Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Secara Alami

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Secara Alami penting diketahui semua orang. Jika fungsi pencernaan bekerja baik maka kegiatan akan lancar. Organ tubuh yang ada pada diri kita lambat laun akan menurun fungsinya. Terdapat tiga faktor yang menjadi penyebab menurunya fungsi organ tubuh. Pertama faktor bawaan genetik. Seperti di ceritakan Mbak Aisyah Dian pada artikel Kalahkan Diabetes Miletius.

Faktor alami kedua adalah pertambahan usia.Terakhir faktor perilaku diri sendiri baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Seperti kebiasaan gaya hidup seperti merokok serta mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak sesuai asupan nutrisinya.

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Secara Alami
Gangguan Pencernaan | Pixabay.com

Pengalaman Pribadi Mengalami Gangguan Pencernaan

Sebagai anak yang dibesarkan di daerah Sungai Gerong, Sumatera Selatan, saya akrab sekali dengan makanan khas yang bernama pempek. Menghabiskan masa kecil 10 tahun dari mulai taman kanak-kanak, saya terbiasa menyantap pempek tanpa kenal batas waktu. Sewaktu jam istirahat sekolah tiba, ya jajanan saya adalah pempek dengan kuah cuka asam pedas. Pulang sekolah sampai di rumah saya pasti minta dibelikan jajanan makan pempek lagi. Begitu seterusnya.

Jajanan lain kesukaan saya adalah kerupuk kemplang dengan sambal coklat asam pedas. Entah kenapa saya sangat menikmati sesuatu yang mempunyai rasa asam pedas seperti kuah cuka pempek. Pindah ke Jakarta saya mengenal dan menyukai makanan asinan betawi lagi-lagi dengan sambal asam pedas yang lezat dan menggiurkan.

Mulai Mengalami Masalah Pencernaan

Hal ini berlangsung lama sampai sekitar 10 tahun lalu dari saat ini saya mulai terkena gangguan pencernaan. Mulai dari asam lambung yang rajin datang menyapa setiap pagi, sampai diare yang berkepanjangan tanpa bisa dikendalikan. Berpuluh kali saya menjalani pengobatan ke dokter spesialis pencernaan, diresepkan obat setelah obatnya habis ya kambuh lagi penyakit pencernaan saya.

Sampai akhirnya bertemu dr. Spes. KGEH, yang sepertinya bosan melihat saya bolak- balik datang berobat dengan keluhan yang sama. Beliau menyarankan dilakukan tindakan pemeriksaan endoskopi dan kolonoskopi untuk mengetahui apakah ada faktor penyebab lain pada organ pencernaan saya.

Hasil Pemeriksaan Pencernaan

Setelah melalui pertimbangan saya setuju dengan harapan masalah pencernaan saya dapat selesai tanpa pernah kembali lagi. Hasil dari pemeriksaan endoskopi dan kolonoskopi ditemukan banyak titik-titik jamur pada dinding lambung. Di tambah dengan produksi asam lambung berlebih yang menggerus selaput dinding lambung.

Jadi inilah penyebab bawaan yang harus di obati dulu sebelum diberikan treatment untuk meminimalisir produksi asam lambung berlebih. Menurut dokter kemungkinan karena saya rajin mengkonsumsi sesuatu yang terlalu asam dan pedas. Ya apalagi kalau bukan dari kuah cuka pempek sejak jaman baheula hehehe . Duh maapkeun ya..

Pengobatan Selama Satu Tahun

Selama satu tahun saya menjalani pengobatan plus perawatan pengendalian asam lambung dengan obat kimia dari dokter. Suatu hari dr. spes KEGH menyarankan untuk mulai melepaskan diri dari ketergantungan obat kimia karena ini berdampak tidak baik untuk kinerja ginjal.

Seberapa penting Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menurut penelitian 80% daya tahan tubuh ada pada sistem pencernaan. Hal ini terjadi karena sistem pencernaan menyalurkan nutrisi ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Ketika pencernaan tidak dapat mencerna makanan dengan baik maka disitulah terjadi gangguan pencernaan.

Gangguan pencernaan yang terjadi meliputi  asam lambung naik, intoleransi makanan (karena kurangnya enzin pencernaan), peradangan pada lapisan keronkongan, peradangan dinding lambung, radang usus dan gangguan usus besar.

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Secara Alami

1.Hindari stress karena beban pikiran. Salah satu penyebab gangguan pencernaan naiknya asam lambung adalah karena stress akibat banyak pikiran. Menurut penelitian jika stress melanda maka akan muncul hormon tertentu yang akan berpengaruh terhadap naiknya kadar asam lambung. Jadi hindari stress ya..

2.Rajin berolahraga. Dengan berolahraga kita menggerakkan semua anggota tubuh. Olah raga juga mengatur sistem pernafasan lebih baik. Membuat fungsi organ tubuh termasuk pencernaan teraliri oksigen dengan baik. Jadi jangan lupa olah raga.

