Berani Lebih Baik Gunakan Perlindungan Anti Cemas

Berani Lebih Baik Gunakan Perlindungan Anti Cemas. Situasi tak menentu saat ini membutuhkan perlindungan untuk semua bidang. Kondisi pandemi yang belum reda menyebabkan perlambatan jalannya perekonomian.

Banyak sektor usaha terdampak akibat pandemi. Kegiatan sehari-hari masyarakat juga ikut terhambat. Namun seperti kata pepatah, “Pertunjukan harus tetap berjalan.” Artinya kegiatan sehari-hari pada semua bidang harus berjalan sembari memperhatikan protokol kesehatan.

Resiko Kegiatan

Setiap kegiatan manusia selalu mengandung resiko. Terkadang resiko ini bisa datang tanpa permisi. Padahal individu dan kelompok sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. Resiko tidak dapat dihindari namun dapat diminimalisir.

Pada bidang usaha resiko terjadi karena ada kecerobohan dalam tindakan. Akibatnya terjadi kecelakaan kerja, kebakaran di tempat kerja, bencana alam, korsleting listrik dan sebagainya. Sedangkan resiko kegiatan pada individu dapat terjadi dengan penyebab seperti; sakit karena kondisi tubuh, kecelakaan ketika berkendara dan kematian.

Jika melihat sederetan resiko berkaitan dengan kegiatan manusia maka sewajarnya dapat melakukan antisipasi tindakan pencegahan dini.

Alat Pengendali Resiko

Resiko dapat dikendalikan dengan berbagai cara. Salah satunya menggunakan instrumen perlindungan. Baik kegiatan pada bidang usaha maupun kegiatan personal, sebaiknya mempunyai instrumen perlindungan sebagai alat pengendali resiko.

Alat pengendali resiko disebut asuransi. Tugu Insurance sebagai perusahaan asuransi umum telah ada di Jakarta  sejak tahun 1981. Pada tahun 2018 Tugu Insurance resmi melantai di Bursa Efek Jakarta. Hal ini menunjukkan kinerja perusahaan dalam kondisi stabil dan baik.

Kinerja perusahaan yang baik berdampak pada kemudahan ketika membutuhkan pendanaan. Tugu Insurance telah melakukan Initial Public Offering atau penawaran saham kepada pemodal melalui Bursa Efek Jakarta. Saat ini perusahaan mengembangkan bisnis melalui penawaran 10 jenis produk asuransi yang terbagi dalam korporasi, retail dan syariah.

Berani Lebih Baik
Perlindungan Kegiatan Manusia | pribadi

Kegiatan dan Perlindungan

1. Bidang Korporasi.

Jenis usaha korporasi yang rentan terkena resiko ada pada bidang usaha energi, properti usaha, kelautan, penerbangan satelit, rekayasa, kredit penjaminan, aneka, tanggung gugat dan kesehatan.

Perlindungan energi. Resiko dapat terjadi pada kegiatan operasional seperti pengendalian sumur minyak, aset lepas pantai serta rangka kapal dan mesin. Jika terjadi kerusakan dimana aset sebagian besar berlokasi jauh dari daratan maka pemilik usaha tidak harus mengeluarkan biaya seketika untuk mengatasi kerugian. Adanya instrumen perlindungan memudahkan kegiatan tetap dapat berjalan. Pemilik usaha hanya perlu menghubungi pihak perlindungan untuk mendapatkan klaim atas resiko yang terjadi pada aset.

Perlindungan kebakaran properti. Bangunan kantor, pabrik dan tempat usaha adalah aset berharga bagi jalannya suatu usaha. Jika terjadi kebakaran karena suatu hal seperti, korsleting listrik, terkena petir, mengeluarkan asap karena masalah teknis, bencana alam maka instrumen perlindungan akan mengatasi hal ini. Pemilik aset dapat lebih tenang memikirkan jalannya usaha. Untuk pengusutan peristiwa kebakaran dan ganti rugi maka instrumen perlindungan yang akan melakukannya.

