Indonesia Fundraising Award Inspirasi Aksi Kemanusiaan

Indonesia Fundraising Award Inspirasi Aksi Kemanusiaan. Kegiatan kemanusiaan tumbuh pesat seiring perkembangan teknologi digital. Latar belakang masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku budaya dan bahasa melahirkan nilai-nilai luhur kemanusiaan. Hal tersebut tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

Dihadapkan pada situasi pandemi saat ini, gerakan kemanusiaan yang diprakarsai oleh individu, kelompok, perusahaan serta lembaga organisasi semakin banyak menunjukkan jati diri. Kepedulian terhadap sesama diwujudkan dalam bentuk aksi penggalangan dana untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Aksi penggalangan dana memanfaatkan aplikasi berbasis digital yang dapat mempermudah donatur ketika ingin menyalurkan bantuan. Ikhtisar keuangan serta penyaluran dana dapat dilihat laporannya pada aplikasi digital yang tersedia.

Indonesia Fundraising Award
Indonesia Fundraising Award | fundraisingindonesia.org

Institut Fundraising Indonesia (IFI)

IFI adalah lembaga trainining konsultan dan publishing yang berdiri sejak tahun 2013 . Didirikan oleh Arlina F. Saliman dan M. Arifin Purwakananta, lembaga ini sudah berpengalaman di bidang fundraising. IFI memberikan pendampingan dan pelatihan pada lembaga kemanusiaan agar menjadi organisasi berbasis retail fundraising.

Pendampingan dan Pelatihan dari IFI

1. Strategi komunikasi lembaga. Di era digital, penting bagi lembaga kemanusiaan yang bergerak di bidang fundraising untuk memaksimalkan strategi komunikasi. Tujuannya supaya tercapai target donasi yang terukur sehingga kepercayaan donatur dan masyarakat pada organisasi meningkat.

2. Sumber daya manusia yang mumpuni. Gerakan kemanusiaan yang dikendalikan suatu lembaga memerlukan sumber daya manusia mumpuni. Artinya mampu dan mengerti nilai-nilai organisasi untuk diimplementasikan. Memahami makna dari nilai organisasi diharapkan sumber daya manusia akan bekerja secara totalitas sehingga tujuan organisasi tercapai.

3. Mempertahankan donatur. Mendapatkan sesuatu lebih mudah daripada mempertahankan. Hal ini berlaku pada lembaga kemanusiaan di bidang fundraising. Organisasi ingin donatur tetap loyal dan setia mendukung setiap kegiatan fundraising. Karena itu, IFI memberikan pendampingan bagaimana cara mempertahankan donatur dengan menciptakan keunikan layanan.

Tujuan Indonesia Fundraising Award 2020

Indonesia Fundraising Award adalah ajang penghargaan digital yang diberikan Institut Fundraising Indonesia (IFI)  kepada lembaga gerakan kemanusiaan. Penghargaan yang diberikan bertujuan memberikan semangat sekaligus menjadi inspirasi bagi lembaga atau organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan lainnya.

Acara Live IFA 2020 | fundraisingindonesia.org

Tahun 2020 walaupun situasi dan kondisi sedang dilanda Covid-19, IFI tetap memberikan penghargaan kepada lembaga sosial kemanusiaan dalam jaringan. Acara ini disiarkan langsung melalui media digital zoom. Ada 16 kategori nominasi diberikan pada lembaga kemanusiaan yang kiprahnya sudah mendapat kepercayaan di mata masyarakat. Penilaian dilakukan oleh dewan juri yaitu; Direktur Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) Ahmad Juwani, Direktur Institut Fundraising Indonesia (IFI) Arlina F. Saliman dan Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ ) Agus Budiyanto.

Kategori Pemenang Lembaga Sosial Kemanusiaan yang Mendapat IFA 2020

1.Fundraising Zakat Terbaik diberikan penghargaan kepada Dompet Dhuafa. Pengabdian panjang selama 27 tahun membagikan zakat kepada 19 juta penerima manfaat membuat Dompet Dhuafa layak menerima IFA 2020.

2. Fundraising Infaq Terbaik sebagai bentuk apresiasi diberikan pada Baitul Maal Hidayatullah. Lembaga ini bergerak dalam penghimpunan dana zakat, infaq, sedekah, wakaf dan hibah serta pengelolaan dana CSR. Penyaluran dana sudah dirasakan pada ribuan keluarga dhuafa sehingga dapat berdaya secara mandiri.

3. Fundraising Kemanusiaan Terbaik diberikan pada Aksi Cepat Tanggap (ACT). Ini adalah organisasi nirlaba yang bergerak dibidang kemanusiaan serta memfokuskan penanggulangan bencana alam mulai fase darurat sampai fase pemulihan pasca bencana alam. Kiprah gerakan kemanusiaan ACT tidak hanya di dalam negeri melainkan sampai ke luar negeri.

