Cara Memilih Colocation Server Terbaik Untuk Bisnis

Apakah anda membutuhkan ruang penyimpanan data yang lebih besar dan aman ketika website bisnis sudah mengalami perkembangan semakin baik, tetapi anda ingin lebih focus pada bisnis anda? Jika demikian maka anda membutuhkan keberadaan colocation server ini. Ini merupakan layanan dimana menyediakan ruang untuk menitipkan server maupun berbagai macam perangkat keras komputasi.

Bukan hanya itu saja, colocation ini pun juga akan melakukan pengaturan pada seluruh sistem dan melakukan perawatan hardware dari sebuah server. Ada banyak fasilitas yang biasanya ditawarkan baik itu secara fisik maupun non-fisik.

Colocation Server
Colocation Server

Kriteria dalam Memilih Colocation Server

Colocation server sendiri dapat diartikan sebagai cara untuk menempatkan hardware server dan perangkat jaringan anda yang lainnya pada sebuah data center. Penggunaan dari layanan tersebut ternyata bertujuan untuk lebih menghemat biaya operasional sehingga dapat mempercepat pertumbuhan sebuah perusahaan dengan baik.

Di Indonesia sendiri, menemukan keberadaan jasa yang satu ini memang sangat mudah karena telah banyak ahli IT dimana menyewakan rack atau colocation untuk ruangan penyimpanan server. Walaupun demikian, anda memang tidak boleh langsung memilih layanan yang ditawarkan.

Pasalnya, terdapat sejumlah kriteria dimana wajib untuk anda ketahui ketika memilih colocation server tersebut. Untuk lebih jelasnya simak beberapa kriteria dalam memilih colocation dibawah ini.

1.Pilih perusahaan yang mempunyai reputasi bagus
Bahan pertimbangan pertama yang dapat digunakan dalam memilih colocation server adalah dengan melihat reputasi yang dimiliki oleh perusahaan bersangkutan. Pastikan apabila perusahaan tersebut memiliki reputasi bagus. Ini bisa dilihat dari tingkat kepuasan yang dimiliki oleh para pelanggannya.

2.Siap melayani selama 24 jam nonstop
Sebuah jasa colocation yang terpercaya dan berpengalaman pasti akan memberikan layanan yang terbaik bagi para kliennya bukan? salah satunya adalah dengan menyediakan layanan selama 24 jam. Layanan yang satu ini jelas dapat anda manfaatkan terutama untuk melakukan konsultasi.

3.Server memiliki kerahasiaan yang terjamin
Pastikan apabila jasa menjamin kerahasiaan dan keamanan dari server. Hal tersebut sangat penting mengingat data-data penting dari perusahaan anda berada di layanan tersebut. Anda tentu tidak ingin apabila ada pihak lain dapat dengan mudah masuk ke dalam server anda bukan.

4.Koneksi jaringan internet stabil
Bagaimana tingkat stabilitas dari jaringan internet yang ditawarkan? Apabila perusahaan mempunyai jaringan internet yang lemot, sebaiknya anda mempertimbangkan untuk mencari perusahaan yang lainnya dimana memiliki jaringan internet yang stabil.

5.Adanya power listrik memadai
terakhir, pastikan apabila jasa tersebut mempunyai power listrik yang memadai. Terlebih lagi keberadaan data center memang sangat membutuhkan power listrik yang cukup. Selain power listrik pastikan tersedia fasilitas air temperature control.

Manfaat Menggunakan Colocation Server

Ada segudang manfaat apabila menggunakan keberadaan colocation server ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1.Lebih hemat dalam budget
keuntungan pertama dimana dapat diperoleh oleh seseorang yang menggunakan layanan diatas adalah dapat menghemat budget. Pasalnya, anda tidak perlu melakukan pembangunan gedung, membeli rak, menyediakan sistem cooling hingga memperkerjakan seorang ahli IT.

2.Efisien dan standar keamanan
Dengan menggunakan layanan tersebut, anda juga tidak perlu repot-repot untuk mengurus sendiri proses pemeliharaan dan peremajaan pada server. Hal tersebut karena sudah ditangani sepenuhnya oleh provider. Tidak heran apabila anda akan lebih efisien dalam waktu dan biaya.

Memilih keberadaan jasa colocation server memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena belum tentu semua perusahaan dapat dipercaya. Itulah mengapa anda dapat langsung menggunakan nexdatacenter.com.

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.