Memilih Wedding Package Hotel untuk Resepsi Pernikahan

Pernikahan impian adalah idaman setiap orang. Bagi yang pertama kali menikah menggunakan layanan Wedding Package Hotel adalah solusi terbaik. Selain lebih praktis tersedia pilihan paket lengkap yang dapat disesuaikan dengan anggaran dari calon pengantin. Berbekal pengalaman mumpuni, layanan Wedding Package Hotel dapat mewujudkan acara resepsi pernikahan sesuai yang diinginkan calon pengantin.

Berbagai layanan paket pernikahan hotel dapat dilihat konsep dan datilnya melalui laman elektronik pada situs layanannya. Bagi calon pengantin mungkin akan merasa bingung harus memilih diantara sekian banyak layanan. Namun terdapat konsultan wedding package hotel yang dapat memberikan keterangan dan informasi secara lengkap.

wedding package hotel
Dekorasi tempat resepsi pernikahan | canva

Memilih Wedding Package Hotel

Persiapan sebelum melakukan resepsi pernikahan biasanya dilakukan kurang lebih satu tahun sebelum hari – H. Hal ini berlaku jika calon pengantin ingin mengadakan resepsi selain di rumah. Bisa di gedung, hotel maupun restoran. Lamanya waktu yang dibutuhkan berkaitan dengan ketersediaan tempat atau venue yang akan digunakan. Untuk itu harus disiasati dengan melakukan sewa tempat sejak jauh hari. Bahkan ada yang bersedia masuk dalam waktu tunggu demi mendapatkan waktu istimewa yang diinginkan.

Rekomendasi Tempat

Acara resepsi pernikahan yang sesuai keinginan dan tanpa kekurangan apapun adalah impian semua calon pengantin. Untuk itu rekomendasi tempat pernikahan dari orang yang sudah pernah menggunakan jasa wedding package hotel dapat menjadi pertimbangan. Alasannya calon pengantin dapat menganalisa kelebihan dan kekurangan yang ada. Sehingga dapat diperbaiki jika ingin menggunakan venue tersebut.

Setelah mendapatkan rekomendasi, survei tempat dengan datang secara langsung sebagai pembuktian. Hal ini untuk menyiasati adanya perubahan situasi seiring berjalnnya waktu. Misalnya hotel mengalami pemugaran atau venue wedding dalam lingkungan hotel berpindah lokasi dan sebagainya.

Lokasi Hotel dan Penggunaan Fasilitas

Memilih hotel sebagai tempat resepsi tentu harus mempertimbangkan kemudahan akses transportasi serta sarana pendukung. Lokasi hotel yang ada di tepi jalan raya tentu lebih terjangkau dari segi akses transportasi dibandingkan yang jauh dari jalan raya.

Selain itu perhatikan apakah diberikan penggunaan fasilitas khusus untuk tamu undangan dan kerabat calon pengantin. Misalkan fasilitas tempat parkir dalam gedung hotel, penggunaan toilet, ketersediaan ruang rias, ruang backdrop foto dan sebagainya. Hal ini penting mengingat hotel adalah tempat umum. Jangan sampai tamu undangan resepsi menggunakan fasilitas untuk tamu hotel atau sebaliknya.

Konsep Pernikahan

Adanya konsep pernikahan menentukan sarana dan fasilitas yang akan digunakan. Calon pengantin dapat menentukan apakah resepsi pernikahan berkonsep di dalam ruang atau luar ruang. Kepraktisan menggunakan hotel sebagai tempat resepsi didukung oleh sarana ketersediaan ballroom atau aula pernikahan yang menampung banyak orang.

Pemilihan Venue

Namun perlu diingat daya tampung ballroom setiap hotel mempunyai batasan. Beberapa hotel menyediakan tempat untuk resepsi pernikahan luar ruang yang berada di taman hotel. Mengingat area venue hotel untuk resepsi pernikahan terbatas maka pertimbangkan jumlah tamu serta kerabat yang akan diundang. Hal ini penting supaya tamu merasa nyaman.

Dekorasi

Layaknya pesta pernikahan tentu dihias dengan aneka dekorasi.  Baik pada pelaminan maupun venue lokasi. Khusus untuk pelaminan biasanya calon pengantin menginginkan dekorasi dengan tema tertentu. Diskusikan dengan pihak penyelenggara apakah bisa membuat dekorasi sesuai keinginan dari pengantin. Biasanya sudah tersedia pilihan tema dekorasi dari pihak vendor yang bekerja sama dengan hotel. Untuk kepraktisan calon pengantin dapat memilih tema yang mendekati keinginan.

