Layanan COD Toko Online Bikin Pelanggan Loyal Belanja

Beragam toko online berlomba memberikan layanan untuk kepuasan pelanggan. Salah satunya layanan COD toko online yang bikin pelanggan loyal. Cash on delivery (COD) adalah salah satu layanan metode pembayaran di toko online di mana pelanggan baru membayar produk ketika diantar dan sampai di tempat pelanggan.

Layanan COD Toko Online
Promo ongkos kirim kemana saja #Serba6Ribu | j-express.id

Kriteria Pelanggan Loyal

Di tengah kepungan ragam toko online, seller dapat menciptakan kelompok pelanggan loyal. Adapun kriteria dari pelanggan loyal sebagai berikut:

Memberikan Rekomendasi
Pelanggan loyal umumnya memberikan promosi dengan mereferensikan kepada orang-orang di sekitarnya ketika ia merasa puas dengan layanan dari online seller. Umumnya referensi berbentuk testimoni dari pengalaman pribadi. Sehingga dapat dijadikan petunjuk informasi yang menghasilkan keputusan pembelian bagi pelanggan baru.

Melakukan Pembelian Ulang pada Produk yang Sama
Jika pelanggan puas akan layanan toko online-mu, serta terdapat kesesuaian antara ekspektasi dan kenyataan, biasanya mereka akan menaruh kepercayaan. Akhirnya pelanggan melakukan pembelian produk kesekian kali di toko online yang sama.

Meningkatkan Kuantitas Pembelian Produk
Jika pelanggan sudah terkesan dengan layanan online seller, biasanya pembelian produk akan meningkat. Kuantitas pembelian produk meningkat seiring makin tingginya kepercayaan pelanggan.

Tidak Mudah Berpaling ke Tempat Lain
Pada akhirnya jika rasa kepercayaan sudah tinggi, pelanggan akan mempunyai rasa ketergantungan pada online seller dalam hal layanan, kualitas produk, dan harga. Apapun keunggulan yang ditawarkan pesaing tidak membuat pelanggan mudah untuk berpaling.

Keuntungan Mempunyai Pelanggan loyal

Bagi online seller, mempunyai pelanggan loyal menghasilkan banyak keuntungan. Terutama dalam penghematan biaya. Penjelasannya sebagai berikut:

Mengurangi Biaya Pemasaran Baru
Biaya pemasaran untuk menggaet pelanggan baru lebih mahal dibandingkan mempertahankan pelanggan lama. Untuk itu jika online seller sudah mempunyai pelanggan loyal, maka harus terus dijaga hubungan baik dengan melakukan pendekatan humanis. Misalnya rajin menyapa pelanggan loyal melalui sosial media toko online.

Meningkatkan Penjualan Silang
Jika online seller mempunyai pelanggan loyal, maka kesempatan untuk memperoleh pembelian silang terbuka lebar. Artinya pelanggan loyal tidak tertutup kemungkinan akan membeli produk jenis varian lain yang terdapat pada toko online tersebut.

Mengurangi Biaya Kegagalan
Menggaet pelanggan baru berarti mengeluarkan biaya pemasaran. Namun, jika usaha tersebut kurang atau tidak berhasil maka terjadi kehilangan biaya pemasaran. Artinya terdapat biaya kegagalan mendapatkan pelanggan baru. Hal ini tentunya dapat dihindari jika online seller mampu mempertahankan pelanggan lama.

Layanan COD Toko Online Bikin Pelanggan Loyal

Pemilik toko online tentu harus memilih mitra pengiriman atau ekspedisi yang terpercaya. Utamanya pihak ekspedisi harus bertanggung jawab mengantarkan barang sampai dengan selamat ke tangan pelanggan. Jika sudah disepakati pembayaran melakukan sistem COD, maka pihak ekspedisi mampu menjadi penghubung yang amanah antara pelanggan dan pemilik toko online.

Layanan COD saat ini menjadi tren kekinian yang disukai pelanggan. Hal ini disebabkan pelanggan dapat memastikan kesesuaian produk yang dibeli dengan yang diiklankan. Seperti kita ketahui pembelian produk secara online terkadang menampilkan visualisasi yang berlebih ketika tampak di layar gadget ataupun laptop.

