SEO. Acara diskusi ini diikuti 100 orang peserta terdaftar dari seluruh Indonesia.

Pengalaman Pribadi

Banyak peserta newbie dalam dunia per-bloggeran. Termasuk saya adalah salah satunya. Saya pribadi menekuni dunia tulis menulis sejak tahun 2014. Berawal dari menggunakan platform user generated content pada beberapa media online ternama, saya sering menuliskan pengalaman selama melakukan perjalanan wisata atau traveling.

Motivasi saya menulis hanya ingin berbagi cerita yang informatif mengenai destinasi wisata. Sampai pada akhir tahun 2018 saya mengikuti diskusi bertema buku dan blog dari satu komunitas. Tertarik dengan program komunitas tersebut akhirnya saya bergabung dan sering mengikuti pelatihan blog.

Newbie Blogger

Dunia blog adalah dunia yang baru sama sekali untuk dapat saya pahami. Karena platform blog adalah sarana menulis mendiri yang dikelola secara personal oleh setiap pemilik blog. Pengetahuan semakin bertambah ketika saya mengetahui bahwa blog bisa dimonetisasi. Sejak itu saya semakin mendalami cara blogging kekinian dengan bergabung di komunitas blogger.

Mendengar kata monetisasi tentu yang terbayang adalah bertambahnya pundi-pundi pemasukan. Namun jalan menuju itu semua tidak semudah yang dibayangkan. Karena monetisasi blog harus dilakukan dengan berbagai macam cara dan teknik tertentu yang butuh usaha dan waktu.

Belajar dari Senior

Mengikuti acara “Marathon Coaching” dari BRT Network yang dipandu oleh masirwin.com dan pe-we.com, saya mendapatkan banyak pengetahuan baru dari para blogger senior. Beberapa narasumber membagi pengetahuannya mengenai blogging kekinian pada acara ini dimulai dari; Kak Rini Novitasari, Gilang Gemaulani, Ilham Sadli dan seorang mystery guest yaitu Kak Bahrul Ilmi. Berikut ulasan materi yang dibawakan narasumber.

Pageview

Materi pageview diberikan narasumber blogger senior Kak Rini Novitasari. Pageview adalah jumlah halaman yang dilihat atau diklik oleh pengunjung blog. Terkadang banyak blogger mengejar authority seperti domain authority dan page authority namun melupakan optimasi untuk dapat meningkatkan pageview.

Semakin banyak halaman diklik menandakan blog mempunyai kualitas menarik dimata pengunjung. Itu artinya pengunjung betah berlama-lama menelusuri atau membaca setiap artikel dihalaman blog yang dikunjungi.

Blogging
Pageview | pribadi

Ada 4 bahasan menarik mengenai pageview yaitu;

1. Apa itu pageview. Untuk melihat pageview blogger harus memasang google analytics. Fungsi dari perangat lunak ini untuk menganalisis kinerja website, melacak dan mengetahui jumlah pengunjung

Google Analytics juga dapat melihat unique visitor, yaitu pengunjung yang datanya terekam disetiap browser karena menggunakan cookies. Kemudian ada bounce rate, ini adalah pengunung yang hanya melihat satu halaman tujuan tanpa melihat halaman lain. Ukuran bounce rate dalam bentuk presentase.

2. Manfaat menaikkan pageview. Keuntungan pageview yang tinggi, dapat menaikkan rate card bagi blog yang dimonetisasi. Selanjutnya memperbesar peluang mendapat tawaran kerjasama dengan agency atau advertiser

Darimana Pageview

3. Sumber pageview. Untuk mengetahui sumber trafik, blogger dapat membuka google analytics dan melihat ringkasan pada akuisisi. Informasi sumber pengunjung sebagai berikut;

Trafik
Sumber trafik | pribadi
  • Organic search, ini adalah pencarian murni artikel  atau judul atau tema atau topik yang ingin pengunjung baca. Pengunjung dapat mengetikkan kata kunci pada mesin pencari baik search engine Google maupun search engine lainnya seperti Bing.
  • Direct, ini adalah pengunjung yang langsung mengetikkan alamat website yang akan dikunjungi langsung dibrowser pengunjung
  • Social, ini adalah sumber pengunjung yang berasal dari sosial media. Biasanya blogger menautkan link artikel pada sosial media, sehingga pengunjung akan membaca tautan artikel tersebut. Google Analytics mencatat ini sebagai sumber trafik dari sosial media.
  • Referral, sumber trafik ini berasal dari website orang lain atau blog orang lain dimana terdapat tautan link menuju blog atau artikel blogger. Jadi jika pengunjung mengklik link artikel blogger di blog orang lain maka ini akan dicatat google analytics sebagai referreal

4. Cara menaikkan pageview. Membuat kontent berkualitas dan menyebar kata kunci serta kata kunci turunan adalah jalan yang harus dilakukan setiap blogger. Selain itu membuat artikel pilar dari laporan kueri atau petunjuk kata kunci serta artikel yang paling sering dikunjungi.  Data ini bisa didapatkan pada google search console.

Secara garis besar menaikkan pageview dapat dilakukan seperti terangkum dalam infografis berikut;

Pageview
Cara menaikkan pageview | pribadi

Google Analytic

Materi selanjutnya dibawakan oleh Kak Bahrul Ilmi. Selain untuk melihat trafik, google analytics juga dapat digunakan untuk mengevaluasi konten, memahami audiens dan laporan kerjasama untuk diserahkan pada klien.

