Aneka Nasi Goreng Sehat dari Bahan Alami dan Khasiatnya

Aneka Nasi Goreng Sehat dari Bahan Alami dan Khasiatnya. Nasi goreng sehat dari bahan alami terbukti mampu menjaga kesehatan tubuh. Mempunyai tubuh bugar adalah dambaan semua orang. Karena dengan tubuh sehat memperlancar kegiatan sehari-hari. Berbagai cara dilakukan mulai dari konsumsi makan dan minum dari bahan alami sampai konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti artikel dari BeHangat dengan judul Jenis Pisang dan Kandungan Gizi yang Bagus untuk Stamina.

Kali ini saya akan membahas mengenai konsumsi makanan sehat untuk menjaga kebugaran tubuh. Makanan sehat yang dikonsumsi adalah nasi goreng. Makanan khas Indonesia ini terkenal sampai mancanegara. Disajikan sebagai sarapan di pagi hari. Umumnya nasi goreng adalah nasi dingin atau nasi lebihan sisa hari kemarin yang digoreng dengan aneka bumbu. Campuran nasi goreng bisa dengan suwiran daging ayam, udang, sosis dan rajangan sayur mayur. Setelah matang biasanya disajikan dengan irisan telur dadar , kerupuk, acar timun dan bawang goreng.

Bumbu Dasar Nasi Goreng

Bahan yang dibutuhkan satu piring nasi putih, minyak wijen atau minyak goreng, Untuk membuat satu porsi nasi goreng berikut bumbu dasarnya. Dua buah cabai merah keriting, 2 buah cabai rawit, 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, garam, lada bubuk. Daun bawang dirajang halus. Untuk bumbu dasar bisa dihaluskan atau hanya di rajang halus.

Cara membuat nasi goreng. Panaskan minyak, tumis bumbu dasar sampai harum, masukan nasi putih aduk rata, tambahkan sedikit merica, garam, kecap manis bila suka. Aduk hingga tercampur rata. Masukkan rajangan halus daun bawang jika suka. Koreksi rasa. Sajikan dipiring dengan acar timun, kerupuk dan irisan telur dadar atau telur mata sapi.

Nasi Goreng Sehat dengan Bahan Alami

1. Nasi Goreng Daun Mengkudu. Zat antioksidan dan selenium ada pada selembar daun mengkudu. Khusus zat antioksidan berperan untuk memerangi radikal bebas yang dapat merusak kulit. Selenium adalah zat yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Aneka Nasi Goreng Sehat dari Bahan Alami dan Khasiatnya
Nasi Goreng Daun Mengkudu | Pribadi

Cara menambahkan daun mengkudu pada nasi goreng. Petiklah pucuk daun mengkudu yang masih muda. Sebaiknya memetik daun mengkudu di pagi hari. Terlihat dari daunnya yang mempunyai warna hijau muda dan masih lunak. Cuci bersih daun mengkudu.

Setelah nasi goreng bercampur dengan bumbu dasar, tambahkan irisan halus beberapa lembar daun mengkudu. Untuk satu porsi nasi goreng kurang lebih 2 lembar daun mengkudu yang masih muda. Aduk hingga irisan daun mengkudu tercampur rata dengan nasi goreng. Aroma nasi goreng dengan campuran daun mengkudu sangat sedap. Nikmati nasi goreng daun mengkudu selagi hangat dengan telur mata sapi dan lauk pendamping lain.

2. Nasi Goreng Daun Kelor. Dalam setiap 20 gram daun kelor terdapat kandungan vitamin B 6, vitamin C dan kandungan antioksidan. Khasiatnya melindungi tubuh dari radikal bebas, anti peradangan, mencegah anemia dan baik untuk pencernaan.

Cara membuat nasi goreng daun kelor

Petiklah beberapa batang daun kelor, cuci bersih. Cara memetik daun kelor dengan cara di petik satu  demi satu helaian daun kelor dari tangkainya. Memetik daun kelor sebaiknya tidak dilorot untuk menghindari rasa pahit dan getir. Petiklah daun kelor 3  baris dari urutan pucuk daun teratas sebagai penanda daun kelor masih muda.

Setelah nasi goreng tercampur bumbu, taburkan helaian daun kelor ke dalam nasi goreng di wajan dan aduk-aduk hingga daun kelor layu. Sajikan nasi goreng daun kelor selagi hangat dengan lauk pelengkap. Rasa nasi goreng kelor sedikit berbau dedaunan namun sehat untuk disantap.

3. Nasi Goreng Kencur. Sebagai bagian dari tanaman empon-empon  atau temu-temuan kencur memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Kencur mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan anti kembung pada pencernaan.

Cara membuat nasi goreng kencur.

Bumbu dasar diulek dan tambahkan satu ruas kencur yang sudah dikupas bersih dan dicuci. Tumis ulekan bumbu dasar plus kencur kedalam wajan, setelah harum masukkan nasi putih. Koreksi rasa. Biasanya nasi goreng kencur tidak memakai kecap manis. Rasa nasi goreng kencur beraroma wangi kencur, gurih dan sedikit ada rasa mint dari pedasnya kencur.

4. Nasi Goreng Kunyit. Seperti kencur, kunyit adalah tanaman empon-empon yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Kunyit mengandung minyak atsiri yang bermanfaat mengatasi gangguan pencernaan dan anti radang sendi. Gangguan pencernaan seperti kelebihan gas diperut dapat teratasi dengan mengkonsumsi kunyit baik sebagai minuman maupun makanan. Kunyit juga bermanfaat sebagai pewarna dan pengawet makanan secara alami.

Cara membuat nasi goreng kunyit. Ambil 1/2 ruas kunyit, kupas dan cuci bersih. Bumbu dasar dan satu ruas kunyit dihaluskan secara bersamaan. Tumis campuran bumbu dasar dan kunyit hingga harum, masukkan nasi putih dan aduk rata. Koreksi rasa tambahkan garam secukupnya. Nasi goreng kunyit tidak menggunakan kecap manis. Rasa nasi goreng kunyit gurih, wangi aroma kunyit serta berwarna kuning.

Nah demikian pengalaman saya mencoba kuliner sehat dengan mencicipi Aneka Nasi Goreng Sehat dari Bahan Alami dan Khasiatnya. Apakah temans semua mempunyai pengalaman mencicipi nasi goreng sehat dengan bahan alami lainnya? Boleh share ya dikolom komentar. Terima Kasih.

Baca Juga : Aneka Kuliner dan Tempat Makan Halal Food di Korea Selatan

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.