Blog Bisnis Online Peluang Mendapatkan Uang Saat Pandemi

Saat pendapatan menurun akibat pandemi, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan peruntungan. Salah satunya membuat Blog Bisnis Online. Jika dahulu blog sebagai tempat menuangkan tulisan pribadi, saat ini blog juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang bisnis.

Blog Bisnis Online

Awal mulanya blog adalah website dalam jaringan  yang dikelola perorangan dan memuat tulisan berdasarkan opini penulis. Opini yang dituliskan bisa berupa pengalaman pribadi maupun menceritakan pengalaman orang lain. Untuk mendukung opini biasanya disertakan foto, video maupun gambar atau link menuju website lain.

Lambat laun blog mulai dikelola oleh beberapa orang penulis yang mempunyai kesamaan minat. Sehingga berkembanglah blog dengan nichie tertentu. Seperti blog traveling, kuliner, tekno, kecantikan dan sebagainya.

Saat ini perkembangan blog merambah pada dunia bisnis. Tujuan utama tentu mendapatkan keuntungan. Secara umum blog bisnis online adalah saluran pemasaran yang membahas produk berikut informasi pelengkapnya dalam jaringan internet.

Blog Bisnis Online
Ide jualan online

Informasi Pelengkap Produk

Memperkenalkan suatu produk tidak hanya bercerita tentang spesifikasi produk semata. Informasi pelengkap produk turut andil untuk membuat sebuah produk dikenal dan lekat pada ingatan konsumen.

Sebagai contoh tampilan sepatu kulit terlihat lebih menarik jika ada informasi tulisan mengenai jenis kulit yang digunakan. Berasal dari hewan apa, bagaimana cara menyamak kulitnya, bagaimana cara membersihkan dan merawat sepatu. Apa filosofi desain sepatu kulit, apa arti logo usaha sepatu kulit dan sebagainya. Melalui cara ini konsumen merasa mendapatkan kedekatan personal pada produk tersebut.

Ide Bisnis Online

Situasi pandemi saat ini menyebabkan ruang gerak orang sangat terbatas. Pemenuhan kebutuhan dasar dan pelengkap konsumen sebagian besar memanfaatkan dalam jaringan atau online. Untuk itu bagi pelaku usaha yang memanfaatkan blog bisnis secara online, maka peluang mendapatkan konsumen akan lebih terbuka. Sebagai contoh situs Maxmanroe.com adalah sebuah blog bisnis dengan berbagai kategori menarik.

Namun sebelum memanfaatkan blog bisnis, masih banyak orang yang bingung ketika hendak memulai berjualan secara online. Padahal banyak ide bisnis online yang menguntungkan saat pandemi sebagai berikut;

Makanan Rumahan
Kebutuhan makan adalah kebutuhan dasar manusia. Sebelum pandemi sebagian besar orang bebas untuk pergi membeli makan di luar rumah. Saat ini pilihan terbaik adalah memesan makanan secara online.

Makanan rumahan merupakan salah satu pilihan yang sering dicari konsumen. Selain rasanya sesuai selera lidah, pada beberapa produsen dapat menerima permintaan khusus. Misalnya sambal bisa dibuat sedikit pedas dan sangat pedas. Racikan sayur pada gado-gado campur tidak ditambahkan kol dan sebagainya.

Deskripsi Bahan Baku

Melihat fenomena tersebut bagi yang mempunyai keahlian mengolah makanan, ini bisa jadi peluang bisnis. Jika produknya jadi maka pemasarannya bisa  secara online melalui blog bisnis. Ceritakan keunggulan dan manfaat produk makanan tersebut. Deskripsikan bahan baku apa saja yang digunakan. Seandainya makanan tersebut mempunyai keunggulan untuk meningkatkan daya tahan tubuh tentu sangat menarik ditulis pada blog bisnis.