Perlindungan kelautan. Pembangunan rangka kapal membutuhkan perlindungan. Hal ini dipandang perlu sebab kerusakan teknis dapat terjadi saat pembangunan dan konstruksi kapal. Perlindungan diberikan untuk perusahaan pembangunan kapal, perusahaan subkontraktor pembangunan kapal, perusahaan pemesan kapal dan perusahaan pembiayaan pembangunan kapal.

Perlindungan penerbangan dan satelit. Perjalanan udara sangat riskan atas terjadinya peristiwa tak terduga. Selain situasi yang jauh dari daratan, kejadian karena faktor human error, gangguan teknis dan gangguan alam adalah situasi di luar kendali manusia. Untuk itu perusahaan penerbangan membutuhkan perlindungan. Hal ini untuk memenuhi kewajiban yang timbul akibat dari kejadian tak diinginkan. Menggunakan perlindungan maka  perusahaan terhindar dari menanggung kerugian yang besar.

Perlindungan rekayasa. Perlindungan jenis ini diberikan untuk bangunan dalam proses konstruksi. Hal ini untuk melindungi pemilik bangunan atas resiko pada saat konstruksi sedang dikerjakan maupun terjadi peristiwa yang diakibatkan oleh pihak ketiga.

Perlindungan kredit dan penjaminan. Perlindungan ini diberikan pada tertanggung jika tidak mampu membayar pinjaman akibat hal tertentu. Menggunakan perlindungan ini membantu tertanggung terhindar dari biaya yang harus ditanggung seperti bunga berjalan dan denda.

Perlindungan aneka. Produk perlindungan ini memberikan jaminan pertanggungan pada tenaga kerja yang belum terjamin asuransi lain. Contohnya jika pekerja mengalami cedera dan meninggal dunia akibat kecelakaan kerja.

Perlindungan tanggung gugat. Memberikan perlindungan berdasarkan klaim pihak ketiga akibat kegiatan yang dilakukan tertanggung. Meliputi cedera badan atau kerusakan harta benda. Berlaku untuk jenis perusahaan manufaktur, retail dan distribusi.

Perlindungan kesehatan. Memberikan perlindungan terhadap karyawan dan keluarga berkaitan dengan kondisi kesehatan mereka. Adapun layanan yang dijamin adalah rawat jalan, rawat inap, rawat bersalin, kacamata dan rawat gigi.

2. Bidang Retail.

Untuk bidang retail, terdapat perlindungan bagi pemilik kendaraan bermotor. Baik roda dua maupun roda empat. Memberikan perlindungan pada kendaraan yang kita gunakan sehari-hari membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan tenang.

Kendaraan roda empat. Perlindungan diberikan untuk kehilangan atau total loss dan comprehensive atau kerusakan sebagian maupun kerusakan menyeluruh. Cara klaim sangat mudah yaitu  cukup melalui aplikasi smartphone maupun layanan pelanggan pada whatsapp atau telepon customer service langsung. Perlindungan ini dilengkapi layanan 24 jam yang dapat membantu tertanggung ketika mengalami kendala di jalan raya.

Kendaraan roda dua. Perlindungan diberikan untuk kehilangan kendaraan dan kerusakan diatas 75% akibat kecelakaan atau kejadian tidak sengaja lainnya. Klaim dapat diajukan secara mudah melalui aplikasi smartphone.

Peristiwa patah tulang. Mengalami cedera ketika berkendara pada beberapa kasus sampai terjadi peristiwa patah tulang. Untuk itu terdapat perlindungan khusus cedera patah tulang. Produk ini  memberi penggantian ketika tertanggung melakukan pengobatan patah tulang  baik secara medis maupun tradisional

3. Bidang Syariah

Untuk perlindungan syariah sama seperti perlindungan umum hanya saja konsepnya dilakukan secara syariah. Menariknya pada perlindungan syariah terdapat perlindungan kecelakaan diri ketika tertanggung sedang menjalankan ibadah umroh maupun ibadah haji.

