Tips Menjaga Kebersihan Toilet dengan Cara Sederhana

Tips Menjaga Kebersihan Toilet dengan Cara sederhana. Toilet adalah tempat yang jarang disinggahi manusia dalam kegiatan sehari-hari. Namun dari tempat ini tercermin kesehatan tubuh penggunanya. Menjaga kebersihan toilet berguna untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan kuman.

Toilet atau kamar mandi didesain sedemikian rupa untuk proses membersihkan diri dan sarana pembuangan sampah dari tubuh manusia. Ada yang mendesain secara sederhana sesuai fungsinya. Ada juga yang mendesain menjadi tempat yang nyaman bahkan bisa untuk mencari inspirasi.

Tak heran jika ada sebagian orang pergi ke kamar mandi kemudian betah berdiam diri dalam jangka waktu tidak sebentar. Kegiatan yang dilakukan bisa sambil membaca, merenung, berendam, mendengar musik dan melakukan hal lain yang menyenangkan.

Kebersihan Toilet
Membersihkan Toilet

Indikator Toilet Sehat

Kamar mandi atau toilet dapat dikatakan sehat jika kondisinya bersih dan dapat berfungsi dengan baik sesuai kegunaannya. Selain itu harus nyaman digunakan dan tidak menjadi sumber penyebaran penyakit. Berikut indikator toilet yang sehat;

1. Terdapat pencahayaan yang cukup. Pencahayaan penting supaya area tidak gelap dan lembab. Area yang terang akan membuat pengguna aman menggunakan alat mandi dan tidak khawatir terjatuh. Pencahayaan yang cukup membuat kamar mandi tidak lembab. Gunakan lampu penerangan dengan cahaya yang cukup terang.

2. Tidak ada sumbatan pada saluran pembuangan. Sumbatan terjadi karena ada kotoran atau sampah yang menghalangi jalannya pembuangan. Kotoran atau sampah ini bisa berupa rontokan rambut pada tempat pembuangan air atau sampah tisue dan pembalut di water closet . Sebaiknya segera bersihkan jika ada kotoran rambut jatuh pada saluran air dan jangan membuang tisue atau pembalut ke dalam water closet.

3. Tersedia sumber air bersih. Toilet yang sehat mempunyai sumber air bersih yang cukup. Baik dari sumber air keran sampai air penyiram untuk water closet. Beberapa kamar mandi menggunakan shower atau pancuran. Sebagian masih ada yang menggunakan bak mandi untuk menampung air bersih. Jika menggunakan bak air setidaknya kuras dan bersihkan satu minggu sekali supaya tidak tumbuh jentik nyamuk.

4. Sarana toilet berfungsi dengan baik. Keran air, handle penyiram kloset, shower atau pancuran air sebaiknya berfungsi sebagaimana mestinya. Jika diperlukan dapat menyediakan alat alternatif seperti ember dan gayung untuk menampung air bersih. Hal ini sangat membantu jika sedang ada gangguan yang berakibat sumber air tidak mengalir dengan lancar.

5. Jarak lubang pembuangan limbah toilet dan sumber air bersih. Limbah dari toilet ditampung pada bak penampungan khusus atau septic tank. Usahakan membuat jarak secukupnya antara bak penampungan limbah dengan sumber air bersih. Terutama jika sumber air bersih menggunakan air tanah. Hal ini untuk menghindari terjadi pencemaran pada sumber air bersih.

Sirkulasi Udara

6. Ada pertukaran udara. Kamar mandi yang sehat mempunyai lubang ventilasi langsung mengarah ke udara luar. Jika tidak memungkinkan membuat lubang ventilasi maka dapat mengunakan alat exhaust fan. Sirkulasi udara berguna untuk mengeluarkan timbunan bau tak sedap dari dalam kamar mandi dan membuat udara tidak lembab.

7. Lantai toilet tidak licin. Lantai kamar mandi didesain sedemikian rupa supaya tidak licin. Namun kegiatan pengguna kamar mandi dapat menyumbang tingkat kelicinan lantai tersebut. Misalkan menggunakan bahan mandi yang mengandung minyak atau menggunakan sabun mandi dengan kandungan pelembab yang tinggi. Untuk mengatasinya bersihkan lantai dengan cara menyikat setelah selesai berkegiatan.

