Cara Membuat Bumbu Sate Khas Selera Nusantara

Bumbu Sate dan sate adalah makanan legendaris nusantara yang terkenal kelezatannya. Cara Membuat Bumbu Sate Khas Selera Nusantara ternyata sangat mudah. Bumbu sate dan sate nusantara banyak ragamnya. Sate adalah potongan beberapa irisan daging ayam, sapi, kerbau, kelinci atau bebek yang ditusuk kedalam seruas lidi dan dibakar hingga teksturnya matang.

Bumbu Sate Saus Kacang | Freepik.com

Penyajian sate semakin lezat jika dibalur atau dicelup bumbu sate sebagai saus atau sambalnya. Citra rasa bumbu sate mempengaruhi rasa sate secara keseluruhan. Berikut Cara Membuat Bumbu Sate Khas Selera Nusantara.

Aneka Bumbu Sate Khas Selera Nusantara

1.Bumbu Sate Saus Kecap Manis. Ini adalah bumbu sate sederhana dengan bahan sebagai berikut; cabe rawit segar dipotong kecil-kecil secukupnya, 1-2 siung bawang merah mentah segar kupas kulitnya cuci bersih dibelah dua , sedikit acar timun wortel serta potongan tomat segar, 1 sendok makan air perasan jeruk limau, bawang merah goreng secukupnya dan kecap manis.

Cara membuat;  semua bahan dicampur dan diaduk menjadi satu diwadah mangkuk. Bumbu sate saus kecap manis siap disantap dengan sate ayam, sate kambing maupun sate daging lainnya.

2. Bumbu Sate Saus Kacang. Bahan yang diperlukan; kacang tanah 3-4 sendok makan, cabe merah secukupnya, 2 siung bawang merah dan 1 siung bawang putih, 2 lembar daun jeruk dirajang halus, 1 butir kemiri, merica, kecap dan garam secukupnya. 500 ml.air

Cara membuat; Sangrai kacang tanah dengan 1 sendok makan minyak goreng, hingga matang. Haluskan kacang dan sisihkan. Tumbuk halus kemiri, bawang putih, bawang merah, merica, garam, irisan daun jeruk dan cabai merah kemudian tumis hingga harum.  Rebus hasil gilingan kacang dan tumisan bumbu dengan air, aduk hingga kental. Koreksi rasa jika kurang manis atau asin bisa ditambah garam atau kecap manis. Sajikan bumbu sate saus kacang dengan sate ayam madura, sate kambing atau sate daging lainnya.

3. Bumbu Sate Padang. Sate Padang terbuat dari jeroan sapi seperti usus, paru, lidah, jantung dan daging sapi. Sate Padang mempunyai cita rasa khas terletak pada bumbu satenya. Berikut bahan yang diperlukan; 1/2 sendok teh jinten, 1 sendok makan ketumbar, 1 ruas kunyit, 5 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, 6 buah cabai merah keriting, setengah ruas jahe, 3 lembar daun jeruk, 1 batang serai dimemarkan, setengah ruas lengkuas, garam secukupnya, 4 sendok makan kacang tanah disangrai dan tumbuk kasar, 2 sendok makan tepung beras, 500 ml air

Cara Membuat Bumbu Sate Padang

Jinten dan ketumbar disangrai lebih dulu, sisihkan. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai, kunyit, jahe, lengkuas serta hasil sangrai jinten dan ketumbar. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum. Tambahkan daun jeruk dan serai. Tumis hingga setengah matang, sisihkan.

Sementara itu rebus air dalam panci, setelah mendidih masukan bumbu yang sudah dihaluskan dan masukan bahan potongan daging  dan jeroan sapi ke dalam air rebusan bumbu. Setelah empuk tiriskan. Ambil beberapa sendok makan air rebusan bumbu yang sudah menjadi air kaldu. Taruh diwadah mangkuk campurkan dengan tepung beras aduk hingga rata dan tidak bergumpal.