Pengalaman Pribadi Menggunakan Perlindungan

Sebagai wanita pekerja, kegiatan saya mempunyai mobilitas tinggi. Perjalanan dari rumah  ke tempat kerja dan sebaliknya membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena harus membelah jalan ibu kota yang super padat.  Sesekali saya menggunakan kendaraan pribadi dan selebihnya menggunakan transportasi umum

Resiko yang mengintai kegiatan saya tentunya berkaitan dengan keselamatan jiwa ketika berada di jalan raya. Terlebih situasi pandemi saat ini. Melakukan kegiatan luar rumah layaknya sedang pergi ke medan perang. Karena harus membekali diri dengan serangkaian peralatan pencegah virus berkaitan dengan pandemi.

Masker dan cadangannya, hand sanitizer, face shield, spray penyemprot kuman dan virus selalu siap sedia di dalam tas saya. Tak lupa juga selalu membawa bekal botol minum dan bekal makanan untuk mengisi energi ketika sedang di perjalanan.

Pandemi yang berlangsung hampir satu tahun ini mengakibatkan banyak perubahan cara berkegiatan manusia. Anjuran dipatuhinya protokol kesehatan atau 3 M (menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan) menjadi kebiasaan baru yang harus dilakukan dengan kesadaran.

Resiko Pribadi

Kegiatan yang mengharuskan saya pergi ke luar rumah saat pandemi tentu beresiko. Resiko pertama kemungkinan dapat tertular virus pandemi. Terlebih jika bertemu dengan banyak orang. Resiko kedua kemungkinan terjadi kecelakaan di jalan raya mengingat semenjak pandemi saya lebih sering menggunakan kendaraan pribadi.

Alasan saya lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi selain aman dari segi penularan virus pandemi tentu nyaman digunakan. Walaupun kelemahannya saya sering merasa kelelahan mengendarai kendaraan. Jika sudah kelelahan maka daya tahan tubuh menurun. Sehingga timbul resiko berikutnya yaitu tubuh dapat terserang penyakit.

Padahal saat pandemi seperti sekarang, sakit adalah sesuatu yang harus kita hindari. Namun saya tidak mempunyai pilihan.  Untuk itu saya berjaga-jaga dengan konsumsi makanan bernutrisi, konsumsi suplemen dan olahraga. Tak lupa selalu istirahat yang cukup serta menyiapkan instrumen perlindungan berupa asuransi.

Asuransi Produk Perlindungan Wajib untuk Semua

Tidak ada sesuatu yang dapat diprediksi secara pasti pada setiap kegiatan manusia. Begitu juga kegiatan yang sehari-hari kita lakukan. Saya mempunyai tiga jenis asuransi untuk melindungi diri dari kejadian tak terduga.

Asuransi yang saya miliki adalah asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan asuransi kendaraan. Untuk asuransi jiwa bermanfaat jika terjadi sesuatu pada diri pribadi maka keluarga akan mendapat hak dari asuransi tersebut.

Sedangkan asuransi kesehatan sangat penting untuk melindungi saat saya pribadi jatuh sakit. Pada situasi pandemi saat ini, mempunyai asuransi kesehatan adalah solusi terbaik. Walaupun demikian saya berusaha sekuat tenaga untuk menjalani pola hidup sehat dan menjalankan protokol kesehatan.

Asuransi terakhir yang saya miliki, adalah asuransi kendaraan. Bagaimanapun resiko terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan kemungkinan besar dapat terjadi. Alhamdulillah selama ini situasi dan kondisi saya selama mengendarai kendaraan di jalan raya baik- baik saja.

Hal ini bisa terjadi karena secara psikologis merasa terlindungi dengan adanya instrumen asuransi kendaraan yang saya miliki. Efeknya saya dapat mengemudi dengan tenang, karena kalau terjadi sesuatu di jalan raya sudah mempunyai perlindungan sementara.

 Perlindungan Pribadi
Pentingnya Perlindungan Pribadi | pribadi

Berani Lebih Baik Kembangkan Keahlian

Dampak pandemi yang belum usai turut memukul sebagian besar pendapatan orang. Banyak yang terkena penurunan pendapatan sampai kehilangan mata pencaharian. Terbatasnya ruang gerak dan masih dibatasinya tempat berkegiatan produktif menjadi penyebab lambannya perputaran kegiatan ekonomi.

Hal ini menjadi efek domino yang dirasakan semua orang. Sebagai pekerja saya pun merasakan dampak pandemi ini. Berkurangnya pendapatan tidak membuat saya menjadi putus asa. Banyak jalan menuju roma, begitu kata pepatah.

