Bantu Sebarkan Asa Korban Erupsi Gunung Ili Lewotolok

Bantu Sebarkan Asa Korban Erupsi Gunung Ili Lewotolok. Tak ada satupun manusia berharap tertimpa bencana alam. Begitu juga masyarakat korban erupsi Gunung Ili Lewotolok. Gunung yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini, mengalami erupsi sejak 29 November 2020 pukul 09.45 (WITA).

Hal ini meyebabkan sebagian besar penduduk setempat dievakuasi pada tujuh titik pengungsian sejak 30 November 2020 (sumberBNPB). Terdapat 4.628 jiwa yang harus diungsikan. Sandang dan pangan menjadi prioritas utama dalam memenuhi kebutuhan pengungsi. Namun mengingat situasi pandemi seperti sekarang ada kebutuhan tambahan mendesak berupa masker, perlengkapan cuci tangan dan sabun.

Erupsi Gunung Ili Lewotolok
Gunung Ili Lewotolok | bnpb.go.id

Mengenal Gunung Ili Lewotolok

Gunung ini mempunyai tinggi 1.432 m di atas permukaan laut dan terletak di Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur. Letusan pada gunung ini sudah terjadi berulangkali sejak tahun 1666 sampai 1920. Gunung ini tidak mempunyai hutan dan pepohonan melainkan terdiri dari batuan cadas saja. Sehingga ketika letusan terjadi muntahan bebatuan bercampur tanah dan pasir akan menghujani pemukiman warga.

Masyarakat dan Tradisi

Penduduk sekitar Gunung Ili Lewotolok masih memegang teguh tradisi dari leluhur. Salah satunya senantiasa mengadakan upacara pesta adat kacang tumbuh. Upacara ini bertujuan meminta kesehatan, kesuburan, kesejahteraan, perdamaian dan bebas gangguan penyakit. Menurut kepercayaan yang ada di masyarakat, jika terjadi erupsi maka para leluhur sedang melakukan kemarahan.

Dampak Erupsi

Erupsi suatu gunung berapi memberikan dampak yang sangat serius. Penduduk sekitar kawasan gunung berapi harus mengungsi. Selain itu penduduk mempunyai resiko kehilangan tempat tinggal jika terkena semburan bebatuan. Kehilangan ladang dan ternak sampai kehilangan mata pencaharian.

Situasi saat ini menjadi semakin berat karena selain harus berlindung di pengungsian juga harus bertahan menghadapai virus pandemi corona. Pemerintah daerah dibantu BNPB setempat sudah bergerak memberikan bantuan. Namun jika masyarakat luar daerah ingin berpartisipasi untuk ikut memberikan bantuan tentu akan sangat berarti bagi korban erupsi di pengungsian.

Saudara dalam Kemanusiaan

Saat ini keprihatinan sedang melanda kita di tengah situasi pandemi yang belum usai. Adanya bencana alam berupa erupsi Gunung Ili Lewotolok membuat keprihatinan kita menjadi semakin besar. Bagaimanapun korban erupsi Gunung Ili Lewotolok adalah saudara dalam kemanusiaan.

Selain orang dewasa banyak anak-anak menjadi pengungsi pada tujuh tempat pengunsian berbeda. Anak-anak ini selain membutuhkan asupan makanan juga membutuhkan pendampingan secara psikologis.

Wahana Visi Indonesia

Organisasi nirlaba ini bergerak dibidang kemanusiaan. Wahana Visi Indonesia mempunyai perhatian penuh untuk mendampingi anak-anak pengungsi salah satunya karena terjadi bencana alam. Selain itu WVI mempunyai misi membantu warga yang kesulitan ekonomi tanpa membedakan agama, ras, etnis dan jenis kelamin.

WVI sejak tahun 1998 sudah menjalankan program pengembangan masyarakat yang berfous pada anak. Misi dari WVI sendiri bertekad mewujudkan keinginan setiap anak untuk dapat hidup utuh sepenuhnya. Jangkauan kerja wilayah terdapat pada 52 titik layanan di 14 provinsi di Indonesia.

Selain fokus pada anak, WVI juga memberi perhatian pada pendidikan, perlindungan anak, kesehatan dan peningkatan ekonomi keluarga.

Seberkas Asa untuk Korban Erupsi Gunung Ili Lewotolok

Korban erupsi Gunung Ili Lewotolok sangat membutuhkan bantuan dari dermawan. WVI menjembatani penyaluran bantuan dari dermawan kepada korban erupsi Gunung Ili Lewotolok yang membutuhkan. Berapapun besarnya bantuan dari para dermawan tentu akan sangat berarti bagi korban bencana alam yang ada di pengungsian. Yuk kita bantu mereka melalui Wahana Visi Indonesia. Karena mereka adalah saudara dalam kemanusiaan.

 

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.