Tips Pilih Produk Perawatan Rambut untuk Hasil Maksimal

Tips Pilih Produk Perawatan Rambut untuk Hasil Maksimal. Produk perawatan rambut menjadi solusi mengatasi masalah rambut. Tinggal di negara tropis membuat keringat keluar lebih cepat dan banyak. Tak terkecuali dengan kulit kepala yang mudah berkeringat sehingga menimbulkan masalah pada rambut.

Rambut mudah lepek, rambut bau matahari, rambut kering, ketombe dan rambut rontok adalah masalah rambut yang sering terjadi. Perempuan dan laki-laki yang memperhatikan penampilan tentu sangat terganggu dengan masalah rambut tersebut .

Produk Perawatan Rambut
Perawatan Rambut

Jenis Rambut

Secara umum jenis rambut manusia terdiri dari 3 jenis yaitu;

1. Rambut Keriting

Rambut keriting mempunyai bentuk tegas, padat, mengembang atau bergelombang. Jenis ini mudah kusut terlebih jika dipengaruhi iklim dan tingkat kelembaban udara. Ada empat tipe untuk rambut keriting yaitu;

  • Tipe ikal atau bergelombang yang berjarak lebar.
  • Berbentuk spiral yang padat mengembang.
  • Bentuk spiral rapat kecil-kecil dan tebal.
  • Jenis rambut afro atau kribo. Rambut ini mempunyai tekstur tebal, kasar dan bentuk keriting yang rapat.

2. Rambut Lurus

Rambut lurus memiliki jenis ketebalan batang rambut berbeda. Ada yang mempunyai batang rambut lurus tebal.  Ada yang mempunyai batang rambut tipis. Bentuk helaiannya sama lurus dari ujung akar sampai ujung rambut. Rambut lurus dibagi lagi menjadi tiga tipe;

  • Tipe lurus tipis. Jenis rambut ini cenderung tipis dan berminyak.
  • Lurus bergelombang. Jenis rambut ini hanya keriting dibagian ujung rambut saja.
  • Rambut lurus tebal. Kekurangan rambut ini mudah kusut.

3. Rambut Bergelombang/ Ikal

Rambut bergelombang terletak di antara rambut lurus dan rambut keriting. Ciri-ciri bergelombang membentuk huruf “S”. Gelombang rambut bisa berawal dari akar rambut atau tengah rambut. Selanjutnya terdapat tiga tipe rambut ikal;

  • Tipis mudah diatur misalkan  mau diluruskan atau dikeriting.
  • Setengah tebal agak sukar ditata dan agak mudah kusut.
  • Ikal sangat tebal sukar ditata, mudah kusut, kasar.

Masalah Rambut

Rambut yang mendapatkan perlakuan berlebih dapat menjadi masalah. Berikut masalah rambut yang sering terjadi.

1. Rambut Bercabang

Tumbuh cabang kecil di ujung rambut menyebabkan rambut bercabang. Selain bercabang rambut gampang rapuh, terasa kasar, sulit disisir, kusam dan mudah rontok. Perlakuan berlebih membuat rambut rentan bercabang sebagai berikut;

  • Sering mewarnai rambut rentan terkena paparan zat kimia berlebih. Selanjutnya rambut menjadi rusak jika tidak memberikan vitamin dan serum yang rutin.
  • Menyisir rambut dalam keadaan basah. Rambut dalam keadaan basah mempunyai kekuatan yang lemah sehingga rambut mudah bercabang.
  • Mengikat rambut saat tidur dan dalam keadaan basah. Hal ini  menyebabkan terbatasnya ruang untuk rambut dapat bernafas.

2. Rambut Rapuh dan Rontok

Penyebab rambut rapuh dan rontok salah satunya penggunaan alat perawatan rambut elektronik. Selain itu faktor kesehatan dari dalam tubuh juga berpengaruh. Berikut penyebab rambut rapuh dan rontok;

  • Alat pemanas rambut. Penggunaan alat pelurus dan pengering rambut  mengakibatkan rambut menjadi kering. Selanjutnya rambut menjadi mudah rapuh.
  • Stress. Kondisi pikiran dapat mempengaruhi kesehatan. Salah satunya mengakibatkan rambut rontok. Selain itu trauma pasca kecelakaan, rasa lelah sehabis melahirkan juga dapat menjadi penyebab rambut rontok.
  • Kurang vitamin B dan protein. Asupan vitamin B dan protein sangat penting untuk mengatasi rambut yang rapuh dan rontok.
  • Penyakit. Salah satu penyakit yang dapat menyebabkan rambut rontok adalah anemia. Wanita produktif yang mengalami menstruasi, mengalami kekurangan darah. Sehingga rambut menjadi rontok selama periode tersebut.

