Ada Rasa Kemanusiaan dalam Satu Cup Kopi Jujur

Ada Rasa Kemanusiaan dalam Satu Cup Kopi Jujur. Manusia belajar kehidupan dari rasa kopi. Dimana ada penderitaan disitulah ada rasa kemanusiaan. Rasa kopi yang pahit mewakili penderitaan. Rasa gula yang manis mewakili kemanusiaan. Rasa kemanusiaan adalah cerminan sifat NYA yang tulus tanpa pamrih dan berharap apapun. Seperti Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen 

Ada Rasa Kemanusiaan dalam Satu Cup Kopi Jujur
Gerakan Kopi Jujur | kopijujur.id

Dunia sedang diliputi awan kelabu. Terjangan wabah pandemi corona meluluhlantakan semua sendi kehidupan tanpa terkecuali. Menembus batas negara, lintas bangsa, suku, agama dan strata sosial ekonomi. Tidak ada yang bisa memprediksi secara pasti kapan pandemi ini berakhir. Hanya ikhtiar dalam bentuk usaha dan doa yang tiada terputus dari manusia memohon pertolongan pada NYA.

Sejarah Kopi

Awal mula kopi berasal dari daerah Afrika kemudian dibawa pedagang Arab ke Yaman dan menjadi komoditas komersial. Saat itu pedagang Arab mengendalikan perdagangan kopi sampai ke daratan Eropa. Di Eropa sendiri tanaman kopi kurang cocok tumbuh berkaitan dengan iklim yang ada. Orang Eropa mencoba mengembangkan tanaman kopi sendiri melalui wilayah jajahannya.

Sejarah Kopi | Pixabay.com

Pada akhirnya orang Eropa sukses menggeser bangsa Arab dalam hal menjadi penjual komoditi kopi. Di Indonesia, kopi dikenalkan oleh Bangsa Belanda dan menjadikan pulau Jawa sebagai pusat produksi kopi dunia. Kopi yang dikembangkan di perkebunan-perkebunan Jawa tumbuh dengan kualitas sangat baik. Pada masa itu produksi kopi dari pulau Jawa menjadi primadona di pasar kopi dunia. Sehingga ada istilah ” Secangkir Jawa” atau “Cup of Java”.

Jenis Kopi

Dari sekian banyak jenis kopi ada empat jenis kopi yang umum dan paling enak serta terkenal di dunia.

Bijih Kopi | Pixabay.com

1.Kopi Robusta. Biji kopi robusta berbentuk bulat dan lebih besar dibandingkan biji kopi lainnya. Kopi jenis ini tumbuh baik diketinggian 400-700 m di atas permukaan laut dengan suhu 21-24 derajat celcius. Kopi robusta tahan terhadap penyakit hama yang disebut karat daun. Waktu tumbuh kopi ini 10-11 bulan. Tingkat keasaman lebih rendah dan kandungan kafeinnya lebih tinggi sehingga rasa yang dihasilkan lebih pahit.

2.Kopi Arabika. Bentuk biji kopi arabika lebih kecil . Tumbuh di ketinggian 700-1700 di atas permukaan laut dengan suhu 16 – 20 derajat celcius. Dibutuhkan waktu tumbuh 9 bulan hingga kopi siap dipetik. Kopi arabika rentan terhadap serangan hama atau penyakit karat daun. Namun rasa yang dihasilkan dari kopi arabika lebih harum dan tekstur lebih lembut. Tingkat keasaman kopi ini tinggi namun kandungan kafein lebih rendah.

3. Kopi Ekselsa. Kopi ini mudah dibudidayakan terutama pada lahan gambut. Waktu tumbuh kopi ekselsa  4 -5 tahun sampai siap panen. Berasal dari Afrika Barat, kopi ini tahan terhadap serangan hama daun karat. Kopi ini lebih murah dari segi harga dibandingkan kopi arabika dan robusta. Rasa kopi ini cenderung asam dan lebih pahit sehingga menghasilkan aroma yang kuat.

