Menjaga Kebersihan Tubuh dengan Bahan Alami Kekinian

Menjaga Kebersihan Tubuh dengan Bahan Alami Kekinian. Mempunyai tubuh yang bersih dan sehat adalah impian semua orang. Terlebih situasi pandemi saat ini mengharuskan semua orang tanpa terkecuali senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh.

Untuk tubuh sehat didapatkan dengan mengkonsumsi asupan makanan bernutrisi. Sedangkan untuk tubuh yang bersih didapatkan dari bagaimana individu menjaga kebersihan. Himbauan cuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker adalah kebiasaan yang sudah menjadi kebutuhan saat ini.

Kegiatan Pribadi

Sebagai blogger, pekerjaan saya lebih banyak terpaku di depan laptop. Selama pandemi otomatis pekerjaan dilakukan  dari rumah saja. Hal ini menyebabkan ruang gerak terbatas hanya seputar ruangan dalam rumah. Kegiatan lainnya adalah memasak, membersihkan rumah dan berkebun.

Masalahnya dengan ruang gerak terbatas terkadang tubuh saya “merasa” tidak kotor. Sehingga membersihkan tubuh atau mandi hanya satu kali sehari. Sekali dua kali saya merasa tidak masalah dengan kebiasaan saya yang “malas” ini. Sampai suatu ketika saya merasa kulit kering dan gatal. Terutama dibagian siku kaki dan siku tangan.

Permasalahan Kulit

Terjadinya masalah pada kulit tubuh disebabkan adanya “kebiasaan” yang cepat atau lambat dapat mendatangkan tamu tak diundang berupa penyakit kulit. Berkembangbiaknya jamur kulit berakibat pada timbulnya penyakit panu, kadas, kurap, flek hitam, komedo dan ruam popok. Penyebabnya bisa karena pakaian yang lembap, jarang mandi, jarang merawat kulit tubuh, menggunakan pakaian terlalu ketat, bahan pakaian tidak menyerap keringat serta masih banyak lagi.

Kebersihan Tubuh

Suatu ketika saya membaca ulasan cara menjaga kebersihan tubuh dengan bahan alami. Jika rutin dilakukan maka akan membuat kulit tubuh sehat. Berikut infografis cara menjaga kebersihan tubuh

Bahan Alami
Cara menjaga kebersihan tubuh

Scrub. Walaupun kenyataannya tubuh tidak kotor terkena polusi udara, namun setiap saat tubuh mengeluarkan keringat. Kumpulan keringat pada permukaan kulit bercampur dengan serpihan lapisan kulit mati. Jika dibiarkan dan terakumulasi akan membuat kulit tidak bisa bernafas karena tertutup “daki”. Akibatnya kulit menjadi kering.

Bahan Alami

Scrub adalah metode pelepasan sel kulit mati dengan bantuan bahan tertentu yang digosokkan dengan tangan. Berbagai produk instant scrub banyak terdapat dipasaran. Namun bahan alami scrub dapat kita gunakan. Saya mencoba menggunakan bahan alami secara bergantian sebagai berikut;

  • Madu. Mengandung antibakteri dan antioksidan tinggi. Kandungan tersebut mampu menangkal bakteri dan jamur serta melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Gula pasir. Mempunyai sifat dapat mengangkat sel kulit mati. Kandungan gula mampu menarik air dari luar ke dalam kulit. Sehingga kulit terjaga kelembapannya. Aplikasikan campuran madu dan gula pasir untuk scrub bagian tubuh.
  • Kopi. Kandungan antioksidn pada kopi dapat membuat kulit lebih bersinar. Selain itu butiran kasar pada kopi mampu mengangkat sel kulit mati. Aplikasikan ampas kopi ditambah minyak zaitun untuk scrub tubuh.

Masker Tubuh. Tidak hanya kulit wajah yang membutuhkan masker. Kulit tubuh juga perlu dimasker. Umumnya bahan alami untuk masker adalah buah yang mengandung lemak nabati. Seperti alpukat, pisang dan tomat.

Cara membuat masker dengan menghaluskan salah satu buah-buahan tersebut kemudian campur dengan minyak zaitun atau madu. Oleskan merata pada tubuh. Tunggu hingga kering. Basuh dengan air hangat kemudian bersihkan dengan air dingin. Sehabis menggunakan masker badan akan terasa licin.

Namun jangan langsung menggunakan sabun untuk menghilangkan licinnya. Biarkan semalaman supaya lemak nabati pada buah dapat masuk ke pori-pori. Keesokan harinya baru tubuh dibilas dengan air dan sabun mandi. Hasilnya kulit tubuh akan terasa lembab kenyal dan bersih.

Hidrasi Tubuh

Minum air putih. Manusia membutuhkan asupan air untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh. Tubuh yang terhidrasi baik akan tampak dari pancaran kulit yang lembap, bersih dan kenyal. Menurut penelitian untuk menjaga hidrasi tubuh dianjurkan minum air putih sebanyak dua liter dalam satu hari.

Saya  pribadi menyediakan botol minum kapasitas dua liter yang selalu tersedia pada meja kerja. Tujuannya supaya ingat untuk minum air putih disela kesibukan bekerja. Jika hidrasi terjaga dengan baik maka tubuh akan sehat dan bersih. Tubuh yang bersih terhindar dari penyakit kulit seperti kulit kering, kusam, gatal, panu, kadas dan kurap.