4. Fundraising Qurban Terbaik diberikan pada LAZIS NU. Lembaga Amil Zakat Nasional yang mengelola zakat, infaq, sadaqah dan waqaf di bawah naungan organisasi Nadlatul Ulama. LAZIS NU sesuai dengan visi nya bertekad menjadi lembaga pengelola dana masyarakat untuk disalurkan secara amanah demi kemandirian umat.

5. Fundraising CSR Terbaik diberikan pada Human Initiative. Corporate Social Responsibility (CSR) diberikan perusahaan sebagai kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan dengan meminimisasi dampak negatif dan memaksimisasi dampak positif terhadap pemangku kepentingan.

Fundraising Digital Terbaik

6. Fundraising Digital Terbaik diberikan pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas). Sebagai badan resmi dan satu-satunya yang dibentuk pemerintah berdasarkan keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001, mempunyai tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq dan sedekah pada skala nasional. Baznas menjadi terdepan melakukan sosialisasi fundraising menggunakan pengembangan perangkat digital.

7. Platform Fundraising Digital Terbaik. Apresiasi IFA 2020 diberikan pada kitabisa.com berkaitan dengan aksinya ketika menggabungkan pergerakan sosial dalam pengumpulan dana dengan kekuatan teknologi digital. Hal ini menghasilkan sinergi yang efektif dan praktis untuk mencapai terkumpulnya dana sesuai tujuan.

8. Fundraising Program Kesehatan Terbaik diberikan pada Palang Merah Indonesia (PMI). Kiprahnya dibidang kemanusiaan menjadi penting karena berkaitan dengan kelangsungan hidup seseorang. PMI fokus pada bidang sosial kemanusiaan.

Fundraising Pendidikan Terbaik

9. Fundraising Program Pendidikan Terbaik diberikan pada Yatim Mandiri dengan program sekolah unggulan terbaik untuk mendidik anak – anak yatim hingga mempunyai keahlian untuk mandiri. Kiprahnya dibidang pendidikan menghantarkan Yatim Mandiri menerima IFA 2020.

10. Fundraising Program Anti Korupsi Terbaik diberikan pada Indonesia Corruption Watch (ICW) yaitu sebuah organisasi non pemerintah yang mempunyai misi mengawasi dan melaporkan pada publik mengenai tindakan korupsi yang terjadi di berbagai lembaga dan instansi.

11. Fundraising Bantuan Hukum Terbaik. Apresiasi diberikan pada Lembaga Bantuan Hukum Jakarta (LBH Jakarta). Kiprahnya dalam memberikan bantuan hukum pada orang – orang tak mampu menghantarkan LBH Jakarta mendapat IFA 2020.

12. Fundraising Wakaf Produktif Terbaik diberikan pada Sinergi Foundation. Sebuah lembaga independen milik publik yang berkiprah dibidang pengembangan kreativitas dan inovasi sosial-pemberdayaan berbasis wakaf produktif dan ZIS (Zakat-Infaq-Sedeqah). Tujuan dari Sinergi Foundation membentuk masyarakat mandiri, produktif dan berkarakter.

13. Fundraising Komunitas Terbaik diberikan pada Gerak Bareng. Ini adalah organisasi sosial kemanusiaan berbasis komunitas  dengan cara melakukan himpunan dana zakat, infaq dan sedekah dari masyarakat. Dana yang terkumpul disalurkan dalam bentuk program sosial seperti pendidikan, kesehatan, pelayanan dhuafa dan pemberdayaan ekonomi masyarakat di seluruh Indonesia.

Fundraising Penggalangan Dana Terbaik

14. Fundraising Penggalangan Dana Langsung Terbaik, apresiasi diberikan pada Lembaga Manajemen Infaq ( LMI ). Lembaga ini mengelola infaq yang terhimpun untuk disalurkan pada masyarakat yang berhak. LMI tercatat sebagai Laz Nasional dengan pendistribusian dan pendayagunaan infaq terbaik.

15. Program Fundraising oleh Perguruan Tinggi Terbaik diberikan pada  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Mengusung program Social Trusted Fund yang fokus pada penguatan sektor pendidikan, penguatan pesantren, pendidikan  kewirausahaan dan penelitian.

16. Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising di Indonesia. IFA 2020 memberikan penghargaan pada tokoh kharismatik yang menaruh kepedulian dalam bidang sosial kemanusiaan yaitu Alm. Gus Sholah atau K.H. Salahudin Wahid. Kepedulian beliau terhadap fundraising berdasarkan pengalaman selama aktif di pesantren. Hal ini memberikan pemahaman pentingnya fundraising untuk kemandirian suatu organisasi.

Indonesia Fundraising Award
Pemenang IFA | fundraisingindonesia.org

Demikian rangkaian acara Indonesia Fundraising Award  (IFA 2020) yang diselenggarakan pada tanggal 9 Juli 2020. Selamat untuk pemenang yang mendapat penghargaan, tetap semangat berkarya dan senantiasa menjadi inspirasi bagi gerakan kemanusiaan lainnya.

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.