Ketika perusahaan memutuskan merumahkan sebagian besar karyawan, saya ikut terkena dampaknya. Namun saya tidak boleh menyerah dengan keadaan. Kehidupan harus terus berjalan. Solusinya berusaha mengembangkan keahlian yang saya miliki.

1. Usaha Makanan Rumahan

Dunia kuliner menarik perhatian saya untuk mencoba peruntungan mendapatkan penghasilan tambahan. Berawal dari hobi membuat makanan rumahan untuk konsumsi keluarga, akhirnya saya memberanikan diri menawarkan pao aneka isi dan bakso ayam beku. Berbekal uang tabungan, saya memutar uang tersebut untuk modal usaha pembuatan makanan rumahan.

Usaha saya memang masih pemula. Sambil mengurus rumah saya hanya membuat pao dan bakso ayam beku jika menerima pesanan saja. Namun alhamdulillah setiap bulannya terjadi kenaikan omset dimana keuntungannya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebagai media promosi saya baru mengandalkan promosi dari mulut ke mulut antara teman dan tetangga sekitar.

Terkadang promosi usaha ini saya titipkan pada media sosial teman yang mempunyai banyak pengikut. Hasilnya beberapa pesanan sudah pernah saya dapatkan. Saya bersyukur keberanian saya berusaha makanan rumahan akhirnya menghasilkan pemasukan. Setidaknya dapat membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari.

2. Usaha Mengoptimasi Blog

Menulis adalah hobi yang saya tekuni sejak remaja. Seiring kemajuan zaman, saat ini tersedia media digital untuk menyalurkan karya tulis menulis. Salah satu platform media digital yang saya pilih adalah blog. Berbekal jejaring pertemanan di dunia blogger saya banyak mendapatkan pengetahuan tentang cara mengoptimasi blog.

Awal mula blog saya hanya tempat curhat semata. Saat ini mengalami perubahan menjadi blog yang di monetisasi. Saya bersyukur hobi saya melalu platform blog sudah mendapatkan penghasilan. Setidaknya beberapa kerjasama sudah pernah saya dapatkan dari brand terkemuka.

Mulai dari kerjasama membuat content placement, penempatan backlink placement sampai mengulas tentang produk. Hal ini menjadi sumber pemasukan dari blog untuk menutupi kebutuhan sehari-hari.

Rasa Syukur atas Keadaan

Situasi pandemi yang berimbas pada melambatnya ekonomi tak menyurutkan langkah saya untuk berusaha dibarengi tawakal. Lambat laun usaha makanan rumahan dan optimasi blog mulai tampak menghasilkan. “Selalu ada jalan jika mau berusaha.” Kalimat bijak itulah yang menjadi pegangan saya kala rasa gamang melanda.

Kini urusan dapur secara perlahan namun pasti sudah mendapatkan jalan terang. Sebagian keuntungan dari omset dan pendapatan blog dapat saya alokasikan untuk membayar premi asuransi yang saya miliki. Bagaimanapun situasi kondisi yang terjadi, menurut saya asuransi tetap diperlukan untuk memberikan rasa aman karena ada perlindungan bagi diri dan keluarga.

Asa dan Impian

Saya pribadi selalu percaya situasi saat ini akan kembali membaik. Walaupun terdapat perubahan perilaku namun semua menuju ke arah lebih baik. Ada asa dan impian yang akan kita raih. Terlebih akhir tahun banyak persiapan dilakukan pembuat kebijakan publik untuk mengatasi pandemi. Semoga tahun baru nanti pandemi segera berakhir.

Saya pribadi mempunyai impian untuk belajar memanfaatkan media sosial dan digital marketing berkaitan dengan pemasaran usaha makanan rumahan saya. Selain itu untuk optimasi blog saya berkeinginan lebih banyak mempelajari pembuatan konten secara lebih baik lagi.

Semoga pandemi berlalu dan dunia cepat membaik, supaya kehidupan dapat berjalan normal sebagaimana mestinya. Demikian ulasan event Berani Lebih Baik Gunakan Perlindungan Anti Cemas.

Salam

 

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.