4. Kopi Liberica. Kopi ini berasal dari tanaman kopi liar liberica Afrika. Dibawa ke Indonesia untuk menggantikan kopi arabica yang mudah terkena hama daun karat. Dapat tumbuh 9 meter diatas tanah dengan ukuran biji kopi lebih besar dibandingkan jenis arabika dan robusta. Kopi liberica berbuah sepanjang tahun didataran rendah. Rasa kopi liberica menyengat tajam dan sangat pahit.

Manfaat Minuman Kopi Bagi Kesehatan

Minuman kopi mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Mitos minum kopi menjadi tidak mengantuk benar adanya. Kopi mempunyai tingkat kafein yang berbeda pada setiap jenisnya dan bermanfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat kopi bagi kesehatan;

1.Mengurang Multiple Schlerosis. Ini adalah gangguan saraf pada otak dan tulang belakang. Menurut penelitian kandungan kafein efektif untuk melindungi otak dan sumsum tulang belakang.

2.Mencegah Tulang Keropos. Meminum kopi dua kali sehari diperkirakan dapat mencegah pengeroposan tulang bagi perempuan. Dipercaya kandungan kafeinnya mempunyai efek protektif untuk mencegah pengeroposan tulang.

3. Menurunkan Resiko Kanker Usus. Antioksidan yang dilepaskan kopi saat roasting dipercaya melindungi usus dan membuat lebih kuat terhadap serangan kanker.

4.Menurunkan Resiko Kanker Prostat. Senyawa antiradang dalam kopi bernama cafestol dan kahweol disebut dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Pengertian Essen Pada Kopi

Essen adalah zat cita rasa yang ditambahkan pada makanan atau minuman dengan tujuan untuk memperkaya rasa. Contoh untuk memproduksi satu ton kopi berperisa dibutuhkan hanya satu kilo kopi murni. Jika dirasakan maka aroma kopi tetap ada namun kandungan kopi sudah tidak asli 100% lagi.

Selain mendapatkan rasa kopi yang tidak asli lagi, mengkonsumsi minuman kopi mengandung essen akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan dikemudian hari. Mulai dari penyakit jantung, darah tinggi, diabetes dan kanker.

Kopi Blockchain

Dunia digital sudah mulai merambah pada perdagangan bijih kopi asli. Kopi Blockchain adalah tempat dalam dunia digital yang berisi basis data antara pemilik bijih kopi asli dalam hal ini petani, jumlah produk kopi yang dimiliki petani dan jumlah pengguna akhir kopi yaitu konsumen ( coffe shop dan pembeli minuman kopi ). Dengan adanya sistem digital tersedia data bijih kopi asli secara transparan dan dapat dilihat oleh semua pihak.

Konsumen sebagai penikmat terakhir minuman produk kopi dapat mengetahui asal muasal kopi yang mereka minum. Mulai dari jenis – jenis kopi dan  berasal dari daerah mana saja kopi tersebut berasal. Informasi ini dapat diakses dengan QR code pada kedai kopi yang menggunakan sistem blockchain. Hasil dari solusi digital pada sistem blokchain, sebagian akan dikembalikan lagi ke petani sebagai modal untuk merawat tanaman kopi sekaligus meningkatkan kualitas panen kopinya kelak.

Kopi Jujur Asli Tanpa Campuran Essen

Saat ini semua sedang berpacu dengan waktu. Bagi yang sehat sepenuh jiwa dan raga menjaga diri supaya tidak tertular virus corona. Bagi yang sudah terkena virus corona berusaha semaksimal mungkin supaya lekas pulih dengan menjalani perawatan di rumah sakit. Bagi ribuan ilmuwan, tenaga medis dan pemimpin dunia berusaha semaksimal mungkin mengerahkan pikiran dan tenaga untuk mencari penangkal virus dan membuat kebijakan untuk menghindari bertambahnya korban jiwa.

