Manfaat dan Cara Mengkonsumsi Madu yang Harus Diketahui

Manfaat dan Cara Mengkonsumsi Madu yang Harus Diketahui. Madu adalah cairan yang dihasilkan lebah dari mengunyah nektar. Setiap tumbuhan yang menghasilkan bunga mengandung nektar. Lebah yang sudah selesai mengunyah nektar akan menyimpan hasilnya  pada sel sarang dan menutupnya supaya terjadi fermentasi.

Masa pandemi saat ini wajib hukumnya untuk senantiasa menjaga kesehatan supaya imunitas terjaga dengan baik. Salah satu minuman sehat ada pada sekoteng seperti yang diceritakan Blogger Balikpapan pada blognya. Jahe ditambahkan pada air sekoteng dan berfungsi memberi rasa hangat pada tubuh. Sebagai pemanis alami dapat ditambahkan madu pada minuman sekoteng.

Mengkonsumsi madu sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Madu mempunyai rasa manis karena mengandung monosakarida fruktosa dan glukosa. Khasiat dari madu sangat bagus untuk kesehatan. Selain dikonsumsi begitu saja, madu dapat ditambahkan pada makanan dan minuman bahkan dapat menghilangkan bekas luka.

manfaat dan cara mengkonsumsi madu
Manfaat Madu

Aneka Manfaat Madu

Madu mempunyai zat anti oksidan, anti radang, mineral dan vitamin. Mulai dari vitamin A, B dan C. Kemudian mineral mangan, tembaga, iodium, natrium zat besi dan kalsium. Selain itu terdapat enzim untuk memperlancar reaksi kimia pada metabolisme dalam tubuh. Adanya senyawa anti mikroba menyebabkan madu dapat menyembuhkan luka. Berikut 3 jenis manfaat utama madu;

1. Madu untuk Kulit Wajah. Sifat anti oksidan dan anti bakteri pada madu memberi efek menenangkan pada lapisan kulit dan melawan radikal bebas. Madu mengandung zat anti bakteri, karena itu madu ampuh untuk mengatasi jerawat pada kulit wajah.

Caranya oleskan madu seperti masker pada jerawat dikulit wajah, tunggu sampai kering kemudian bilas dengan air hangat. Bilas lagi dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Keringkan dengan handuk yang lembut.

Madu juga dapat menjadi campuran bahan masker alami lainnya. Seperti masker wajah yang terbuat dari bubur alpukat dicampur madu. Untuk bibir kering, oleskan madu karena dapat berfungsi sebagai pelembab.

2. Madu untuk Kesehatan. Jika rajin mengkonsumsi madu tubuh akan mempunyai energi yang prima. Tidak gampang letih dan jarang mengalami gangguan kesehatan . Hal ini karena di dalam madu terdapat enzim, vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh.

Madu juga dapat menyembuhkan luka pada kulit. Hal ini terjadi karena madu mempunyai senyawa anti bakteri  yaitu nitrogen monoksida. Sehingga dapat mencegah bakteri berkembangbiak. Luka yang dapat disembuhkan dengan madu antara lain luka bakar dan luka lecet. Namun jika mempunyai jenis kulit sensitif sebaiknya berkonsultasi dengan ahli kesehatan kulit lebih dulu.

Madu mempunyai tingkat keasaman tinggi, ketika dioleskan pada kulit yang luka mampu menghambat kinerja enzim protease sehingga cepat kering dan sembuh. Selanjutnya kandungan madu dapat menangkal radikal bebas karena mengandung anti oksidan. Pada kulit yang terluka, zat anti oksidan dapat mencegah tumbuhnya keloid.

3. Madu untuk Rambut.

Kandungan nutrisi pada madu mempunyai manfaat yang sangat baik untuk memelihara kesehatan rambut. Merawat rambut menggunakan produk yang mengandung madu membuat rambut lembut, berkilau, tumbuh kuat dan tidak mudah rontok.

Salah satu cara sederhana mengaplikasikan  madu pada rambut melalui masker rambut. Campurkan dua sendok makan madu dan satu sendok makan minyak zaitun dalam mangkuk. Usapkan pada rambut secara merata kemudian pijat perlahan sampai merata. Bungkus rambut dengan shower cap, diamkan selama 30 menit. Sesudah itu bilas dengan air bersih.

Cara memilih Madu

Ada dua jenis madu, yaitu madu hutan dan madu dari peternakan lebah. Kedua madu tersebut sama bagusnya. Madu hutan rasanya lebih kuat dan cenderung pahit. Pada madu hutan, lebah menghisap  aneka nektar dari berbagai jenis tumbuhan. Madu hutan mempunyai tekstur lebih encer. Karena proses mendapatkannya berada di alam terbuka atau hutan hujan sehingga kadar airnya lebih tinggi.

Sedangkan madu dari peternakan lebah cenderung terasa manis. Hal ini karena lebah hanya menghisap nektar dari satu jenis pohon saja. Petani di peternakan madu lebah dapat mengatur periode masa tanam sehingga nektar yang dihasilkan bisa seragam. Tekstur madu ini lebih kental karena sarang lebahnya ada dalam kotak – kotak penyimpanan sehingga terlindung dari air hujan.

Cara Menyimpan Madu

Madu bisa disimpan pada suhu ruang. Sebaiknya hindari terkena terkena cahaya matahari, karena warna madu bisa berubah menjadi hitam. Hal ini akan menurunkan kualitas madu. Untuk mempertahankan kualitas madu lebih lama lagi maka dapat disimpan ke dalam kulkas.

Baca Juga : Cara Memilih Bahan Pangan Berkualitas

Cara Mengkonsumsi Madu

Madu dapat dikonsumsi dengan cara diminum begitu saja atau di tambahkan pada asupan makanan dan minuman. Berikut beberapa cara mengkonsumsi madu selain diminum begitu saja;

Makanan

Beberapa olahan makanan dapat menggunakan madu sebagai olesan. Seperti ayam bakar madu, ayam goreng madu dan iga bakar madu. Penganan lain mencampurkan madu dalam adonan seperti pisang goreng madu dan cake madu. Bahkan madu dapat dibuat karamel untuk dioleskan sebagai toping pada kue donat.

Minuman

Selain dikonsumsi begitu saja, madu juga dapat dicampurkan ke dalam minuman. Manis gula dari madu lebih rendah dibandingkan gula tebu maupun gula pemanis buatan. Beberapa minuman yang menggunakan madu sebagai pengganti gula ada pada es cream madu, jus, smoothie dan STMJ.

Minuman terakhir sangat familiar sebagai penambah energi. Madu dicampurkan ke dalam olahan susu, telur dan jahe. Disajikan dalam keadaan hangat dan jika dikonsumsi membuat tubuh mempunyai energi kembali.

Demikian tips Manfaat dan Cara Mengkonsumsi Madu yang Harus Diketahui. Bagaimana dengan teman semua. Apakah mempunyai pengalaman pribadi yang bermanfaat ketika mengkonsumsi madu? Boleh share ya di kolom komentar. Terima Kasih.

Salam

 

Baca Juga : Atasi Tenggorokan Gatal dan Batuk dengan Bahan Dapur

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.