Menjamu Tamu Undangan

Mengadakan resepsi pernikahan bertujuan memberi informasi kepada khayalak terutama kerabat dan handai taulan mengenai terjadinya ikatan suci antara sepasang calon pengantin. Hal ini membutuhkan kehadiran saksi baik dari kalangan kerabat dan handai taulan. Kedatangan tamu undangan tentu harus dijamu sebagai bentuk penghormatan dari pengundang dalam hal ini calon pengantin.

Menu Makanan

Kelebihan memilih wedding package hotel ada pada hidangan atau menu makanan yang akan disajikan saat resepsi pernikahan. Pihak hotel sudah terbiasa memasak aneka hidangan dalam jumlah besar karena mempunyai peralatan berikut piranti sajinya.

Makanan yang disajikan akan fresh karena langsung dimasak pada kitchen hotel tersebut. Untuk memilih sajian menu sudah tersedia pilihan paket. Calon pengantin sebaiknya melakukan uji coba rasa pada sampel menu sebelum menentukan paket pilihannya.

Tata Rias dan Busana

Menjadi ratu dan raja sehari terlihat dari tampilan yang “manglingi” dari sepasang pengantin di pelaminan. Untuk itu dibutuhkan tata rias dan busana yang sesuai dengan proporsi tubuh pasangan pengantin. Konsep pernikahan busana pengantin terbagi beberapa yaitu busana nasional yang lebih simpel, busana pengantin barat atau busana pengantin dengan baju tradisional adat istiadat.

Pemilihan busana pengantin biasanya satu paket dengan tata rias. Jika menggunakan layanan wedding package hotel, maka calon pengantin akan ditawarkan pilihan tata rias dan busana dalam satu paket. Umumnya hotel sudah bekerjasama dengan vendor tata rias dan busana khusus pengantin yang profesional.

Pembawa Acara dan Hiburan

Suatu acara terlebih resepsi pernikahan tentu memerlukan pembawa acara atau Master of Ceremony (MC). Selain bertugas memandu jalannya acara juga menjadi penghibur suasana resepsi. Biasanya ditambahkan hiburan berupa live music atau penyanyi lagu.

Pilihan MC dan hiburan tersedia dengan profesional jika menggunakan wedding package hotel. Hal ini wajar karena hotel sudah terbiasa mengadakan event berupa pertunjukkan atau kegiatan yang melibatkan tenaga entertain.

Dokumentasi

Pernikahan adalah kejadian yang terjadi sekali sepanjang hayat. Tentu banyak momen yang ingin diabadikan sebagai tanda kenangan. Untuk itu pilihan mendokumentasikan kegiatan penting dilakukan.

Wedding package hotel menyediakan dokumentasi mulai dari sesi foto pengantin, foto keluarga, foto selama prosesi dan resepsi sampai foto untuk photo box tamu undangan sebagai cendera mata. Calon pengantin dapat melihat contoh dokumentasi model maupun dari klien sebelumnya. Pemilihan latar belakang foto dapat disesuaikan dengan tema dan konsep pernikahan.

Datang Sebelum Hari – H

Jika calon pengantin sudah menentukan pilihan dari rangkaian layanan wedding package hotel, maka langkah terakhir menentukan tingkat persiapan menjaelang hari – H. Ada baiknya calon pengantin jika memungkinkan datang untuk melihat persiapan menjelang H-2.

Jika calon pengantin harus dipingit berkaitan dengan aturan adat maka dapat mengutus perwakilan keluarga untuk melakukan cek persiapan pada hotel yang sudah dipilih. Beberapa calon pengantin datang untuk cek lokasi H – 2 sekaligus menjalani gladi resik atau latihan persiapan menjelang pernikahan.

“HARRIS Hotels” sebagai salah satu penyedia venue wedding package hotel dapat menjadi salah satu pilihan. Jika persiapan sudah dilakukan dengan seksama, maka calon pengantin tinggal mempersiapkan diri menyembut hari – H. Demikian tips Cara Memilih Wedding Package Hotel untuk Resepsi Pernikahan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.