Alat Kasir Digital Lancarkan Transaksi Bisnis Kekinian

Alat Kasir Digital Lancarkan Transaksi Bisnis Kekinian. Memasuki adaptasi kebiasaan baru bermunculan pelaku bisnis menawarkan produk kekinian. Produk yang ditawarkan sebagian besar meliputi pangan, sandang serta barang elektronik. Beberapa daerah sudah memperbolehkan masyarakat berkegiatan mengunjungi tempat – tempat niaga dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tempat niaga seperti mall. pasar tradisional, supermarket dan toko elektronik mulai dikunjungi pembeli. Himbauan untuk menjaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan dan melakukan pembayaran non tunai ketika bertransaksi kerap disosialisasikan. Pembayaran non tunai ketika melakukan transaksi bisnis mendapat sambutan baik dari masyarakat. Saat ini pembayaran non tunai menjadi anjuran untuk menghindari perpindahan virus COVID-19 yang ada pada uang kertas dan logam.

Alat kasir
Aplikasi GoBiz | gobiz.co.id

Mesin Kasir

Ini adalah perangkat elektronik untuk mencatat dan menghitung transaksi penjualan pada kegiatan niaga. Alat ini ada yang dilengkapi dengan cash drawer sebagai laci untuk menyimpan uang. Mesin kasir elektronik dapat mencetak  struk nota melalui printer. Seiring perkembangan digital mesin kasir yang terkomputerisasi dilengkapi barcode scanner.

Saat ini mesin kasir dapat berfungsi sebagai pelacak jenis barang yang sedang dicari pelanggan pada hari tersebut. Sehingga pemilik usaha dapat memperkirakan barang apa saja yang harus diperbanyak persediaannya.

Manfaat Alat Kasir

Saat ini perkembangan alat kasir merambah ke mesin POS (Point of Sale). Manfaat alat kasir dengan sistem POS, dapat mencatat transaksi jual beli harian sekaligus mencatat stok barang dengan sistem terintegrasi. Berikut manfaat alat kasir sistem POS.

1. Dapat mencatat transaksi secara detil dan lengkap. Pelaku usaha memerlukan rincian transaksi secara detil dan lengkap setiap periode penjualan.

2. Dapat melihat ikhtisar transaksi secara detil dan lengkap dimanapun berada. Hal ini sebagai bagian dari pengendaian internal.

3. Dapat mengubah harga jual secara cepat. Situasi dan kondisi harga persediaan bahan baku terkadang diluar kendali pemilik usaha. Adanya kenaikan persediaan bahan baku mengakibatkan harga jual akhir ke tangan konsumen akan berubah naik.

4. Dapat mengetahui persediaan secara rinci. Pelaku usaha membutuhkan informasi persediaan untuk mengisi persediaan pengaman atau safety stock. Jangan sampai persediaan belum dipesan ketika ada permintaan.

Alat kasir POS membantu pelaku usaha lebih fokus mengurus peningkatan kualitas produk. Pelaku usaha tidak perlu lagi melakukan pencatatan transaksi secara manual yang menghabiskan banyak waktu.

Perangkat Multifungsi dari GoBiz

GoBiz adalah super applikasi untuk membantu merchant mengelola restorant yang terdaftar dalam Go Food sebagai fitur menu dari GOJEK.  Kemudahan applikasi GoBiz dapat mencatat pesanan, menyediakan berbagai tipe pembayaran hingga mendatangkan pelanggan.

Khusus untuk pembayaran non tunai di tempat, aplikasi GoBiz dilengkapi dengan perangkat multifungsi. Perangkat ini setara bentuknya dengan mesin kasir EDC yang dapat menerima semua jenis tipe pembayaran. Mulai dari berbagai kartu kredit dan kartu debit tanpa harus mendaftarkan ke bank terlebih dahulu. Kelebihan perangkat multifungsi ini dapat mencetak struk instant karena sudah dilengkapi built-in printer sehingga tidak perlu membeli mesin tambahan untuk mencetak struk transaksi.

alat kasir
Perangkat Multi Fungsi GoBiz | gobiz.co.id

Bagi pelaku usaha yang ingin mendapatkan perangkat GoBiz cukup mendaftar biaya pendaftaran awal sebesar Rp.490.000. Harga yang terjangkau untuk kemudahan melakukan pembukuan secara praktis dan efektif.

Mendukung Pembayaran Non Tunai

Saat ini model pembayaran non tunai diminati konsumen dan pelaku usaha. Selain trend perilaku masyarakat yang semakin terbiasa dengan layanan serba digital, kepraktisan pengelolaan keuangan menjadi alasan tersendiri.

Manfaat pembayaran non tunai dirasakan oleh konsumen dan pelaku usaha. Bagi konsumen menggunakan transaksi non tunai dapat memberikan rasa nyaman dan aman karena tidak perlu membawa uang berlebih. Bagi pelaku usaha terhindar dari tindakan kecurangan pada kasus penerimaan uang palsu.

Menggunakan perangkat multifungsi dari GoBiz, berarti ikut mendukung pembayaran non tunai. Bagi pelaku usaha dapat meminimalisir kesalahan pencatatan manual terhadap transaksi harian dipembukuan keuangan dan persediaan. Hal ini tentu menghemat waktu dan menjadikan pelaku usaha dapat fokus mengembangkan kualitas produk usahanya.

Jadi dengan memiliki perangkat multifungsi GoBiz, pelaku usaha sudah mendapatkan tiga keuntungan dalam satu alat yaitu mempunyai mesin kasir, printer resi dan electronic data capture (EDC). Pelanggan semakin banyak dan usaha semakin lancar. Selamat menggunakan GoBiz.

 

 

 

 

 

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.