Tips Mencegah Ngantuk Saat Puasa pada Siang Hari

Ngantuk saat puasa sering dialami sebagian orang. Jika ini mengganggu aktivitas, berikut Tips Mencegah Ngantuk saat puasa pada siang hari. Sebenarnya tidak ada yang salah dengan datangnya kantuk. Namun terkadang kantuk datang ketika kita dituntut untuk terus konsentrasi mengerjakan suatu pekerjaan. Jika bisa rehat sejenak dengan cara tidur itu lebih baik. Namun jika tidak tentu harus dicarikan jalan keluarnya.

Mengatasi Ngantuk Saat Puasa
Melakukan peregangan untuk mengatasi ngantuk

Rutinitas Selama Menjalankan Puasa Ramadan

Sebagai blogger yang bekerja dari rumah saat puasa Ramadan seperti sekarang ini menjadi tantangan tersendiri. Selain harus menyelesaikan tenggat waktu job dari klien, saya pun harus membagi waktu mengerjakan pekerjaan rumah.

Bulan puasa ini menjadi waktu yang menurut saya sangat pendek. Dimulai dari bangun tidur dini hari, menyiapkan makan sahur, kemudian lanjut mengerjakan pekerjaan rumah. Setelah selesai mulai duduk manis menghadap laptop mengerjakan berbagai job dari klien.

Hal ini berjalan sampai menjelang waktu ashar dimana saya harus segera menghentikan kegiatan di depan laptop untuk beralih menyediakan hidangan berbuka. Setelah berbuka dan melakukan ibadah sholat maghrib plus taraweh biasanya masih saya lanjutkan mengerjakan pekerjaan job dari klien yang tertunda.

Namun kegiatan ini harus saya sudahi sekitar pukul 22.00 malam. Walaupun kadangkala bisa lewat sampai jam 23.00 malam. Akibatnya saya mempunyai waktu tidur malam yang sangat pendek. Karena sekitar pukul 03.00 dini hari sudah harus bangun menyiapkan makan sahur. Begitu rutinitas saya setiap hari selama bulan Ramadan.

Ngantuk Mengganggu Aktivitas

Ngantuk adalah kondisi alami ketika tubuh seseorang kekurangan oksigen. Itu artinya tubuh butuh penyegaran. Solusinya bisa dengan rehat sejenak seperti tidur atau meregangkan badan sejenak. Namun menurut pengalaman saya ada beberapa tips yang pernah saya coba supaya kita tidak cepat ngantuk ketika siang hari saat sedang berpuasa.

Tips Mencegah Ngantuk Saat Puasa pada Siang Hari

Kendalikan jenis dan porsi makanan saat sahur
Ketika sahur, saya berusaha mengkonsumsi makanan yang berkuah bening seperti sayur bening, sop, soto bening dan sejenisnya. Intinya makanan berkuah bening itu membuat tubuh tidak cepat haus karena dapat menyimpan air lebih lama.

Sehingga ketika siang hari tiba tubuh tidak mengeluarkan cairan berlebih dan kita tidak merasa cepat haus. Rasa haus adalah salah satu penyebab timbulnya rasa ngantuk. Karena rasa haus berarti tubuh mengalami dehidrasi akibatnya serapan oksigen berkurang sehingga ngantuk datang menyerang.

Tidur malam jangan kurang dari 7 jam
Ini juga pe-er buat saya. Sebelum puasa Ramadan, biasanya saya tidur diatas jam 00.00. Kegiatan yang saya lakukan apalagi kalau bukan untuk menyelesaikan artikel job. Namun saat ini waktu tidur harus lebih awal mengingat akan bangun dini hari menyiapkan sahur.

Menurut penelitian ahli kesehatan, waktu tidur malam yang baik sebenarnya 8 jam. Namun sehubungan dengan digunakannya waktu untuk bangun lebih dini maka durasi tidur pun terpangkas sekitar 1 jam. Saya pribadi merasakan waktu tidur malam 7 jam masih memenuhi standar untuk menjaga stamina. Sehingga rasa ngantuk dapat dihindari ketika sedang berkegiatan pada siang hari.

Tidak membuka gadget sebelum tidur malam
Tidur malam saat menjalankan ibadah puasa harus berkualitas. Artinya harus nyenyak dan pulas supaya tubuh dapat beristirahat. Sehingga regenerasi sel terjaga baik. Untuk itu penting supaya dapat mengendalikan keinginan ber-gadget ria, terutama saat sebelum tidur malam.

Rutinitas membuka gadget sebelum tidur malam menyebabkan otak tak dapat relax. Belum lagi otak dan saraf terkena  paparan radiasi sinar biru yang terdapat pada gadget. Akhirnya kantuk tidak datang dan sulit memejamkan mata.

Ujung-ujungnya tidur menjadi terganggu, tidak nyenyak dan baru bisa lelap setelah dini hari. Ketika baru beberapa jam saja harus bangun karena akan sahur, kondisi badan menjadi tidak bugar. Hal  ini akan berdampak rasa ngantuk pada siang hari cepat menyerang.

Lakukan Gerakan Penyegaran

Melakukan kegiatan dengan posisi yang sama terus menerus tentu mengakibatkan rasa penat dan lelah. Karena kondisi sedang berpuasa maka tindakan yang dapat dilakukan tentu melakukan peralihan kegiatan sejenak.

Melakukan peregangan ketika kantuk menyerang
Mengatasi kantuk yang datang saat siang hari dapat tidur sejenak. Namun jika situasi dan kondisi tidak memungkinkan maka ada cara lain harus dilakukan supaya dapat mengusir rasa kantuk. Kondisi tubuh yang kaku dan letih adalah salah satu penyebabnya. Solusinya dengan melakukan peregangan otot pada bagian anggota tubuh.

Mengalihkan pandangan sejenak
Berjam-jam menatap layar laptop maupun gadget ketika mengerjakan pekerjaan terkadang membuat mata cepat lelah. Akibatnya konsentrasi terganggu sehingga kantuk datang menyerang. Solusinya alihkan pandangan sejenak dari layar laptop.

Misalnya melihat hijaunya tanaman atau pepohonan. Warna hijau menurut para ahli dapat membuat relax pikiran dan memulihkan kesegaran otak kembali. Sehingga rasa kantuk dapat dihalau.

Membuka pintu dan jendela
Terkadang berkutat mengerjakan pekerjaan di depan laptop pada ruangan tertutup akan membuat kepenatan. Belum lagi jika sirkulasi udara hanya menggunakan pendingin udara. Akibatnya kantuk dapat datang tanpa permisi.

Solusinya matikan pendingin udara, buka pintu dan jendela. Tujuannya supaya ada sirkulasi udara segar dari luar ruangan ke dalam tempat kita bekerja. Adanya pertukaran udara segar baik untuk kondisi pernafasan paru-paru. Sehingga rasa kantuk dapat dihalau dan tubuh bugar kembali.

Mendengarkan musik
Rasa ngantuk yang datang dapat terjadi karena suasana yang monoton, sepi dan hening. Mendengarkan musik dengan ritme bersemangat dapat membuat suasana menjadi ceria dan senang. Sehingga rasa gembira karena alunan musik dapat menghalau rasa kantuk.

Demikian Tips Mencegah Ngantuk Saat Puasa pada Siang Hari. Bagaimana dengan teman semua? Adakah tips lain supaya kita tidak ngantuk saat sedang menjalankan puasa di siang hari? Boleh share ya di kolom komentar. Terima Kasih.

Salam

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.