Mudah dan Cepat Tingkatkan Pendapatan, Ini Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Anda!

Ada banyak cara untuk mempromosikan produk Anda, salah satunya email marketing. Hanya dengan budget minim, email marketing justru dianggap 40% lebih efektif dibanding menggunakan media sosial.

Hampir semua orang memiliki akun email. Oleh karenanya, memasarkan bisnis Anda melalui email lebih mudah dan cepat untuk diketahui banyak orang.

Untuk memahaminya lebih jauh, berikut paparan pengertian dan manfaat email marketing.

Manfaat email marketing | pixabay.com

Apa itu email marketing?

Email marketing merupakan cara memasarkan produk melalui email atau surat elektronik. Umumnya, pelaku bisnis online menggunakan cara ini.

Selain mengirimkan penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan (subsciber) melalui email newsletter. Cara ini memungkinkan pelaku bisnis terus terhubung dengan pelanggan maupun calon pembeli dalam jangka panjang.

Ada beberapa tipe email marketing, antara lain:

1. Direct email, pelaku bisnis akan mengirim pesan berisi promosi produk langsung ke list email calon pembeli atau pelanggan.

2. Retention email, cara yang digunakan pelaku bisnis agar tetap terhubung dengan pelanggan lama mereka. Tidak harus berisi penawaran produk, retention email juga bisa berisi tips atau informasi penting lainnya.

3. Beriklan di email orang lain, cara ini sangat efektif, terutama bagi pelaku bisnis yang belum memiliki email list atau subscriber. Pelaku bisnis dapat memanfaatkan email list dari publisher lain.

Dari penjelasan tersebut, tentu Anda sudah bisa melihat pentingnya email marketing untuk perkembangan sebuah bisnis.

Manfaat Email Marketing

Email merupakan cara terbaik bagi pelaku bisnis untuk menjangkau calon pelanggan. Ada beberapa manfaat email marketing bagi bisnis Anda:

1. Biaya rendah

Dibanding cara pemasaran lainnya, email marketing memiliki biaya yang lebih rendah. Pelaku bisnis tidak perlu mengeluarkan budget untuk biaya cetak atau imbalan atas penayangan produk, seperti di saluran televisi atau media sosial.

Email marketing mungkin lebih mempertimbangkan investasi ke perangkat lunak khusus untuk mengotomatiskan, melacak, dan mengevaluasi email.

Namun, mungkin akan ada biaya tambahan untuk mengirim ribuan email sekaligus. Tapi biaya ini masih jauh lebih rendah.

2. Mendorong keuntungan bisnis

Pemasaran melalui email sangat bagus untuk memanfaatkan pembelian kompulsif. Dengan penawaran yang dibuat menarik dan tautan langsung ke pembayaran, email marketing mendorong penjualan yang tidak seperti media lain.

Cara ini juga memungkinkan pelaku bisnis menerapkan psikologi pemasaran untuk membantu meningkatkan penjualan produknya.

3. Mudah dibuat

Email marketing tidak selalu membutuhkan tim besar atau ahli teknis untuk menjadi sukses. Beberapa promosi dapat dilakukan dengan email teks sederhana namun menarik, menunjukkan konten email-lah yang paling penting.

4. Dapat dievaluasi

Cara ini memungkinkan pelaku bisnis mengetahui letak kesalahannya. Sebagian besar perangkat lunak pemasaran email memungkinkan mereka melacak rasio klik dan konversi, sehingga pelaku bisnis tahu bagaimana cara meningkatkannya.

Peningkatan ini juga dapat dilakukan segera, tidak membutuhkan banyak usaha untuk mengubah konten promosi.

5. Hubungan dengan pelanggan lebih kuat

Pelanggan tentu akan menghargai konten email yang bagus. Jadi, tidak hanya berupa penawaran produk, pelaku bisnis dapat mengirim email berisi informasi atau tips yang berguna bagi mereka. Cara ini memungkinkan pelanggan mengetahui perkembangan bisnis tersebut.

6. Meningkatkan trafik website

Email adalah cara yang bagus dan cepat untuk membuat calon pelanggan mengunjungi website bisnis Anda. Hal ini tentu meningkatkan peluang mereka mengetahui penawaran produk yang tidak tertera dalam email.

Sertakan tombol berbagi ke akun media sosial di email yang dikirimkan untuk mendorong pelanggan mempromosikan konten bisnis Anda di saluran media sosial mereka.

Nah, dari banyaknya manfaat email marketing ini, tentu Anda paham bukan pentingnya email marketing bagi sebuah bisnis. Apa pun skala bisnis Anda!

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.