Bahan Pangan
Semua rumah tangga membutuhkan persediaan bahan pangan untuk beberapa waktu. Sebelum pandemi pelaku rumah tangga bebas pergi ke pasar atau swalayan untuk belanja bahan pangan. Namun saat pandemi kegiatan tersebut sangat terbatas. Sayur mayur, daging, ikan, ayam, buah-buahan dan bahan pangan kering lain adalah persediaan yang harus ada di rumah.

Pembelian secara online tentu lebih diminati daripada membeli secara offline. Ini peluang bagi pelaku usaha yang ingin menjadi penyedia bahan pangan. Syarat utama tentu harus mempunyai rekanan penyuplai bahan pangan. Untuk pemasaran produk dapat melalui blog bisnis. Informasi pelengkap dapat ditulis mengenai kapan bahan pangan diambil dari tempat asal dan cerita rantai perjalanannya.

Minuman Herbal Tradisional
Situasi saat ini mengharuskan semua orang menjaga daya tahan tubuh supaya tetap sehat dan kuat. Berbagai cara dilakukan salah satunya mengkonsumsi minuman sehat. Indonesia terkenal dengan aneka tumbuhan herbal yang diolah menjadi berbagai macam minuman kesehatan. Mulai dari kunyit asem, wedang jahe, teh sereh, minuman temulawak dan sebagainya. Antusiasme masyarakat terhadap minuman herbal tradisonal ini sangat tinggi.

Bagi yang ingin memulai usaha, membuat dan memasarkan minuman herbal tradisonal mempunyai pangsa pasar yang luas. Namun sebelum itu tentu harus mempelajari formula racikan dan pengemasan yang higienis supaya produk terjaga kesegarannya.

Tuliskan Bahan Baku dan Manfaat Produk

Setelahnya dapat dipasarkan melalui blog online. Tuliskan bahan baku dan manfaat yang akan didapatkan tubuh jika mengkonsumsi minuman ini secara rutin. Ceritakan khasiat khusus bahan baku yang terkandung dalam minuman ini. Lebih menarik jika disertakan video sekilas cara pembuatan dan testimoni konsumen ketika mengkonsumsi produk ini.

Kebutuhan Bayi dan Anak
Bagi seorang ibu mengurus rumah tangga sambil mengasuh buah hati adalah pekerjaan yang cukup menguras tenaga. Namun kebutuhan buah hati seperti susu formula, makanan bayi, popok, minyak telon dan sebagainya adalah kebutuhan yang harus ada.

Ide usaha menjadi penyedia kebutuhan bayi dan anak sangat menjanjikan. Usaha ini adalah solusi bagi ibu yang mempunyai bayi dan anak. Bagi yang berminat menjalankan bisnis ini bisa dengan cara reseller. Selanjutnya bisa memasarkan produk kebutuhan bayi dan anak melalui blog online.

Akan terlihat menarik jika isi blog online khusus kebutuhan bayi dan anak disertakan tulisan tentang tips bermanfaat berkaitan dengan perkembangan buah hati. Jadi selain membeli produk bayi dan anak, sang ibu mendapat pengetahuan berupa informasi terkait lainnya.

Jasa Titip 
Saat pandemi banyak masyarakat menghindari berwisata ke berbagai daerah. Hal ini membuat sebagian orang kangen mengkonsumsi makanan daerah tertentu. Kerinduan sebagian orang terhadap makanan daerah akan terobati ketika ada usaha jasa titip atau jastip yang memfasilitasi pembelian makanan atau minuman khas daerah tertentu.

Usaha ini dapat bermitra dengan para produsen makanan khas daerah yang mempunyai standar pengemasan produk secara profesional. Sehingga apabila produk dikirim ke luar daerah akan aman dan tidak rusak.

Untuk menarik pembaca jika dipasarkan melalui blog bisnis online maka dapat ditampilkan ulasan testimoni pelanggan yang sudah menerima produk. Pemasaran jastip melalui blog online masuk dalam nichie kategori kuliner.

Melihat ide bisnis online saat pandemi, maka dapat disimpulkan banyak peluang jika mau mencoba. Terlebih dibantu dengan Blog Bisnis Online dalam pemasarannya. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.