IDN App Sajikan Artikel Berkualitas Via Data dan Fakta

IDN App Sajikan Artikel Berkualitas Via Data dan Fakta. IDN App merupakan Aplikasi Baca Berita dari IDN Times Community. Awal mula berdiri berbasis komunitas penulis dengan platform blog. Seiring berkembangnya waktu tumbuh menjadi perusahaan media memanfaatkan piranti teknologi digital dan media konten untuk kalangan milenial.

Didirikan tahun 2014 di Surabaya saat ini IDN Times menjadi media online dengan pangsa pembaca menembus 50 juta setiap bulannya. IDN Times menjadi komunitas jutaan penulis sebagai kontributor artikel via data dan fakta. Saat ini tersedia IDN App sebagai bentuk ringkas membaca artikel berita dalam bentuk aplikasi.

IDN App
IDN Applikasi | idntimes.com

Saluran Berita IDN App

Sebelum berselancar sebaiknya pembaca mengunduh IDN App melalui Google Play Store/ Apps Store. Tampilan aplikasi IDN dengan logo merah dan latar belakang putih, membuat nyaman mata untuk melihat tampilan visual. Sehingga pembaca betah berselancar membaca artikel yang ditampilkan.

Setelah menginstall aplikasi dan membuat akun, pembaca akan diminta memilih 3 topik favorit dari 42 topik yang tersaji. Saya memilih topik favorit berupa; News Indonesia, Life Women dan Travel Destination. Tujuan memilih topik favorit untuk meramaikan linimasa tampilan berita.

Terdapat 8 saluran berita sebagai fitur menu untuk memudahkan pembaca berselancar. Kedelapan menu tersebut sebagai berikut;

 1. Semua. Bagian ini merangkum semua saluran berita khususnya untuk info “Breaking News“. Kontributor terverifikasi menulis berita langsung dari sumber terpercaya dilapangan. Selanjutnya langsung mengirimkan saat itu juga ke editorial team IDN App untuk moderasi dan naik tayang.

2. Tanya Jawab. Saluran ini menampung “Featured Question” atau pertanyaan unggulan dari pembaca berkaitan dengan hal yang sedang trend . Seperti saat ini trend “Bu Tejo” mewarnai linimasa percakapan media sosial. Berbagai pertanyaan unik seperti ” Ada yang punya tetangga kaya bu Tejo ngga?”

Informatif dan Menghibur

Saluran ini sebagai sarana tanya jawab informasi dari tingkat serius sampai tingkat jenaka. Berselancar di saluran tanya jawab mampu menghilangkan kepenatan dan rileks sejenak. Bahkan saya sampai tersenyum sendiri membaca pertanyaan dan jawaban yang lucu-lucu. Lumayan menghibur lho.

3. Rekomendasi. Saluran ini menyajikan berita pilihan dari meja redaksi untuk topik yang sudah pembaca pilih. Selain itu ada berita terbaru hari ini dari semua topik di IDN App supaya pembaca semakin update informasi terbaru.

4. Untukmu. Pada saluran berita “Untukmu”, IDN App menyajikan berita spesial buat kamu. Berita disajikan dari topik favorit pilihan masing-masing pembaca. Saya memilih topik pilihan News Indonesia, Life Women dan Travel. Maka sajian berita “Untukmu” ada pada; “Women, Destination, Indonesia”. Bagi pencinta traveling ada quiz destination yang menguji pengetahuan traveler mengenai tempat wisata impian.

5. Terbaru. Berita terbaru dari semua topik di IDN App disajikan pada saluran terbaru. Tujuannya supaya pembaca mendapat informasi terkini. Untuk berita terbaru menyesuaikan dengan topik pilihan pembaca. Pada akhirnya IDN App Sajikan Artikel Berkualitas dan terbaru.

Topik Pilihan Pembaca

6. Topik. Ketertarikan pembaca terhadap jenis berita tertentu dikelompokkan dalam beberapa topik.  Terdapat 3 pilihan topik utama yaitu; topik pilihan pembaca, topik spesial dan topik lainnya. Total topik yang disediakan IDN App sebanyak 43 topik.