Sebagai pelengkap, terkadang deskripsi produk juga disertakan di samping gambar. Namun untuk sebagian orang, lebih yakin dan percaya jika produk yang dipesan sudah sampai di depan mata. Setelah dirasakan sesuai dengan harapan maka pembayaran dilakukan saat itu juga. Perilaku pelanggan yang seperti ini menjadi peluang online seller untuk menerapkan sistem COD.

COD
Layanan COD dan CSOD

Memilih J-Express sebagai Mitra Pengiriman

J-Express adalah perusahaan logistik atau jasa pengantaran barang yang sudah ada sejak tahun 2015. Sejak tahun 2017, J-Express fokus melayani pengiriman berbagai e-commerce besar di Indonesia. Mulai tahun 2020, ekspedisi ini berinovasi memperluas pangsa pasar dengan layanan COD.

Layanan yang ditawarkan berupa pengantaran paket reguler, COD atau bayar tunai di tempat, dan CSOD (card swipe on delivery) atau pembayaran di tempat menggunakan mesin EDC. Dukungan sistem layanan kurir pun tersedia dengan adanya proses tracking hantaran paket yang dapat dilacak melalui JX Tracking Apps dan Courier Tracking Apps.

Jangkauan dan Operasional J-Express

Jangkauan operasional J-Express sudah merambah kota-kota besar di Indonesia. Didukung oleh 3.000 staf dan 500 truk dan vans, tingkat pengiriman barang dalam kota mencapai 86% sedangkan luar kota sebesar 87%. Tidak hanya itu, J-Express.id menawarkan layanan khusus seperti pengiriman barang antar perusahaan atau B2B, last mile, cargo dan cost border last mile.

Jaringan Distribution Centre J-Express untuk saat ini terdapat di Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Pontianak dan Balikpapan.

SERBU Ramadan Berkah

Menyambut bulan Ramadan, J-Express mengadakan program #SERBURamadanBerkah. Artinya jika pemilik toko online memilih J-Express sebagai mitra pengantaran barang, maka dapat mengikuti kampanye promo kirim barang seharga #Serba6Ribu edisi periode Ramadan 2021 dari #JXIndonesia.

Diskon ongkirnya sampai 80%, lho! Untuk dapat menikmati promo ongkir ini, teman-teman seller bisa langsung daftarkan online shop-nya di j-express.id/business-register. Daftarnya praktis dan gratis! Adapun daerah jangkauan operasional J-Express yang masuk dalam promo #SERBU meliputi; Origin Jawa, Origin Sumatera Utara, Origin Kalimantan Barat, Origin Kalimantan Timur, Origin Makassar, Origin Padang, Origin Pekanbaru,Origin Palembang.

Selain itu terdapat Siraman (Sharing Ilmu di Bulan Ramadan) Webinar berupa rangkaian webinar online bersama J-Express dan narasumber yang berbagi pengalaman seputar dunia digital marketing. Tujuan diadakan webinar ini supaya #TemanOlshop semakin memahami pengetahuan seputar bisnis online.

Keuntungan Online Seller bergabung di #SERBU Ramadan Berkah

Promo #SERBU Ramadan Berkah didukung penuh mulai dari adanya bebas biaya pick-up tanpa minimum jumlah paket dan tanpa dikenakan biaya tambahan lainnya lagi, COD, dan CSOD dengan pencairan dana sampai 3X seminggu. Fee COD-nya kompetitif, proses pencairannya lancar, dan mudah. Jualan selama puasa jadi berkah, untungnya alhamdulillah. Informasi lengkap #SerbuRamadanBerkah ini dapat kamu lihat di website j-express.id dan Instagram @jx.indonesia. Follow juga ya, karena JX sering membagikan tips bisnis online yang bermanfaat buat kamu.

Online seller dapat mengikuti tantangan kebaikan bulan Ramadan berupa photo competition di Instagram berhadiah saldo GoPay senilai Rp 200.000., untuk masing-masing 20 orang pemenang. Online seller dapat mengikuti webinar sharing ilmu di bulan Ramadan dengan mendaftar di bit.ly/JXSiramanWebinar.

Demikian review Layanan COD Toko Online Bikin Pelanggan Loyal Belanja. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.