Tips Membuat Minuman Sehat untuk Merawat Mata

Tips Membuat Minuman Sehat untuk Merawat Mata. Penglihatan manusia dapat terjadi karena dibantu  panca indera yang bernama mata. Namun mata mempunyai keterbatasan fungsi berkaitan dengan bertambahnya usia individu. Untuk itu dibutuhkan usaha supaya fungsi mata tidak cepat mengalami penurunan. Sehingga kesehatan mata terjaga.

Salah satu cara merawat fungsi mata melalui asupan makanan dan minuman bernutrisi. Untuk sebagian individu, memasak dengan bahan baku segar adalah kegiatan yang merepotkan. Alternatifnya dapat membuat minuman segar dari teh hijau. Sedangkan buah atau sayur dapat dibuat minuman dengan cara diblender atau dijuicer.

Kombinasi buah dan sayur dapat digunakan ketika membuat minuman segar. Hal ini bertujuan untuk menghindari rasa bosan. Minuman segar dari buah dan sayur dapat menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk mata.

Minuman Sehat
Juice Wortel

Minuman Sehat

Minuman ini terbuat dari bahan baku air bersih, tidak mengandung pemanis buatan, tidak mengandung bahan kimia dan hanya terbuat dari buah dan sayur segar. Cara membuatnya bisa dijuicer, diblender maupun disajikan dalam bentuk buah potong kecil. Hasilnya berupa juice, smoothie, sop buah dan es buah.

Saran penyajian minuman untuk merawat kesehatan mata sebaiknya tidak menambah pemanis buatan. Jika ingin menambah pemanis sebaiknya berupa pemanis alami dapat menggunakan madu atau gula aren/ nira.

Penghancuran Buah dan Sayur

1. Juicer. Hasil akhir hanya mengambil sari buah dan sayur dari proses penghancuran di mesin juicer. Akan ada sisa hasil atau ampas dari buah atau sayur yang tidak ikut dikonsumsi. Proses juicer secara umum tidak menambahkan air. Hanya mengandalkan air yang terdapat pada buah atau sayur yang di juicer.

2. Blender. Proses penghancuran buah dan sayur yang diblender mengeluarkan semua bagian buah  dalam bentuk bubur. Tidak ada sisa atau ampas yang terbuang. Karena hasil blender ditambahkan air maka ketika diminum sebaiknya diaduk lebih dulu supaya sari buah dan air bercampur menjadi satu.

3. Smoothie. Sama seperti blender hanya saja ditambahkan youghurt. Hasil akhir cenderung lebih pekat.

4. Potongan Buah. Buah dipotong kecil dan ketika dikonsumsi bersama air gula atau limun. Masih terasa wujud buah aslinya. Biasanya terdapat pada minuman segar es campur atau sop buah.

Kombinasi Buah dan Sayur

1. Wortel. Sayur berwarna oranye ini identik dengan sayuran yang mengandung vitamin A dan beta karoten. Rasanya yang segar dan manis membuat wortel dapat disantap dengan berbagai macam cara. Bisa dijadikan lalapan, aneka olahan sayur sampai dijadikan minuman juice wortel.

Jika dibuat minuman segar umumnya wortel dijuicer untuk diambil sarinya saja. Sedangkan ampasnya dibuang. Juice wortel dapat diminum begitu saja tanpa tambahan pemanis lagi. Untuk varian rasa dari juice wortel dapat dikombinasikan dengan berbagai sayur dan buah sebagai berikut;

  • wortel dengan tomat, juicer secara bersamaan wortel dan tomat yang sudah dicuci bersih
  • wortel dengan tomat dan lemon, juicer lebih dulu wortel dengan tomat. Sementara ditempat lain ambil sari lemon dengan cara memotong dan memeras. Jika jus wortel tomat sudah jadi, tambahkan beberapa sendok sari lemon ke dalamnya.
  • wortel dengan mangga. Perpaduan vitamin A pada wortel dan vitamin C pada mangga membuat asupan nutrisi untuk penglihatan semakin lengkap.

Mengandung Antioksidan

Jika wortel mengandung vitamin A maka tomat dan mangga mengandung antioksidan dan vitamin C. Vitamin A berfungsi merawat retina mata. Jika retina terawat maka fungsi penyerapan cahaya menjadi maksimal dan penglihatan menjadi lebih jelas.  Sedangkan kandungan antioksidan dan vitamin C pada tomat dan mangga dapat menurunkan resiko penggumpalan protein atau terjadinya katarak pada mata.

2. Sayur Kale. Sayuran berwarna hijau ini termasuk dalam kelompok kol atau kubis. Kandungan nutrisi dalam kale selain serat yaitu vitamin C, kalsium, zat besi, lutein dan zeaxthin serta antioksidan. Berguna untuk mencegah penurunan fungsi penglihatan dan katarak. Untuk varian kombinasi minuman kale dapat diblender dengan campuran sayur dan buah sebagai berikut.

  • Kale ditambah  apel dan perasan air lemon. Apel adalah buah yang kaya serat sekaligus mempunyai kandungan antioksidan yang sangat tinggi.
  • Kale ditambah metimun dan apel. Metimun mengandung antioksidan dan vitamin C.
  • Kale ditambah bluebery atau blackberry. Antioksidan terdapat pada buah blueberry dan blackberry.

Menurunkan Resiko Katarak

3. Teh Hijau. Nutrisi pada teh hijau dipercaya dapat melancarkan peredaran darah. Jika peredaran darah lancar maka distribusi nutrisi akan sampai ke organ mata dengan baik. Teh hijau mengandung antioksidan, vitamin B, asam folat, mangan, kalium, magnesium dan kafein dalam jumlah kecil. Teh hijau baik dikonsumsi dalam keadaan hangat dan diberikan sedikit perasan air jeruk lemon. Kandungan vitamin C pada lemon dapat menurunkan resiko penyakit mata katarak.

4. Pepaya. Buah berwarna oranye ini mengandung vitamin A yang berfungsi merawat retina untuk menyerap cahaya. Untuk menghasilkan minuman segar berbahan dasar pepaya dapat diblender dengan perasan air jeruk nipis atau lemon. Perpaduan pepaya dan air lemon membuat minuman ini terasa ringan dan segar.

5. Jambu Biji Merah. Kandungan vitamin A dan C pada jambu biji merah baik untuk menjaga kesehatan retina mata. Jika ingin membuat kombinasi minuman blender jambu biji, maka dapat ditambahkan buah strawberry yang mengandung antioksidan dan vitamin C.

Demikian Tips Membuat Minuman Sehat untuk Merawat Mata. Bagaimana dengan teman semua. Apakah mempunyai pengalaman dalam membuat minuman sehat untuk merawat mata? Boleh share ya dikolom komentar. Terima Kasih.

Salam

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.