UMMA Aplikasi Pengetahuan Sahabat Komunitas Umat Muslim

UMMA Aplikasi Pengetahuan Sahabat Komunitas Umat Muslim. Era digital saat ini bauran informasi jenis apapun mudah dan cepat didapatkan. Berkembangnya aplikasi sebagai bentuk ringkas dari perangkat lunak diciptakan untuk memuat ribuan informasi dalam satu waktu.

Informasi yang disajikan melalui aplikasi beragam jenisnya. Mulai dari pendidikan, keluarga, kesehatan, toko online sampai ragam pengetahuan dan komunitas. UMMA adalah aplikasi yang memuat informasi pengetahuan mengenai Agama Islam. Aplikasi ini dapat diunduh melalui play store pada android dan app store pada ios.

UMMA Aplikasi Pengetahuan
UMMA Aplikasi | umma.id

Pengetahuan Agama Islam

Berkembangnya rasa ingin tahu masyarakat mengenai pengetahuan Agama Islam membuat diluncurkannya UMMA aplikasi pengetahuan cerdas komunitas Muslim. Saluran yang terdapat pada aplikasi UMMA sebagai berikut; Tanya Jawab, Video Tilawah Quran, Komunitas, Kemanusiaan, Berita, Inspirasi Harian, Ruang Anak, Diari Muslimah, Kafe Hijrah, Pojok Mualaf, Keuangan Syariah, Gaya Hidup Muslim, Umrah dan Haji, Islam Keseharian, Studi Islam, Olahraga dan Kutipan Al-Quran.

Untuk Saluran Tanya Jawab, beragam pertanyaan dapat ditanyakan sahabat muslim dengan memilih menu sebagai berikut;

1.Kotak Masuk. Menu ini untuk melihat kumpulan pertanyaan yang masuk. Pengguna aplikasi dapat ikut menjawab pertanyaan jika mengetahui jawabannya.

2. Tambah Pertanyaan. Ini adalah menu pertanyaan baru yang ingin ditanyakan dengan cara menuliskan deskripsi pertanyaan secara lengkap.

3. Top 20 Q & A Harian. Pada menu ini memuat ragam 20 pertanyaan pilihan yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari berikut jawabannya.

Top 20 Q & A Harian

Khusus untuk Top 20 Q & A , sahabat muslim bisa membaca 20 pertanyaan menarik berikut jawaban dikolom komentar. Sebagai contoh terdapat pertanyaan ” Bagaimana Menghadapi Seseorang yang Selalu Membicarakan Aib Temannya?”

Pada kolom komentar, terdapat 842 jawaban yang dapat sahabat muslim baca. Jika tertarik dengan jawaban yang dikemukakan salah satu komentator dan ingin menjadi follower maka dapat menambahkan dalam daftar pertemanan atau klik tombol “ikut”.

Jawaban dari Pertanyaan

Dari sekian jawaban di kolom komentar ada satu jawaban menarik perihal pertanyaan mengenai aib. Tulisannya sebagai berikut, “Doakan kebaikan kepada teman kamu. Semoga Allah mengampuninya dan mengubah sifatnya agar tidak suka ghibah. Juga minta sama Allah agar kamu diberi kesabaran yang luas menghadapi teman seperti itu.”

Masih banyak ragam jawaban dikolom komentar yang menanggapi pertanyaan tentang “Aib” tersebut. Salah satu komentar menarik lainnya memberikan jawaban, ” Diingatkan dengan cara yang baik, namun jika tidak bisa diingatkan sebaiknya membatasi diri bergaul di circle tersebut. Mendengarkan gosip-gosip negatif memberikan energi negatif.”

Ragam jawaban yang terdapat dikolom komentar dapat ditanggapi balik oleh pengguna aplikasi UMMA. Jika ingin berkomentar balik, pengguna dapat klik tombol “Jawab pertanyaan” yang ada di pojok kanan bawah aplikasi UMMA. Sehingga menghasilkan diskusi interaktif yang menarik.

UMMA Aplikasi Pengetahuan
Tanya Jawab UMMA

UMMA Aplikasi Pengetahuan Agama Islam

Menggunakan aplikasi UMMA, membuat sahabat muslim senantiasa menimba pengetahuan tentang Agama Islam tanpa henti. Aplikasi UMMA sangat bermanfaat, terlebih dimasa pandemi Covid-19. Saat ini kajian berupa ceramah agama yang dibawakan ustadz atau ustadzah secara tatap muka banyak ditunda sementara waktu. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kerumunan orang berkaitan dengan protokol kesehatan.

Keberadaan aplikasi UMMA sebagai salah satu sumber pengetahuan sangat membantu sahabat muslim untuk bertanya jawab mengenai pengetahuan Agama Islam. Peribahasa mengatakan, “Tuntutlah ilmu sampai ke liang lahat”. Jadi tetap semangat untuk selalu belajar memperbaharui ilmu pengetahuan. Selamat mengkaji pengetahuan Agama Islam.

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.