8. Dinding dan atap toilet bersih. Jika tingkat kelembapan kamar mandi terjaga maka  tidak akan ada jamur yang tumbuh di dinding. Atap kamar mandi tidak juga menjadi sarang laba-laba.

Dampak Toilet Tidak Bersih

Toilet yang tidak bersih membuat pengguna menjadi risih sehingga tidak nyaman menggunakannya. Selanjutnya kamar mandi kotor rentan menjadi penularan sumber kuman penyakit. Beberapa penyakit akibat menggunakan toilet kotor dapat menyerang pengguna seperti; demam tifoid, disentri, hepatitis A dan kolera.

Kamar mandi yang tidak bersih seperti lantai licin, pencahayaan kurang mempunyai resiko bagi pengguna. Resiko yang terjadi pengguna dapat jatuh karena lantai licin. Selain itu pengguna tidak dapat melihat dengan jelas ketika menggunakan peralatan mandi.

Hewan tak diundang seperti, kelabang, lintah, serangga kecoa, tikus dan ular kecil menyukai tempat lembab. Jika kamar mandi lembab dan kotor berpotensi menarik kehadiran binatang tersebut. Bahkan ada yang sampai membuat sarang di kamar mandi.

Merawat Kebersihan Toilet dengan Cara Sederhana

Kebersihan toilet didapatkan dengan cara merawat secara berkala. Selain toilet menjadi lebih bersih, tenaga yang dikeluarkan lebih sedikit. Hal ini disebabkan toilet yang rajin dibersihkan menjadi tidak terlalu kotor. Idealnya membersihkan toilet dua hari sekali. Terlebih jika pengguna toilet lebih dari dua orang dalam satu hari.

Beberapa cara sederhana dan bahan yang dapat digunakan untuk membersihkan toilet sebagai berikut;

Kebersihan Toilet
Alat Membersihkan Toilet

1. Soda Kue atau baking soda. Bahan pengembang kue ini ampuh untuk membersihkan kotoran berupa kerak pada bagian nat lantai kamar mandi. Caranya, campurkan satu cangkir soda kue dengan satu ember air hangat. Siramkan ke lantai diamkan sejenak dan bersihkan dengan sikat gigi bekas pada kerak yang melekat pada nat lantai kamar mandi. Setelahnya siram dan bilas dengan air bersih.

2. Kulit Jeruk. Asam yang ada pada kulit jeruk mampu menghilangkan noda pada keran kamar mandi. Noda air yang melekat pada bahan steinless keran kamar mandi akan luruh jika digosok dengan kulit jeruk.

Membersihkan Noda Kerak  Membandel

3. Sitrun. Bahan pangan kimia ini digunakan untuk memberi rasa asam pada makanan atau minuman. Tingkat keasaman sitrun mampu menghilangkan noda lumut pada dinding keramik  kamar mandi. Caranya larutkan sitrun secukupnya pada satu ember air hangat. Gosok dengan spons ke dinding keramik yang berlumut. Diamkan sekitar 5 menit kemudian siram dan bersihkan dengan air bersih.

4. Cuka masak dan garam dapur. Bahan dapur ini dapat membuat kamar mandi menjadi bersih bebas noda kerak membandel. Caranya campurkan secukupnya cuka masak dengan larutan hangat air garam. Masukkan dalam botol penyemprot. Semprotkan campuran air tersebut pada noda kerak di lantai kamar mandi atau dinding kamar mandi. Diamkan 5 menit kemudian sikat noda tersebut dan bersihkan dengan air bersih.

5. Produk pembersih toilet. Untuk alasan kepraktisan dan menghemat waktu saat ini tersedia banyak produk pembersih toilet dipasaran. Berbagai macam produk kebersihan kamar mandi tersedia sesuai kegunaan, varian ukuran dan jenis aroma keharuman sesuai keinginan pengguna.

Menjaga kebersihan toilet dapat menghindarkan pengguna dari ancaman penyakit yang tidak diinginkan. Jadi mari senantiasa berperilaku bersih untuk kepentingan bersama.

Salam

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.