3. Rambut Berketombe

Kulit kepala dapat mengalami peradangan. Peradangan kulit kepala menyebabkan rambut sulit tumbuh sempurna. Penyebab peradangan antara lain; dermatitis, seboroik dan infeksi jamur atau ketombe. Kondisi ini menyebabkan rambut berketombe dan rontok.

4. Kulit Kepala Gatal

Mencuci rambut yang kurang bersih dapat menyebabkan kulit kepala gatal. Misalkan ketika membilas kulit kepala masih ada sisa shampo yang belum luruh. Hal ini menyebabkan timbunan kerak sehingga menghambat pernafasan kulit kepala dan menjadi gatal.

Selanjutnya terdapat telur dan kutu rambut. Hewan ini menghisap darah kulit kepala. Sehingga menyebabkan kulit kepala gatal. Mengatasi hal tersebut gunakan obat penghilang kutu rambut.

Benjolan berwarna merah yang menonjol dikulit kepala (folikulitis) juga menjadi penyebab kulit kepala gatal. Ini terjadi pada folikel rambut. Jika gatal dan digaruk, bejolan tersebut pecah dan mengeluarkan nanah atau darah.

Produk Perawatan Rambut

Rambut bermasalah karena adanya perlakuan berlebih atau ketidakcocokan penggunaan produk perawatan rambut. Sebaiknya menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai kondisi dan permasalahan.

Shampo

Produk cuci rambut ini banyak jenis dan ragamnya. Idealnya membersihkan kulit kepala dengan mencuci rambut rutin dua hari sekali. Hal ini untuk menjaga  kelembaban kulit kepala tetap terjaga. Kondisi ini akan menghasilkan kulit kepala  dan rambut menjadi sehat.

Fungsi shampo meluruhkan kotoran. Setelah menggunakan shampo bilaslah rambut sampai bersih. Pastikan tidak ada jejak shampo tertinggal pada kulit kepala. Ketika memilih shampo penting membaca kandungan dan fungsi dari produk tersebut.

Memilih shampo dengan kandungan nutrisi dapat menjaga kesehatan kulit kepala. Selain itu membuat rambut berkilau. Untuk rambut yang sering mendapat perlakuan eksperimen dapat menggunakan shampo khusus perawatan rambut rusak. Jika kondisi rambut mudah kusut maka dapat menggunakan shampo yang mengandung nutrisi “oil”.

Vitamin Rambut

Vitamin rambut adalah produk pelengkap yang bermanfaat untuk “lebih” menutrisi sesuai kebutuhan. Umumnya vitamin rambut berbentuk “oil” yang memuat banyak kandungan nutrisi. Usapkan vitamin pada rambut dalam kondisi setengah kering.

Memakai vitamin rambut sangat praktis karena tidak perlu membilas dengan air lagi. Setelah mengusapkan vitamin, menata rambut jadi semakin mudah. Hal ini karena kandungan nutrisi dari vitamin rambut mempunyai fungsi yang sesuai dengan jenis dan permasalahan rambut.

Kondisioner

Fungsi kondisioner untuk melembabkan rambut.  Aplikasikan kondisioner pada batang sampai ujung rambut saja. Lakukan pembilasan rambut kembali dengan air. Kandungan formula dalam kondisioner bekerja semakin baik ketika selesai membilas.

Kondisi rambut yang basah menjadi rapuh. Hal ini menyebabkan rambut mudah rontok dan tercabut dari akarnya. Menggunakan kondisoner dapat menjaga kerusakan rambut dari tekanan ketika proses mengeringkan dengan handuk. Mengaplikasikan kondisioner membuat rambut menjadi lemas dan tidak mudah rontok ketika menerima tekanan handuk.

Produk Perawatan Rambut Rusak

Mewarnai atau mengeriting rambut menggunakan zat kimia, mencatok rambut, menggunakan hair dryer, smoothing, hair extension, dan sebagainya dapat membuat rambut menjadi “stress” atau bermasalah. Selanjutnya rambut menjadi rusak, mulai mengalami rontok, menipis, bercabang, mudah patah dan sebagainya.  Solusinya pilih produk perawatan sesuai permasalahan rambut.

Demikian Tips Pilih Produk Perawatan Rambut untuk Hasil Maksimal. Mengaplikasikan produk perawatan rambut dengan tepat akan memperoleh hasil sesuai keinginan. Selamat merawat rambut.

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.