Perusahaan Logistik Garda Depan Bisnis E-Commerce

Perusahaan Logistik Garda Depan Bisnis E-Commerce. Pertumbuhan bisnis E-Commerce berkembang seiring meningkatnya transaksi jual beli online dalam sepuluh tahun terakhir. Hal ini didukung dengan perkembangan teknologi digital sebagai alat bantu yang mempermudah transaksi online.

Pertumbuhan pasar Indonesia yang besar membuat perdagangan online semakin menemukan pangsa pasar tersendiri. Pelaku usaha baik skala mikro (ukm maupun umkm) dan skala makro (antar perusahaan) memanfaatkan situasi ini dengan berlomba memberikan produk dan layanan terbaik.

Perusahaan Logistik
Kargo kontainer | pixabay.com

Bisnis E-Commerce Tumbuh Pesat

Bisnis E-Commerce adalah bisnis yang dikembangkan dengan sistem perdagangan nasional berbasis elektronik. Bisnis ini dapat diikuti pelaku usaha pemula, percepatan logistik dan diversifikasi usaha. Pertumbuhan bisnis E-Commerce di Indonesia dipengaruhi perubahan gaya hidup konsumen dan tersedianya akses jaringan data untuk pelaku usaha.

Manfaat Menggunakan E-Commerce untuk Bisnis

1. Efisiensi biaya operasional. Kegiatan transaksi pada perusahaan yang menerapkan E-Commerce dilakukan pada sistem digital elektronik yang terintegrasi. Hal ini berdampak pada minimnya pengerjaan transaksi secara manual sehingga dapat menekan biaya operasional.

2. Mempersingkat waktu produksi. Proses pemesanan bahan baku dilakukan secara komputerisasi dan digital. Kekurangan bahan baku dapat diminimalisir sehingga proses produksi lebih cepat dan tidak terganggu.

3. Mendapatkan loyalitas konsumen. Bisnis yang menggunakan E-Commerce mempunyai keterbaruan informasi. Ini terjadi karena transaksi E-Commerce secara otomatis dapat memperbaharui informasi dan dapat diakses setiap waktu.

4. Meningkatkan pangsa pasar. Antara yang membutuhkan dan yang mempunyai barang atau jasa dapat terhubung dan bertransaksi tanpa dibatasi jarak dan waktu. Artinya transaksi E-Commerce secara tidak langsung mendekatkan antara pembeli dan penjual.

Karakter jenis E-Commerce

1. Business to Customer. Bisnis ini bersifat umum, layanan yang digunakan umum dan sesuai permintaan konsumen, pendekatan yang dilakukan adalah client server. 

2. Business to Business. Bisnis ini bersifat khusus karena dilakukan hanya pada perusahaan dagang yang sudah menjalin hubungan bisnis secara berkesinambungan dalam jangka waktu lama. Pertukaran informasi dapat dilakukan berulang dengan format yang telah disepakati.

Konsep Business to Business (B2B)

Khusus untuk pelaku usaha skala makro atau perusahaan mempunyai salah satu model bisnis yaitu business to business (B2B). Konsep ini berorientasi pada penjualan produk atau layanan dari satu perusahaan ke perusahaan lain bukan kepada konsumen individual.

Pada prinsipnya konsep B2B menghubungkan satu perusahaan dengan perusahaan lain dengan saling menyediakan produk dan layanan yang dibutuhkan. Untuk jasa ada layanan konsultasi bisnis, layanan pengembangan sistem dan layanan pemasaran. Sedangkan untuk produk ada bahan baku dan suku cadang.

Peran Perusahaan Logistik

Salah satu alat bantu untuk melancarkan jalannya konsep B2B adalah jasa layanan antar atau kurir kargo yang dilakukan perusahaan logistik. Tugas dari perusahaan logistik mengantarkan pesanan dari satu perusahaan penyedia barang ke perusahaan yang membutuhkan. Layanan perusahaan logistik dibutuhkan supaya perusahaan tetap fokus untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dapat bersaing dipasaran.

SERA dengan Business Unit SELOG

PT. Serasi Autoraya ( SERA ) yang dikenal sebagai layanan transportasi terbesar mempunyai business unit bernama SELOG yang khusus menyediakan layanan logistik. Baik SERA maupun SELOG berada dibawah naungan PT.Astra International Tbk. SELOG sebagai perusahaan  logistik senantiasa memberikan layanan kurir terbaik khususnya bagi pelaku usaha dengan konsep B2B. Berbagai jenis layanan SELOG dilakukan secara profesional sesuai kebutuhan pengguna.

Jenis Layanan SELOG

1. Layanan Contract Logistic. Layanan ini fokus mengurus contract logistic untuk ekspor impor kendaraan roda empat dan alat berat berikut komponen-komponennya. Manfaat menggunakan jasa ini, pelaku usaha dapat fokus pada kualitas dan daya saing inti produk atau jasa sebagai bisnis intinya.

2. Layanan Shiping Services. Ini adalah layanan jasa kargo menggunakan transportasi laut berkualitas. Produk yang diutamakan adalah pengiriman kargo untuk industri otomotif, alat berat dan muatan lainnya. Jangkauan layanan kargo transportasi laut ini meliputi semua wilayah dalam negeri.

3. Layanan Shipping Agency. Layanan ini fokus pada pengiriman yang bekerjasama dengan Jardine Shipping Service sebagai agen pengiriman terbesar di Asia.

4. Layanan Freight Forwarding. Ini adalah layanan pengiriman alat berat dan kargo menggunakan berbagai pilihan moda transportasi. Area hantaran meliputi dalam negeri. Terdapat jaminan keamanan, ketepatan waktu dan kesesuaian dengan spesifikasi.

5. Layanan Warehouse and Yard Management. Ini adalah layanan sistem management penyimpanan barang atau Warehouse Management System. Manfaat menggunakan layanan ini pelaku usaha tidak perlu membangun  gudang penyimpanan sendiri. Sistem ini terintegrasi dalam hal penerimaan, penjemputan, pemgiriman, penahanan barang, barang rusak serta pesanan telah selesai. Pelaku usaha juga dapat melihat jumlah dan kondisi persediaan barang secara real time.

6. Layanan Courier Services. Layanan ini akan mengirimkan paket menggunakan kendaraan yang ssesuai kebutuhan. Jangka waktu layanan meliputi standar dan solusi. Untuk waktu standar meliputi same day service, next day service dan reguler service. Sedangkan untuk waktu solusi adalah layanan khusus jika paket barang yang dikirimkan mempunyai berat yang terlalu besar atau masuk dalam kriteria valuable, perishable, dangerous goods.

Demikian review mengenai Perusahaan Logistik Garda Depan Bisnis E-Commerce. Semoga dengan semakin pesatnya pertumbuhan bisnis E-Commerce, layanan dari perusahaan logistik semakin dapat mengakomodir kebutuhan pengguna.

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.