Pada topik pilihan, pembaca  memilih 3 topik yang disenangi. Untuk topik spesial berkaitan dengan event atau pertunjukan akbar yang akan berlangsung dalam waktu dekat. Contohnya Indonesia Millenial Summit. Pelaksanaan acara secara offline sudah terselenggara pada bulan Januari sampai dengan Februari 2020.

IDN App Sajian Artikel Berkualitas
IDN App Aplikasi Baca Artikel

7. Populer. Semua topik menyajikan berita populer supaya pembaca selalu mendapatkan informasi terbaru. Topik yang sering masuk dalam pembahasan berita populer seperti; entertainment, arena, discovery, Indonesia, relationship dan destination.

Contoh topik populer yang menarik perhatian saya dengan judul artikel; “Misteri Pulau Bidadari, Keganjilan Benteng Martello Terekam.” Artikel ini menjelaskan secara detail bagian – bagian Pulau Bidadari yang populer dengan cerita mistisnya.

8. Unik. Saluran berita unik menyajikan peristiwa baik dari dalam maupun luar negeri. Unik karena peristiwa tersebut jarang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Misalkan berita yang menjadi viral terkait parodi menyontek di kelas Online via Zoom. Peristiwa pada berita unik membuat pembaca terhibur dan tersenyum simpul.

Artikel Berkualitas

Menyajikan artikel yang memuat berita dan informasi membutuhkan data lengkap sesuai fakta. Artikel berkualitas sebaiknya menyebutkan keterangan terkait referensi, narasumber, waktu dan tempat kejadian. Mengkonfirmasi silang dengan berbagai sumber adalah langkah bijak selanjutnya. Sehingga hasil akhir pemberitaan dari sebuah artikel memuat kebenaran.

Sebuah artikel mempunyai kualitas jika mengandung kebenaran dan menginspirasi pembaca untuk berbuat kebaikan. Artikel harus mengusung keterbaharuan informasi yang merujuk pada data dan fakta. Gaya penulisan artikel berkualitas tidak selalu harus baku dan formal. Menulis artikel dapat menyesuaikan dengan karakteristik pembaca.

Kelebihan IDN App

Tidak Ada Judul Mengecoh

Judul mengecoh atau clik bait sering digunakan media online untuk menarik perhatian pembaca. Terkadang judul artikel di media online tidak sesuai dengan isi. Hal ini sering membuat pembaca kesal dan kapok berkunjung kedua kali. Mensiasati hal tersebut IDN App tidak mengijinkan adanya judul click bait. Cara yang dilakukan, untuk setiap artikel masuk mendapat moderasi ketat dari tim editor.

Tidak ada Iklan Sembulan

Bagaimana rasanya ketika sedang asyik membaca artikel tiba-tiba ada iklan sembulan. Hal ini tentu mengganggu fokus pembaca. Kabar baiknya di IDN App tidak ada iklan sembulan atau  pop up. Selanjutnya pembaca tidak akan terganggu dan dapat fokus membaca artikel dengan nyaman.

Tersedia Mode Malam

IDN App berusaha memberikan kenyamanan pada pembaca di malam hari. Maka dari itu fitur baca malam atau night mode ditanamkan pada IDN App. Menggunakan mode malam membuat mata tidak cepat lelah sehingga proses membaca artikel menjadi lebih fokus dan nyaman.

IDN App Sajian Artikel Berkualitas
Tampilan IDN App | idntimes.com

IDN App sebagai media online memenuhi syarat sebagai penyedia artikel bacaan berkualitas. Tulisannya ringan, gaya bahasa kekinian namun tetap mematuhi kaidah penulisan yang berlaku. Selanjutnya penulis selalu mencantumkan sumber berita yang mempunyai kredibilitas.

Demikian review dari IDN App, semoga dapat terus menyajikan bacaan artikel dengan informasi sahih dan dapat dipertangungjawabkan kebenarannya. Selamat membaca bacaan artikel berkualitas dari IDN App.

Salam

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.