3. Rajin minum air putih. Minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap hari menghindari tubuh dari dehidrasi. Dengan demikian kerja ginjal tidak berat sehingga bisa menyaring residu  hasil pengolahan makanan di pencernaan untuk dikeluarkan kembali.

4. Batasi dan hindari makanan junk food/makanan cepat saji. Makanan junk food atau cepat saji mengandung tinggi garam, lemak, minyak dan pengembang seperti kentang goreng, fried chiken, pizza. gorengan dengan minyak daur ulang dsb. Apabila dikonsumsi dalam jangka panjang maka dapat memicu gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare.

Makanan Cepat Saji | Pixabay.com

5. Batasi dan hindari makanan berpengawet/ instant/ kalengan. Makanan berpengawet instant dan kalengan biasanya ditambahkan pengawet makanan buatan seperti natrium benzoat. Untuk sebagian orang yang mempunyai pencernaan sensitif ini dapat menyebabkan diare.

6. Batasi dan hindari makanan pedas/asam/tinggi garam berlebih. Mengkonsumsi makanan terlalu pedas/asam/tinggi garam memicu asam lambung naik. Hal ini dapat mengakibatkan selaput lambung teriritasi. Kondisi akhir yang terjadi biasanya nyeri ulu hati, mual, muntah dan kembung.

7. Mengkonsumsi makanan sehat berserat. Untuk menurunkan kadar asam lambung dan efek kembung serta nyeri, dokter menyarakan mengkonsumsi makanan yang kaya serat. Seperti buah, sayur dan makanan yang mengandung gandum.

8. Mengkonsumsi ramuan herbal dalam dosis yang wajar.  Untuk merawat pencernaan dokter menyarankan saya meminum ramuan herbal alami yang dapat di buat sendiri. Misalkan air rebusan kunyit asam, temulawak, jahe, sereh, daun salam dsb. Tanaman herbal mengandung zat anti oksidan dan anti peradangan alami yang minim efek samping.

9. Jangan Lupa Sarapan Pagi dan patuhi jam makan secara teratur. Untuk menetralisisr asam lambung jangan membiarkan lambung dalam kondisi kosong. Lambung yang terisi makanan dapat menetralisir asam lambung berlebih.

Bagaimana Kondisi Pencernaan Saya Saat Ini?

Alhamdulillah pencernaan saya sudah berfungsi dengan baik. Gejala naiknya asam lambung jarang sekali terjadi dan saya sudah bisa makan asam pedas dengan ambang batas tertentu. Untuk mencicipi rasa asam seperti kuah cuka pempek biasanya saya membuat sendiri dengan asam dari jeruk nipis atau asam jawa.

Untuk merasakan pedas nya sambal cukup dengan ulekan satu batang cabe merah. Gak nendang ?? Gak papa yang penting ada pedes-pedesnya hehehe.. Kemudian saya sudah putus hubungan dengan mie instant..mau seharum apapun aroma mie instant yang berseliweran di depan hidung saya sudah tidak menarik lagi hehehe.

Putus Hubungan dengan Makanan Berpengawet

Bagaimana dengan junk food misalkan fried chiken? Kalau ada pilihan lain saya pilih tidak makan fried chiken tersebut. Kalau tidak ada pilihan ya saya makan walaupun sedikit, atau nasinya saja dengan daging ayam tanpa kulit yang crispy itu.

Bagaimana dengan pizza, burger, hotdog, sandwich karena di dalamnya  ada saos atau mayonese maka saya juga hindari tidak mengkonsumsinya. Repot? Enggak juga dibawa santai saja. Toh sebelumnya sewaktu masih kuat pencernaan ini sudah pernah merasakan semua makanan yang hari ini saya hindari. Jadi sudah tidak penasaran lagi dengan rasa makanan dengan pengawet buatan itu.

Sayangi dan Rawat Pencernaan dari Sekarang

Jadi temans semua..seiring bertambahnya usia akan menurunkan fungsi organ kita. Ini sesuatu yang wajar dan alami. Masalahnya jangan dipercepat dengan faktor luar yang sengaja maupun tidak sengaja  kita lakukan. Karena jika fungsi pencernaan sudah menurun akan menyebabkan penurunan fungsi organ tubuh lain secara keseluruhan. Sehingga menganggu kegiatan kita secara keseluruhan.

Mungkin ada yang bertanya apakah sulit untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan tips di atas? Awal pertama kali ya sangat sulit sekali. Bahkan saya yang penggemar makanan dengan cita rasa asam dan pedas serta penyuka mie instant olahan menjadi berkurang nafsu makannya. Untuk menyiasatinya bisa mulai berpisah sedikit demi sedikit sampai akhirnya tidak pernah menyentuh sama sekali makanan yang kurang memenuhi asupan nutrisi tubuh

Yukk sayangi organ pencernaan kita dengan melakukan Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Secara Alami. Bagaimana dengan temans semua apakah ada pengalaman lain mengenai cara menjaga pencernaan? Boleh share ya dikolom komentar. Terima Kasih.

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.