Pakaian Kering dan Produk Pembersih

Baju kering dan bersih. Untuk melindungi dari debu, sinar matahari, hembusan angin dan polusi udara maka tubuh dibalut dengan pakaian. Supaya tubuh tetap sehat terhindar dari jamur yang membuat gatal kulit maka menggunakan baju bersih dan kering adalah satu keharusan.

Selain itu bahan baju sebaiknya yang menyerap keringat. Menggunakan baju sebaiknya tidak terlalu ketat supaya kulit dapat bernafas. Gantilah baju jika sudah dirasakan lembap, basah karena keringat atau terkena air hujan.

Produk pembersih tubuh. Mendapatkan tubuh sehat dan bugar didapatkan dengan cara melakukan pembersihan setidaknya dua kali sehari. Sabun mandi adalah salah satu produk kebersihan tubuh yang umum digunakan. Kandungan bahan pembuat sabun mandi sudah pasti dibuat untuk dapat membunuh bakteri, jamur dan membersihkan kotoran yang ada pada tubuh.

Beberapa sabun mandi terbuat dari sepenuhnya bahan kimia. Masalahnya tidak semua jenis kulit cocok menggunakan sabun mandi tersebut. Termasuk jenis kulit saya jika menggunakan sabun mandi berbahan kimia maka kulit menjadi super kering dan timbul rasa gatal.

Sebu Antiseptik Alami

SEBU adalah sebuah merk sabun yang mempunyai varian sabun antiseptik dengan bahan alami . Sabun ini sesuai untuk semua jenis kulit. Mempunyai tingkat keasaman netral atau PH Balance (PH 7). Menurut informasi yang saya baca melalui laman sosial media @sebubeauty, menggunakan Sebu sabun antiseptik tidak membuat kulit menjadi kering.

Sebu Antiseptik
Sebu sabun antiseptik berbahan alami

Kandungan bahan yang terdapat pada Sebu sabun antiseptik adalah madu, minyak VCO, minyak sawit, lemon dan zaitun. Kemudian untuk antiseptiknya ditambahkan povidone iodine yang dapat membunuh bakteri, kuman dan virus. Tidak ada kandungan bahan kimia seperti deterjen, pewarna atau pewangi.

Berikut infografis kandungan bahan alami SEBU sabun antiseptik

Kebersihan Tubuh
Bahan alami Sebu Antiseptik

1. Lemon. Kandungan zat anti anging dan anti bakteri berfungsi untuk mengurangi keriput dan melindungi tubuh dari jamur dan kuman. Sehingga terhindar dari jerawat dan flek hitam. Selain itu dapat mengangkat sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori.

2. Minyak zaitun. Khasiat minyak zaitun dapat mengatasi ruam pada iritasi kulit sehingga kulit menjadi sehat, tidak gatal dan tidak kering. Selain itu kulit menjadi lebih lembut dan halus.

3. Minyak sawit. Kandungan zat yang terdapat pada minyak sawit untuk melembapkan kulit, menunda penuaan dini dan mencegah timbulnya kuman penyebab jerawat pada tubuh.

4. Minyak VCO. Zat yang terdapat pada virgin coconut oil ini dapat mencegah penyakit kulit eksim dan penyakit peradangan kulit lainnya. Sehingga kulit menjadi bersih dan terhindar dari rasa gatal.

5. Madu. Kandungan asam amino pada madu mampu menghilangkan noda hitam bekas luka dan jerawat. Selain itu madu mengandung zat antibakteri dan antiseptik yang dapat membuka lapisan pori-pori kulit, menghilangkan jerawat dan noda hitam. Pada akhirnya kulit menjadi lembap, sehat dan bersih.

Pengalaman Menggunakan Sebu Sabun Antiseptik

Ketika berselancar di sosial media instagram saya menemukan akun @sebubeauty. Pada akun tersebut menjelaskan produk sabun antiseptik dengan kandungan bahan alami bernama SEBU. Setelah membaca kandungan bahan dari sabun antiseptik ini saya langsung melakukan pembelian secara online.

Kesan pertama yang saya dapatkan setelah menggunakan SEBU sabun antiseptik, kulit tubuh lembap dan kenyal, bau badan jadi hilang dan cocok untuk jenis kulit sensitiv. Kandungan povidone iodine mampu membunuh bakteri. Sehingga kedua siku lengan dan kaki saya tidak gatal lagi. Selanjutnya kulit menjadi bersih dan tidak kering lagi. Berikut infografis setelah menggunakan SEBU sabun antiseptik;

Sabun Antiseptik
Manfaat Sebu Antiseptik

Kesimpulan Menjaga Kebersihan Tubuh

Menjaga kebersihan tubuh mutlak harus dilakukan secara rutin. Tujuan utama supaya tubuh terhindar dari penyakit kulit yang dapat mengganggu kenyamanan. Menggunakan produk pembersih tubuh yang mempunyai kandungan bahan alami, dapat menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan produk dengan kandungan bahan alami terbukti dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Setidaknya tubuh akan sehat jika melakukan mandi rutin dua kali sehari dengan produk pembersih berbahan alami, melakukan scrub untuk mengangkat kulit mati, melakukan masker tubuh untuk membuat kulit ternutrisi serta selalu menggunakan baju kering dan bersih.

Demikian cara Menjaga Kebersihan Tubuh dengan Bahan Alami Kekinian. Semoga dengan menjaga kebersihan tubuh, kesehatan menyertai kita semua.

Salam

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.