Jeruk Nipis dan Segudang Manfaatnya untuk Kesehatan

Buat kamu para pencinta buah-buahan, kamu pasti familier dengan jeruk nipis. Ya, buah jeruk hijau nan kecil ini terkenal dengan rasa kecut yang bahkan bagi sebagian orang, tidak kuat untuk menyantapnya. Meskipun termasuk sebagai buah-buahan, jeruk nipis memang kurang nikmat apabila dikonsumsi secara langsung.

Tetapi berkat rasa asamnya yang khas tersebut, jeruk nipis dapat digunakan di berbagai macam makanan dan minuman. Contohnya, jeruk nipis dimanfaatkan sebagai bahan bahan pelezat makanan seperti Soto dan Sambal dan diolah menjadi minuman dingin yang sangat menyegarkan. Selain untuk makanan dan minuman, ternyata jeruk nipis memiliki segudang manfaat bagi kesehatan! Nah, sebelum membahas lebih lanjut manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, ada baiknya kamu mengetahui kandungan apa saja yang ada di balik khasiat jeruk nipis ini.

manfaat jeruk nipis untuk kesehatan
Jeruk nipis segar

Kandungan si Kecil Jeruk Nipis

Jangan terkecoh dengan bentuknya yang mungil, jeruk nipis punya kandungan vitamin dan mineral yang melimpah. Maka, nggak heran kalau jeruk asam ini memiliki segudang manfaat. Selain itu, jeruk nipis juga dikatakan sebagai sumber Vitamin C, Vitamin A, kalsium dan zat besi. Berikut kandungan yang terdapat dalam satu buah jeruk nipis:

● Kalori: 20
● Karbohidrat: 7g
● Lemak: 0,1g
● Serat: 1,9g
● Vitamin C: 22% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
● Zat besi: 2% AKG
● Kalsium: 2% AKG
● Vitamin B: 2% AKG
● Thiamin: 2% AKG
● Potasium: 1% AKG
● Riboflavin, Niacin, Folat, Fosfor dan Magnesium

Setelah melihat betapa banyaknya nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam satu buah jeruk nipis saja, tentunya kamu mengerti bahwa buah ini memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Yuk, kita simak manfaat apa saja yang dihadirkan jeruk nipis untuk kesehatan.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

1. Memperkuat Sendi

Dengan kadar Vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi, jeruk nipis dapat membantu menjaga kesehatan sendi dan menjaganya agar tetap fleksibel. Kandungan jeruk nipis juga ternyata membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

2. Meningkatkan Imunitas

Manfaat jeruk nipis yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Lagi-lagi karena kandungan vitamin C alami yang tinggi, jeruk nipis mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam menangkal penyakit.

3. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Siapa sangka kalau jeruk nipis bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko terkena penyakit kanker? Dengan kandungan liminoid yang berperan sebagai penangkal radikal bebas, jeruk nipis berkhasiat menurunkan risiko kamu terkena penyakit kanker seperti leukimia, kanker lambung dan kanker usus.

Vitamin C yang tinggi dalam jeruk nipis juga menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Menghindari Batu Ginjal

Selanjutnya, jeruk nipis juga bermanfaat untuk menghindari batu ginjal. Buah jeruk nipis mengandung asam sitrat tinggi yang mampu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan mengikat mineral pembentuk batu dalam urin. Sehingga, kalau kamu rutin mengonsumsi jeruk nipis, kamu mungkin saja terhindar dari batu ginjal.

5. Melindungi Sel Tubuh dari Kerusakan

Flavonoid, limonoid, quercetin dan asam askorbat merupakan kandungan dalam jeruk nipis yang berperan sebagai antioksidan. Karena jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang tinggi, kandungan tersebut sangat membantu mempertahankan sel tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker.

6. Membantu Membakar Lemak

Jeruk nipis juga baik dikonsumsi buat kamu yang sedang diet karena kandungan asam sirat yang ada dalam jeruk membantu pembakaran lemak dalam tubuh, meningkatkan metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi energi. Selain asam sitrat, vitamin C yang tinggi juga membantu membakar lemak.

Meskipun asam, jeruk nipis memiliki segudang kebaikan untuk tubuhmu, terlebih manfaat jeruk nipis untuk kesehatan. Mulai konsumsi jeruk nipis secara rutin untuk hidup yang lebih sehat!

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.