Aksi Pemberian Kopi Jujur pada Tenaga Kesehatan | kopijujur.id

Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen adalah gerakan untuk menumbuhkan rasa kemanusiaan mengajak masyarakat dari berbagai kalangan (komunitas kopi, seluruh barista Indonesia, influencer, selebgram, youtuber, blogger, tiktokers dan pengusaha) untuk melakukan aksi solidaritas dalam memerangi pandemi wabah corona di Jakarta. Caranya dengan menyebarluaskan informasi dan memberikan donasi pada aksi “Satu Juta Cup Kopi Jujur Gratis ” untuk diberikan pada tenaga kesehatan yang bertugas di 8 rumah sakit rujukan khusus menangani pasien COVID-19 di Jakarta.

Ada Rasa Kemanusiaan dalam Satu Cup Kopi Jujur

Gerakan ini dimulai dari donatur Bencoolen Coffe yang memberikan 10 ribu cup kopi jujur berupa 100% Kopi Fine Robusta Asli, Kopi Filter, Kopi Jahe, Tenaga Barista dan Peralatan Kopi bagi tenaga medis di rumah sakit khusus yang menangani pasien COVID-19. Bantuan yang diberikan Kopi Jujur, Kopi Asli Tanpa Campuran Essen saat ini sudah meluas dengan memberikan kopi, masker dan roti kepada supir taksi, buruh lepas, dan pengemudi ojek online dibeberapa kawasan di Jakarta.

Bencoolen Coffe | kopijujur.id

Gerakan ini asli dan murni untuk meringankan beban kerja tenaga kesehatan sebagai garda paling depan merawat pasien yang terdeteksi positif COVID-19. Tanpa ada maksud apapun gerakan kopi jujur , kopi asli tanpa campuran essen masih membutuhkan bantuan donatur. Periode gerakan kopi jujur sendiri berawal dari tanggal 30 Maret sampai dengan 30 Mei 2020.

Kopi Jujur masih membuka kesempatan bagi donatur yang ingin memberikan donasi baik berupa uang tunai maupun non tunai selain kopi meliputi tenaga barista pejuang, peralatan kopi dan pendukungnya seperti gula sachet, hot paper cup, stirer, roti, masker dan kendaraan logistik serta sembako.

Untuk bantuan uang tunai dapat disalurkan melalui BenihBaik.com dan Kitabisa.com atau melalui rekening donasi Bank BCA  a/n. PT. Cybers global Indonesia dengan nomer rekening : 5045113245.

Rekening Donasi gerakan Kopi Jujur | kopijujur.id

Banyaknya pasien akibat pandemi corona telah menyita waktu pikiran dan tenaga para tenaga kesehatan untuk merawat dan menangani pasien dalam pemantauan dan positif terkena COVID-19. Dibutuhkan stamina yang prima untuk tetap dapat terjaga. Selain support makanan dan vitamin, penyegar stamina seperti minuman kopi asli tanpa campuran essen, minuman kopi asli dengan tambahan jahe dan roti menjadi bantuan yang dapat meringankan beban kerja tenaga kesehatan.

Ada Rasa Kemanusiaan dalam Satu Cup Kopi Jujur. Yuk sama-sama kita bahu membahu membantu mereka dengan berdonasi dalam gerakan ” Aksi 1 Juta Cup Kopi Jujur Gratis” Kopi Jujur Lawan Corona.

 

 

Sumber Referensi :

  • Sejarah kopi,  https://jurnalbumi.com/knol/sejarah-kopi/
  • Jenis-Jenis Kopi, https://kopitem.com/tentang-kopi/jenis-jenis-kopi
  • Kopijujur.id, http://www.kopijujur.id/

 

Please follow and like us:

ditulis oleh

Bayu Fitri Hutami

Seorang pembelajar yang bukan siapa-siapa melainkan seorang yang senang bercerita. Seorang yang suka menulis berdasarkan apa yang dilihat, didengar dibaca dan dialami untuk menjadi sebuah tulisan informatif. Semoga tulisan yang saya sajikan bermanfaat. Terima Kasih.