  • Evaluasi konten, diperlukan untuk mengetahui apakah pengunjung blog tertarik dengan isi konten. Jika tidak, maka artikel yang sudah publish dapat diperbaiki supaya menarik perhatian pengunjung.

Mengenal Audiens

  • Blogger dapat mengenal audiens berdasarkan usia dan jenis kelamin. Hal ini dapat menjadi pertimbangan dalam pembuatan konten. Misalkan penggunaan kata sapaan, tema atau topik dari artikel yang akan dibikin.
  • Beberapa klien meminta hasil trafik dari pekerjaan yang diberikan pada blogger. Dari google analytics, terdapat laporan jumlah trafik pada satu artikel tertentu.

Sosial Media

Salah satu fungsi dari sosial media adalah sebagai branding individu. Bagi seorang blogger, sosial media sebagai alat bantu mempromosikan konten tulisan. Menggunakan sosial media menjadi cara blogging kekinian untuk meningkatkan pengunjung blog.

Mempromosikan Konten

Menurut narasumber Kak Ilham Sadli, pada sosial media, blogger dapat memperjelas maksud dari tulisan blog dengan membuat informasi yang lebih personal, secara visual dan lebih lengkap. Sehingga pembaca akan memahami tulisan yang terdapat pada blog.

Sosial media yang digunakan ada beragam. Bisa instagram, twitter, facebook, linked in, snapchat, tiktok,  youtube dan sebagainya. Blogger harus melakukan persiapan sebelum melakukan branding di sosial media sebagai berikut;

Blogging Kekinian
Branding Social Media | pribadi
  • Tentukan audiens. Follower atau sasaran sosial media harus dapat terpetakan dengan jelas. Sasaran pembaca dapat dilihat dari usia, latar belakang pendidikan, kesukaan dan gaya hidup. Konten untuk kalangan millenial tentu akan berbeda dengan konten untuk ibu dan anak atau pekerja.
  • Mau dikenal sebagai siapa. Blogger harus dapat mencitrakan dirinya ketika menggunakan sosial media. Apakah sebagai traveler, ibu muda (mommy blogger), reviewer kuliner, reviewer hotel, dan sebagainya.
  • Keunikan dengan akun sosial media lain. Blogger harus dapat membuat sosial medianya mempunyai sesuatu yang unik dan berbeda dengan sosial media lain. Misalkan lebih informatif, lebih santai, lebih artistik karena banyak menampilkan foto seni dan sebagainya.
  • Menentukan tujuan akun. Pastikan akun ditujukan pada segmen pembaca untuk kalangan yang sudah diketahui.  Jika sasaran sudah diketahui maka gunakan kata sapaan yang tepat untuk menyapa pembaca atau follower. Misalkan; sahabat, kawan, sista, gaiss, mommy, bunda dan sebagainya
  • Konsisten. Blogger harus update membuat konten berkualitas supaya akun sosial medianya selalu diingat orang. Membuat konten secara teratur dan tepat waktu akan membuat tayangan hadir dilinimasa pengikut/ follower secara teratur.

Fotografi

Tampilan visual berupa foto wajib disertakan blogger ketika mengunggah tulisan pada blognya. Hal ini dimaksudkan supaya pembaca tidak bosan membaca tulisan yang ada pada laman blog. Seperti umum diketahui tampilan visual berupa gambar akan membuat perhatian pandangan mata manusia lebih besar dibandingkan hanya melihat tampilan huruf saja.

Proses pengambilan foto tentu harus memperhatikan estetika. Sehingga foto yang tersaji menjadi jelas dan dapat “bercerita” tentang maksud dan tujuan si foto tersebut.

Menurut narasumber Kak Gilang Maulani, pengambilan foto dapat menggunakan peralatan sederhana. Kamera smartphone saat ini umumnya sudah sangat mumpuni kelengkapan fungsinya untuk mengambil gambar. Bahkan dengan melakukan berbagai teknik tertentu hasil gambar yang dihasilkan dapat menyamai pengambilan gambar dengan kamera digital.

Sumber Objek Foto

Objek foto dapat bersumber dari  hasil “jepretan”sendiri. Jika tidak memungkinkan, maka terdapat banyak situs gambar tidak berbayar alias free copyright yang dapat diambil gambarnya.

Beberapa situs tidak berbayar bisa blogger gunakan seperti; pixabay, unsplas, freepik, flickr dan sebagainya. Jangan lupa sertakan sumber gambar untuk setiap foto yang disisipkan pada tulisan blog.

Berikut infografis mengenai yang perlu diperhatikan ketika akan mengambil gambar;

Blogging Kekinian
Persiapan Pengambilan Gambar | pribadi

Sebelum mengambil gambar dengan kamera smartphone, pastikan lensa kamera dibersihkan dengan cara dilap. Kemudian tentukan tema dan konsep foto. Pada bagian ini blogger harus bisa menyesuaikan antara tema dan isi dari konten. Lengkapi dengan property dan nuansa untuk hasil foto yang lebih bermakna.

Bisa juga menggunakan backdrop atau background foto buatan. Selanjutnya pilih sudut pengambilan gambar yang sesuai dengan objek. Terakhir atur pencahayaan supaya tidak terjadi backlight karena objek foto akan terlihat gelap.

Demikian uraian event Ini Cara Blogging Kekinian yang Asyik dan Solutif dari Marathon Coaching sebuah acara diskusi santai tentang Blog dan SEO. Semoga dapat menjadi inspirasi untuk para blogger dalam membangun blognya.

Salam

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.