Sponsor Anak Bantu Wujudkan Toilet Pribadi nan Humanis

Ketersediaan toilet pribadi dalam hunian adalah syarat terciptanya kehidupan sehat. Ini diupayakan Sponsor Anak Bantu Wujudkan Toilet Pribadi. Terutama jika dalam hunian terdapat anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

Periode pertumbuhan anak harus didukung lingkungan dan perilaku masyarakat dalam menjalankan hidup sehat. Ketersediaan sanitasi yang baik salah satunya jamban atau toilet pribadi untuk buang air besar mutlak dimiliki setiap warga.

Sponsor anak
Anak sebagai generasi penerus | canva

Ketiadaan Toilet Pribadi

Bagi sebagian besar masyarakat mempunyai hunian atau tempat tinggal sudah satu paket dengan toilet pribadi. Namun di pelosok daerah lain masih banyak warga yang belum menganggap penting keberadaan toilet pribadi dalam rumah.

Salah satu contoh adalah warga Desa Wailukum, Kabupaten Halmahera Timur. Beberapa warga desa ini selama puluhan tahun melakukan buang air besar di pinggir pantai. Begitu juga dengan kegiatan membuang sampah dilakukan di pinggir pantai.

Perilaku Tidak Sehat

Perilaku masyarakat yang kurang peduli dengan kesehatan tersebut tentu menjadi keprihatinan bersama. Bisa dibayangkan betapa tidak sehatnya lingkungan pinggir pantai. Limbah hasil buangan selain mencemari pantai juga dapat mengganggu kesehatan warga khususnya pertumbuhan fisik anak – anak.

Penyakit yang ditimbulkan akibat buang air besar sembarangan diantaranya infeksi pencernaan seperti diare. Hal ini terjadi karena sumber air dan bahan makanan tercemar kotoran manusia. Selain itu pada anak – anak rentan terserang infeksi pernafasan atau pneumonia akibat terpapar udara yang tercemar feses manusia.

Moment PERTAMA

Berangkat dari keprihatinan akan ketiadaan toilet pribadi yang layak, Wahana Visi Indonesia mengadakan campaign World First atau Moment Pertama dengan menggalang donasi untuk membantu anak – anak mendapatkan Momen PERTAMA kali mempunyai toilet di rumah.

Hasil yang didapatkan adalah sebanyak 23 KK dan 8 diantaranya sepakat membangun toilet pribadi dalam hunian mereka. Salah seorang ibu berinsiatif membangun toilet pribadi sehat keluarganya dengan mengumpulkan material sendiri seperti pasir dan baru. Atas dorongan dan bantuan dari Wahana Visi Indonesia akhirnya ia bisa menyelesaikan jamban pribadi dalam rumah tinggalnya.

Kegembiraan Anak

Selesainya pembuatan toilet dan jamban pribadi membuat anak pemilik rumah gembira. Biasanya untuk kegiatan buang air besar harus menumpang di WC umum atau jamban yang ada pada rumah tetangga. Namun setelah mempunyai toilet sendiri dalam rumah kini ia tidak perlu bersusah payah untuk antri ketika hendak buang air besar.

Program Sponsor Anak

Mengikuti program Sponsor Anak untuk Momen PERTAMA kali mempunyai toilet di rumah berarti Anda telah ikut berkontribusi pada proyek jangka panjang bidang kesehatan. Wahana Visi Indonesia mempunyai program pengembangan pada 4 sektor utama yaitu kesehatan, pendidikan, perlindungan anak dan ekonomi.

Wahana Visi Indonesia telah mendampingi lebih dari 85.000 anak yang terdapat di 52 wilayah Indonesia. Semua pendampingan terjadi berkat dukungan sponsor individual dari Indonesia dan 11 negara lain. Menjadi sponsor anak adalah salah satu upaya mewujudkan kehidupan generasi penerus yang lebih baik.

Cara Menjadi Sponsor Anak
1. Temukan anak yang membutuhkan dukungan
2. Isi formulir
3. Konfirmasi donasi
4. Staff Wahana Visi Indonesia akan menghubungi Anda

Yang Didapatkan ketika Menjadi Sponsor Anak
1. Menerima Paket Selamat Datang berisi profil dan foto anak sponsor Anda, panduan Program Sponsor Anak dan informasi tentang wilayah dampingan. Anak sponsor akan mengirimkan surat perkenalan dalam waktu 120 hari. Anda akan mendapatkan akses ke MYSPONSORSHIP sebuah portal resmi yang dibuat khusus bagi sponsor Wahana Visi Indonesia.

2. Menerima Laporan Tahunan Anak sehingga Anda dapat mengetahui perkembangan dan pencapaian dari anak yang Anda dukung. Akan ada surat balasan dari anak terhadap surat atau balasan yang Anda kirimkan untuk mereka. Bahkan dapat mengunjungi anak sponsor Anda serta menyaksikan kisah inspiratif yang terjadi.

3. Anda dapat mengirimkan surat dan kartu serta hadiah berupa barang dan uang bagi kebutuhan khusus yang diperlukan anak satu kali dalam satu tahun. Mendengar kabar dari sponsor adalah kegembiraan buat anak sponsor.

Transparansi Wahana Visi Indonesia

Bantuan bulanan yang Anda berikan dikelola melalui suatu program jangka panjang pada suatu komunitas untuk memberikan perubahan dalam kehidupan anak. Bantuan Anda terhadap anak sponsor diharapkan berkesinambungan setidaknya sampai anak sudah lulus SMA atau berusia 18 tahun. Namun diperkenankan jika bantuan terhadap anak sponsor dengan melihat perkembangan dan situasi kondisi pemberi dana.

Untuk akuntabilitas dan tranparansi dana bantuan dan penyaluran, dilakukan audit reguler oleh auditor internal maupun eksternal. Sebagai pertanggungjawaban maka laporan tahunan dikirimkan Wahana Visi Indonesia kepada semua sponsor anak.

Demikian review Sponsor Anak Bantu Wujudkan Toilet Pribadi dan Humanis. Yuk kita bantu Momen PERTAMA kali mempunyai toilet di rumah bagi anak – anak melalui Wahana Visi Indonesia. Pastinya bantuan dari Anda sangat berarti untuk anak – anak ini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.