Koreksi Rasa

Masukan kembali campuran air kaldu rebusan bumbu dan tepung beras ke panci kemudian masukan hasil tumbukan kasar kacang tanah. Rebus hingga tekstur bumbu Sate Padang mengental. Koreksi rasa apabila kurang asin dapat ditambahkan garam secukupnya.

Cara membakar Sate Padang; potongan daging dan jeroan  yang sudah empuk ditusuk pada tusuk sate dan dioles dengan bumbu Sate Padang kemudian dibakar sebentar supaya ada aromanya. Cara penyajian, Sate Padang yang telah matang sajikan dipiring dan siram dengan bumbu Sate Padang.

4. Bumbu Sate Taichan Sambal Pedas. Ini adalah sate kekinian yang disukai semua orang. Terbuat dari daging ayam tanpa kulit, sate ini dibakar setelah potongan daging ayam dimarinasi dengan cincangan bawang putih, lada, garam ,gula dan satu sendok makan minyak wijen. Sate Taichan disantap dengan cocolan bumbu sate berupa sambal pedas yang lezat.

Bahan bumbu sate Taichan sambal pedas; 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 5 buah cabai rawit merah, kaldu jamur, gula pasir dan garam secukupnya. Satu sendok makan air perasan jeruk nipis. Satu sendok minyak goreng.

Cara membuat bumbu sate Taichan sambal pedas ; rebus cabai, bawang merah dan bawang putih. Tumbuk hasil rebusan cabai, bawang merah dan bawang putih lalu tumis dengan minyak goreng. Tambahkan garam, lada, gula, kaldu jamur secukupnya. Koreksi rasa , terakhir beri perasan jeruk nipis. Bumbu sate sambal pedas siap menjadi cocolan untuk Sate Taichan.

5. Bumbu Sate Sapi Manis. Daging sapi yang digunakan bagian has dalam. Sate daging sapi ini mempunyai rasa dominan manis karena potongan daging dimarinasi dulu dengan kecap dan minyak wijen selama satu jam. Setelah itu dibakar dengan bumbu sate sapi manis.

Bahan bumbu sate sapi manis; 2 siung bawang putih, 3 siung bawang merah, lengkuas 2 cm, garam secukupnya, jintan 1/4 sendok teh, lada secukupnya, 1 jempol asam jawa direndam air setengah gelas kecil, ketumbar 1 sendok teh dan gula merah sisir halus secukupnya,

Cara Membuat Bumbu Sate Sapi Manis

Tumbuk halus bahan bumbu sate sapi manis, beri air asam jawa dan jadikan bahan olesan pada saat sate daging sapi dibakar. Sate daging sapi manis siap dihidangkan.

6. Bumbu Sate Ayam Ponorogo. Sate ayam ini dominan dengan rasa gurih karena menggunakan perpaduan bumbu marinasi dan bumbu oles yang kaya akan rempah. Daging ayam yang digunakan berasal dari daging  ayam kampung. Potongan daging ayam kampung dimarinasi selama 20 menit.

Bahan bumbu marinasi; 1 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 2 butir kemiri disangrai, lengkuas 1 cm, ketumbar 1/2  sendok teh, 1/4 jintan, gula merah, garam secukupnya. Semua bahan ini ditumbuk halus dan dibalurkan pada potongan daging ayam.

Bahan bumbu oles; 4 sendok makan kacang tanah disangrai dan dihaluskan dengan 2 buah cabai keriting merah, 1 butir kemiri, garam dan gula secukupnya setelah halus taruh dimangkuk  tambahkan 200 ml air aduk rata . Tambahkan 2 sendok makan kecap manis dan 1 sendok makan minyak wijen aduk rata. Bumbu oles siap digunakan.

Cara membuat; setelah potongan daging ayam dimarinasi, maka daging ayam yang sudah ditusukan ke tusuk sate dicelup ke bumbu oles, kemudian dibakar sampai matang. Sate Ayam Manis Ponorogo siap disajikan.

Demikian Cara Membuat Bumbu Sate Khas Selera Nusantara. Bahan bakunya ada dipasar dan cara membuatnya mudah dilakukan. Semoga dapat menginspirasi ya.

 

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.